Sebutna Loro Wae Watake Tembang Pangkur – Pemberitahuan Penting Pemeliharaan Server Terjadwal (GMT) untuk Minggu, 26 Juni, pukul 02.00 hingga 08.00. Situs tidak akan aktif selama waktu yang ditentukan!

PENDAHULUAN Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang selalu membimbing dan mengajar kami dengan cara yang benar, dengan dibuatnya rangkaian ceramah bahasa jawa, semoga dapat membantu para guru dan siswa untuk belajar dan mengembangkan bahasa jawa. . Isi buku ini sesuai dengan kurikulum bahasa Jawa setempat untuk tingkat SD/SMP provinsi dan swasta. Materi dalam bab ini telah dirangkum sesuai dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini. Tujuan Berbicara Bahasa Jawa adalah agar siswa memiliki keterampilan menggunakan bahasa Jawa dengan baik dan benar, oleh karena itu buku ini dilengkapi dengan latihan, gambar, penilaian dan pada akhir semester akan diadakan latihan tes pengetahuan. Buku ini masih memiliki banyak kritik, sehingga siapapun yang bisa mengkritik kebaikan dan keutuhan buku ini selalu salah. Semoga buku ini bermanfaat bagi perkembangan pembelajaran bahasa Jawa di SD/SMP dan kehidupan berbahasa Jawa. Terima kasih. Editor I

Sebutna Loro Wae Watake Tembang Pangkur

PENDAHULUAN ISI ……………………………………….. ………………. ………………………… . .. DAFTAR ISI …………. ………………………… .. …………….. ……………….. ……….. II KERAJAAN KESEHATAN ………….. . . ………….. ………………………….. … .. …….. … III Studi V Pendidikan ……………………… … .. …… ………………………………………. … ……. 1 Pelajaran 1a ……………………………………….. … …………………….. .. ………………. … ………….. 2 Pelajaran 2 …………. ………………. … ………………………………………. ………… ……………… …………. 3 Pelajaran 3 …………. … ………………………………………. ….. …… ……… ……………………. 6 Pelajaran 4 ……. … .. . ………………………………………. ………. .. … . …………. …. 7 Pelajaran 5 ……….. …………. .. … ………………………………………………………… . …. …………… …… 9 Latihan harian. ………………………………………. .. ………………………………………. 11 Belajar VI Kisah seorang pahlawan ………………………………………. .. .. .. ……………. …………….. 12 Pelajaran 1 …. . ………………………………………. .. ………………………………………. .. 13 Pelajaran 2 ………………………………………. . …………. …………. ………………………. . .Pelajaran 15 ………. ……… ……………………… . …………………….. …. ….. ………….. . ….. 16 Pelajaran 4 ……….. ……. .. ……. ………….. . ……………………… ……….. ……… … . …………… 19 Latihan Sehari-hari ………….. …. ………. . ………………………………………. .. . ………. …….. 20 Kajian VII Kepahlawanan ……………………. .. . …………. …………………………….. .. .. 21 Pelajaran 1 …………. …….. .. ……………….. .. ……. ………………………………………. … ……. …………….. 22 Pelajaran 2 …… ………….. … …………. ………………………………………. … ……… ………………… …. 25 Pelajaran 3. …………… … …………………… …. ………. ………………………….. ……. 26 Pelajaran 4 ………… .. .. .. .. .. .. .. . …………………… ……….. ……… 29 Latihan harian .. . .. .. . . ………… ……………. . 30 Belajar VI Seni…………. …… …………………….. . …………. 31 Pelajaran 1 .. ……………….. ……. ….. ……………………………………………………… ……………… 32 Pelajaran 2 .. …………………….. . …………………… …………………….. .. … … ………………. 33 Pelajaran 3 . ………………. .. …… ………………. …. ………………………… …………….. .. 34 Latihan Sehari-hari ………………………… … …………… …………………………… ……………. . ….. ….. 35 KUNCI JAWABAN ……… …… ….. …………… .. …………. ………………………….. …………. …………… 36 ALKITAB ALKITAB …… ………. ……. …… … ………………………………………. ….. . …… 37 II

Buku Bhs. Jawa Sd 6

Kompetensi Inti 1 : Menerima, melaksanakan dan menghayati ajaran agama. Kompetensi Inti 2 Taat Kompetensi Inti 3: Mendemonstrasikan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, disiplin, peduli dan percaya diri, interaksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga serta cinta tanah air: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual hasil observasi, [menyimak , menonton, membaca], bertanya dan menguji berdasarkan minat sendiri, ciptaan Tuhan dan kegiatan-Nya, serta hal-hal lain yang terdapat di rumah, di sekolah , dan tempat bermain: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dengan bahasa yang jelas, teratur, logis, dan kritis tentang karya estetis, kegiatan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan budaya iman dan budi pekerti luhur anak berkompeten dasar 1.1 Menerima anugerah tuhan yang maha esa dalam bahasa jawa bentuk 1.2 syukur kita hanyalah anugerah tuhan dalam bentuk bahasa ja 2.1 menunjukkan tanggung jawab, tingkah laku yang santun, lewat jawaban dan saran sesuai masalah bahasa 3.1 pengertian lagu pangkur .1 mengidentifikasi ciri-ciri lagu pangkur 3.1.2 Menerjemahkan kata-kata sulit dalam lagu pangkur Kata-kata yang ditemukan dalam puisi 4.1.3 Puisi deskriptif

Baca Juga  Bentuk Iringan Pentatonis Bersumber Pada Alat-alat Musik

Pelajaran 1 Membaca Lagu Pangkur Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu: Mengidentifikasi ciri-ciri lagu Pangkur. Jelaskan kata-kata sulit yang terdapat dalam lagu Pangkur. Memperhatikan aturan lagu pangkur. Menunjukkan sifat lagu. Tembang Pangkur Tembang Pangkur merupakan tembang macapat, seperti tembang macapat lainnya, tembang pangkur juga memiliki aturan, misalnya sebagai berikut: 1. Setiap suku kata dibatasi satu baris 2. Setiap baris dibatasi jumlah gurunya (Jumlah kata / Pola tiap baris) Selain aturannya, lagu pangkur juga memiliki ciri khusus, misalnya: 1. Sifat lagu pangkur adalah: bahagia, hangat dan berani 2. Kesesuaian saran. 3. Golongan lagu pangkur adalah: pangkur, wuntat, kurung, yuda neka, wuri, kur dan lain-lain. Misalnya, Pangkur Sekar Pangkur lagu warna-warni, Lelabuhan orang yang hidup, buruk dan baik, Ada baiknya diketahui, Budaya kotaku di depan, Dan labelnya, Den keesti bayangan dan malam. 2

Ciri-Ciri Lagu Pangkur  Setiap lagu terdiri dari tujuh baris (gatra).  Guru lagu dan guru bilangan : 8a, 11i, 8i, 7a, 12u, 8a, 8i  Tokoh Pangkur yaitu : sereng, antepan ati, gahah. Jenis lagu pangkur yaitu: pangkur, wuntat, kurung, yuda neka, wuri, kur dan lain-lain. Pelajaran 2 Arti lirik lagu Pangkur. Tujuan Pembelajaran Setelah pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu: Menjelaskan arti kata-kata atau simbol-simbol sulit dalam lagu Pangkur. Bacalah lagu Pangkur berikut ini dengan seksama! Sekar Pangkur penuh warna, Lelabuhan adalah orang-orang yang hidup, yang buruk dan yang baik, Ada baiknya diketahui, Budaya kotaku adalah yang pertama, Dan labelnya, Den keesti siang dan malam. NO nama bahasa Ngoko Contoh lagu Sekar 1 winarna, …………. …….. 8 Den …….. 9 Kaesti …….. 10 Siang dan malam. …… 3

Baca Juga  Latar Belakang Dihapuskannya Sistem Tanam Adalah Karena

Arti dari lagu tersebut adalah lafal lama dari Pangkur.  sekar = lagu  winarna = menjelaskan  Buruk dan baik = Buruk dan baik pada lagu di bawah ini! Sekar Pangkur itu warna-warni, Lelabuhan itu orang yang hidup, Buruk dan baik, Ada baiknya diketahui, Adat kotaku yang pertama, Dan adabnya, Den keesti siang dan malam. Dibawah ini adalah lirik lagu pangkur dalam bahasa yang anda cari. Tidak ada kata dalam bahasa Ngoko Contoh lagu Sekar 1 winarna, …………. 2 Buruk dan baik …………. 7 I …….. 8 Den ………….. 9 Kaesti …….. 10 siang dan malam. …… 4

Bab 1 Tembang Kinanthi

Latihan membaca lagu Pangkur dengan seksama di bawah ini! Temukan lirik lagu Pangkur lainnya. Pangkur Lelana angulandara, Njajah Nuswa dikelilingi jaladri, Kadya sesotya dan jamrut, Anjrah naik toya, Den apit sodra og bawana gung, Sunaring prou bagaskara, Dari wasiat Hyang Widhi. NO Kata Ngoko Contoh lagu Sekar 1 Lelana …….. 2 Njajah …….. 3 Nuswa …….. 4 Jaladri …….. 5 Kadya …….. 6 Sesotya …….. 7 Toya ……. 8 Samudera …….. 9 Benua ………….

Pelajaran 3 Jelaskan isi lagu Pangkur. Tujuan pembelajaran. Setelah menyelesaikan pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu: Menceritakan kembali isi lagu Pangkur dengan bahasa Jawa Ngoko. Baca lagu Pangkur ini! Ceritakan kisah lagu Pangkur dalam bahasa Ngoko! Anak-anak sekolah Pangkur sejak kecil mengabdikan diri untuk belajar, pagi dan sore, mendengarkan petunjuk guru dan dapat memahami agama, agama Tuhan. Kegiatan Ceritakan lagu Pangkur berikut dengan bahasa Ngoko! Anak-anak sekolah Pangkur sejak kecil mengabdikan diri untuk belajar, pagi dan sore, mendengarkan petunjuk guru dan dapat memahami agama, agama Tuhan. 6

Lagu Pangkur ini berbunyi : ……………………………………………………………………………………………………………………………… ……… ………………………………. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………………………………………… …………………………… ……………………………….dan seterusnya. Latihan Selesaikan soal-soal berikut dengan jawaban yang benar! 1. Anak-anak pergi ke sekolah dan masih… 2. Anak-anak pergi ke sekolah untuk mendapatkan… hibah. 3. Mencari ilmu waktu… dan…. 4. Anak sekolah bisa cerdas jika mau mendengarkan perintah… 5. Anak juga bisa mengerti agama, mau agama…. Pelajaran 4 Review dan makna kata-kata dalam puisi Tujuan pembelajaran. Pada akhir pembelajaran, siswa diharapkan mampu: Mengartikan dengan benar kata-kata sulit dalam sebuah puisi. Bacalah puisi di bawah ini dengan cermat! Anak Penurut Oleh: Sutikno Murid harus patuh pada guru Berbaik hatilah pada teman Jangan cemburu Jangan cemburu Jangan jahat Jangan jahat Jangan masuk penjara Jangan jahat Anak harus berbakti kepada ibunya bapaknya disuruh ikut Belajar tidak bohong berharap 7

Baca Juga  Sikap Yang Menunjukkan Kebersamaan Dalam Keberagaman Adalah

Ikuti terus teman-teman Anda. Jangan kasar. kata-kata yang tersedia NO Kata Bahasa Jawa dengan Arti Bahasa Indonesia Contoh Patuh, Patuh… Ikuti, Hormati 1 Patuhi 6 Potong… Potong 7 Gergaji… Diketahui 8 mblayang… Main 9 Setuju… Rukun, Setuju 10 mring… 11 sulaya … konflik 12 terhormat … terhormat 13 utama . 14 kata…disarankan 15 anak laki-laki dan perempuan – Said – Lajang – Terhormat – Suka menyenangkan orang lain – Suka mencuri – Cemburu pada orang lain – Laki-laki – Berkelakuan baik – Dapat dipercaya berperilaku baik – Harus meminta untuk menang – Menghormati – Patuh – Perhatikan kepada orang lain – katakanlah – Gladhi berpendapat Isilah titik-titik di bawah ini dengan kata-kata yang tepat!

Ukbm Basa Jawa X Sma

Contoh tembang pangkur buatan sendiri, lagu tembang pangkur, tembang pangkur pendidikan, tembang pangkur, watake tembang gambuh, watake tembang macapat, guru gatra tembang pangkur, contoh tembang pangkur pendidikan, arti dari tembang pangkur, watake tembang, tegese tembang pangkur, tembang macapat pangkur tema pendidikan