Sebutkan Norma Apa Yang Dilanggar Oleh Zeni Dalam Kasus Diatas – PENDAHULUAN Puji syukur kehadirat Allah SWT atas nikmat-Nya. Penulis dapat melengkapi modul kursus bahasa Indonesia untuk mengajarkan materi kepada siswa. Modul ini mencakup materi yang berkaitan dengan konsep dasar linguistik, meliputi fungsi bahasa, ragam bahasa, ejaan, ungkapan, kalimat dan paragraf efektif. Dalam rangka pengembangan mata kuliah Bahasa Indonesia, modul ini menjadi bahan belajar mandiri bagi mahasiswa dan sebagai referensi tambahan mata kuliah Bahasa Indonesia. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya modul ini. Kami berharap modul ini dapat menambah dan meningkatkan pengetahuan siswa tentang konsep dasar linguistik. Penulis menyampaikan bahwa modul ini masih mempunyai banyak kekurangan, dan diperlukan kritik yang membangun dari penulis sendiri. Pekanbaru, Oktober
Lembar SERTIFIKASI ISI. ………………………………………… .. . . . . . . saya Kata Pengantar . . . . . ……………ii Daftar Isi. . . . . . ………………………………………… .. . …………………. 1 1 A. Uraian singkat …………………. . . . . . . …………… 1 B. Mengetahui hasilnya ……… ……………….. . . . . . …….. 2 C. Indikator ……………………………. …………………………………………. ………. . ……….. . . . . … . . . . . . . . . . . . . . . . 6 A. Tujuan pembelajaran. . . . 6 B.Kegiatan pembelajaran………………………………………… .. …… …. ………………………….. .. . . . . . . . . . Memahami bahasa…………………………………………………………………….. 17 hal. Peran bahasa…………………………………………. ….. .. ….. ……………… 17 21 2. Kesimpulan ………………………………………… ………… … …………………………………………… … … . . . . . . . . . . . . . . . 22 4. Pelatihan. . . . . ………….. 22 Topik 2 Jenis dan ciri-ciri bahasa. ………….. 22 A. Pengetahuan objektif …………………… 22 B Belajar – tindakan 28 1. Uraian materi……………………………. …………………… ……………… 30 30 a. Pengertian ragam bahasa…………………………………………………………… 32 hal. Macam-macam Bahasa dan Ciri-cirinya ……………………………. 34 2. Ringkasan. . . . . . . . . . . . ……. 34 4. Meditasi …………………………………. . ……….. . 34 Topik 3 Ejaan Bahasa Indonesia……. . 34 A. Tujuan pembelajaran. . . . …………………. 35 B. Kegiatan Belajar……. . ………………………………………… .. . . . . . . . . . . . . . . . . 59 sebuah. Pengertian dan Fungsi EBI ………………………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………… Penggunaan huruf …………………………………………. …. … …c. Penggunaan tanda baca………………………………………… ….. … …… . . . . . . . ..
Sebutkan Norma Apa Yang Dilanggar Oleh Zeni Dalam Kasus Diatas
3. Tes formatif…………………………………………………………. … 60 4. Pengalaman …………………………………. …….. ……… . . . …………… 62 Topik 4 Diksi (pilihan kata) . . . . . ………… 63 A. Pengetahuan objektif ………………………….. . ………………………………………… .. ………… ….. .. …. 63 B. Kegiatan Belajar ……………… …. ………. …… 63 1. Uraian bahan. … . . . . A. Konsep kosakata. 63 hal. Panduan pemilihan kata …………………………………….. ….. … . ……… . . . 67 2. Kesimpulan …………………………….. . ………………………………………… .. ……… .. . . . . . . . . . . . . . … . . . . . . . . 76. . . . . …………………………………………. 78 Judul 5 Kalimat Mengesankan… . . . . ………………………….. 79 SEBUAH. Pengetahuan obyektif……………………………. … . . . . 79 B. Kegiatan Belajar …………………… . …………………. … 79 1. Deskripsi materi ……………… . . . . . . . 79 sebuah. Pemahaman kalimat secara efektif …………………………………. … …. .. …… … …….. 79 hal. Deskripsi efek sensorik ………………………………………… … ……. …. …… c. Struktur kalimat yang mengesankan……………………………………… …. … ……. . . ………………………………………… .. . . . . . . . . . . . . . ……. 91 4. Pengalaman …………………………….. . 94 Topik 6 Paragraf dan Perkembangannya ……………… 95 A. Pengetahuan objektif. . . . . . . 95 B. Kegiatan pembelajaran …………………………………. .. …. . . . 96 1. Uraian materi …………………………………. …………………………………………….. .. …………… … 96 a. Pengertian paragraf…………………………………………………………… hal.96. Fungsi paragraf…………………………………………. … .. … .. 97c. Deskripsi paragraf…………………………………………. …. ……. …… 98 d. Unsur-unsur paragraf …………………………………………. …. … …… 99 e. Persyaratan Paragraf…………………………………………………………………….. 100 f. Jenis-jenis paragraf…………………………………………. …. .. …… 102 gram. Kemajuan paragraf ………………………………………….. ….. 109 2. Ringkasan …………………………………….. …. …… .. …………………………………. .. ……. …. . . . . . . . . . . . . . . 115 4. Pengalaman………………………………………… ….. …. . . . . . …………… . 118 Daftar Pustaka …………………………….. . . . . ……. 120 5
Putusan Sidang Putusan013 022ttgkuhprev
PENDAHULUAN A. Uraian Singkat Kurikulum Bahasa Indonesia mengkaji konsep-konsep dasar yang harus diajarkan dalam keterampilan lisan dan tulisan. Hal ini tentunya bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan berbahasa Indonesia yang efektif dan komunikatif, baik lisan maupun tulisan, yang relevan dengan pekerjaan akademis dan penelitian. Siswa fasih berbahasa lisan dan tulisan, mempelajari konsep dan hakikat bahasa (tempat dan fungsi bahasa), keragaman bahasa, tulisan bahasa Indonesia, ungkapan, kalimat dan paragraf efektif. Modul ini merupakan langkah awal pembelajaran sebelum membaca modul Bahasa Indonesia Kemenristekdikti untuk dituangkan dalam karya tulis dalam teks akademik, teks resensi, teks presentasi, teks laporan, dan teks ilmiah. . . B. Tujuan hasil belajar tidak lain hanyalah pembahasan materi dalam modul ini sebagai acuan untuk memahami konsep dan implikasi masing-masing teori dalam proses pembelajaran. Secara keseluruhan, modul ini dirancang untuk memfasilitasi pengetahuan siswa tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang efektif dan komunikatif, baik lisan maupun tulisan.
Itu milik karya akademis dan ilmiah. Secara khusus hasil belajar yang diharapkan melalui modul ini: 1. Siswa dapat memahami hakikat bahasa. 2. Peserta didik dapat menggunakan bahasa yang berbeda-beda tergantung konteksnya. 3. Siswa dapat menggunakan dan mengkaji tulisan menurut ortografi Indonesia (EBI). 4. Siswa dapat memilih kata-kata pada topik pembahasan sesuai bukti dan membuat kalimat yang mengesankan. 5. Siswa dapat menulis paragraf dengan menggunakan pola logika dalam menyusun paragraf. 6. Mahasiswa dapat membuat teks akademik untuk karya penelitian (program/resensi buku/proposal/laporan/artikel ilmiah). Tidak Langsung 7. Siswa dapat mempresentasikan hasil karya ilmiahnya. C. Indikator Tidak Langsung Setelah menyelesaikan pembelajaran ini, siswa hendaknya: 1. Memahami hakikat bahasa. 2° menggunakan bahasa yang berbeda sesuai dengan konteksnya. 3. Menggunakan dan menulis menurut Ortografi Indonesia (EBI). 4. Pilihlah kalimat yang berkaitan dengan topik pembahasan dan buatlah kalimat yang efektif. 7
5. menulis paragraf dengan menggunakan pola penalaran dalam pengorganisasian paragraf. 6. menyusun teks akademik/karya ilmiah (program/resensi buku/proposal/laporan/artikel ilmiah). 7. menjamin hasil penyusunan karya ilmiah. D. Materi Pembelajaran/Topik Utama Materi yang dikembangkan dalam modul ini merupakan bahan pokok penulisan dan penyajian karya ilmiah. 1. Hakikat bahasa a) Bahasa pengertian b) Tempat dan fungsi bahasa 2. Keanekaragaman bahasa. kata-kata. bahasa, a. B. Macam-macam bahasa dan ciri-cirinya 3. Ortografi Indonesia a. ejaan bahasa Indonesiab. Menggunakan huruf c. Penggunaan tanda baca 4. Diksi (pemilihan kata) a. Konsep diksi (pemilihan kata) b. Pedoman pemilihan kata 5. Kalimat yang mengesankan a. B. Sifat kalimat yang mengesankan 8
C. 6. Paragraf dan struktur pengembangannya yang efektif. Definisi paragraf b. Fungsi paragraf c. Ciri-ciri paragraf hal. Unsur ayat e. Ayat f syarat-syarat konstruksi. Jenis paragraf g. Pedoman Penyusunan Paragraf E Sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu pedoman teknis berikut ini agar Anda dapat menguasai materi dalam modul ini secara memadai: 1. Bacalah pendahuluan modul ini dengan cermat untuk memahami ruang lingkupnya. materi yang dibahas, tujuan yang ingin dicapai dan cara mempelajari metodologi modul ini. 2. Membaca materi pada setiap bagian sesuai tujuannya dan memahami isinya dengan baik. Anda akan menemukan kata kunci atau konsep yang menurut Anda penting atau kosa kata yang tidak Anda pahami. Fokuslah pada kata atau konsep tersebut dan pahami dengan baik dengan membacanya berulang kali atau Anda dapat mencari definisinya di kamus dan ensiklopedia. 3. Setiap kegiatan pembelajaran hendaknya dieksplorasi semaksimal mungkin. Bila perlu, bacalah berulang kali sampai Anda mendapatkannya. 9
Palembang Ekspres Kamis, 5 Oktober 2017 By Palembang Ekspres
4. Gali sumber lain yang relevan atau diskusikan dengan teman sekelas, pembaca, atau sumber lain untuk memperluas pemikiran dan memperdalam pemahaman. 5. Bacalah ringkasan yang diberikan untuk mempertimbangkan pentingnya setiap kegiatan pembelajaran. Namun Anda juga dianjurkan untuk membuat resume yang menurut Anda merupakan kegiatan pembelajaran nyata. 6. Pelaksanaan latihan atau tugas, serta menjawab tes formatif, disediakan untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat penguasaan. 7. Saat menjawab ujian formatif, jawablah tanpa melihat kunci jawabannya. Jika Anda merasa telah menjawab tes formatif dengan baik, bandingkan jawaban Anda dengan kunci jawaban yang tersedia. Jika hasil Anda sama dengan atau di atas 80% penguasaan, Anda dapat melanjutkan ke kegiatan pembelajaran berikutnya. Namun jika Anda masih menemukan jawabannya pada suatu pertanyaan tertentu, baca kembali dan pahami materi atau konsep terkait agar lebih baik. 8. Kemudian Anda berusaha memperdalam pemahaman Anda. Tugas latihan dipantau secara teratur selama pertemuan kelas. 10
TOPIK SIFAT BAHASA TOPIK 2 A. Tujuan Pembelajaran Tujuan pembahasan materi dalam modul ini tidak lain hanyalah untuk merujuk pada konsep dan implikasi keterampilan efektif dan komunikatif bahasa Indonesia lisan dan tulisan. untuk layanan akademik dan penelitian. Secara keseluruhan, modul ini dirancang untuk memfasilitasi siswa dalam mempelajari keterampilan berbahasa Indonesia yang efektif dan komunikatif, baik lisan maupun tulisan. Lebih spesifiknya, tujuan pembelajaran modul ini adalah agar mahasiswa yang mempelajarinya diharapkan menguasai materi inti secara utuh dan dapat mengharapkan: a. menjelaskan pengertian bahasa; B. menjelaskan peran bahasa. B. Kegiatan Pembelajaran 1. Deskripsi a. Pengertian Bahasa Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita akan menemukan bahwa istilah subbahasa adalah “suatu sistem lambang bunyi yang sewenang-wenang yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat”.
Kerjasama masyarakat, bertemu dan saling mengenal” (Language Center, 2014: 116). Namun kata-kata tersebut sangat berarti dalam bahasa atau pengertian Indonesia. Untuk melihat arti dari kata-kata tersebut dapat dilihat pada kalimat berikut: 1) Reyhan membaca bahasa Arab, dia membaca bahasa Indonesia. 2) “Jangan berteman dengan anak yang tidak tahu bahasa itu,” kata ibunya kepada Iwan. .3) Rakyat punya bahasa, bukan ternak. 4) Dalam hal ini polisi dan Satpol PP tidak satu bahasa 5) Kontroversi penggunaan bahasa militer tidak dapat diselesaikan 6) Pak Saleh selalu menggunakan kata “toh” ketika berbicara. berbicara. umumnya disebut bahasa;
Sebutkan kebijakan yang dilakukan oleh raffles pada bidang sosial, sebutkan 4 kitab yang diturunkan oleh allah, sebutkan 4 resolusi yang dimiliki oleh handy kamera digital, sebutkan 3 jasa yang dilakukan oleh akuntan publik, sebutkan barang yang diekspor oleh indonesia, sebutkan gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit leukimia, sebutkan bahasa coding yang harus dikuasai oleh desainer web, sebutkan gejala yang dialami oleh penderita maag, sebutkan 5 langkah mencuci tangan yang benar berdasarkan gambar diatas, sebutkan energi yang dihasilkan oleh sumber energi matahari dan angin, sebutkan dua manfaat dari adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup, sebutkan 4 kitab yang diturunkan oleh allah swt