News

Sebutkan Lima Negara

×

Sebutkan Lima Negara

Share this article

Sebutkan Lima Negara – Daftar Negara ASEAN – Negara-negara di dunia tersebar di 6 benua yaitu Asia, Afrika, Amerika Selatan, Amerika Utara, Eropa dan Australia. Benua Asia sendiri terbagi menjadi 5 wilayah yaitu Asia Timur, Asia Barat (Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Setiap daerah mempunyai organisasi yang mengelola negara dalam negeri seperti Asia Tenggara. Kawasan Asia Tenggara mempunyai organisasi bernama ASEAN. Apa itu ASEAN? Berikut penjelasan mengenai ASEAN dan daftar negara-negara ASEAN yang berpartisipasi saat ini.

Sebutkan Lima Negara

ASEAN merupakan singkatan dari Association of South Asian Nations atau dapat diterjemahkan sebagai Perhimpunan negara-negara Asia Tenggara. Didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, ASEAN menjadi tempat peristirahatan negara-negara di kawasan Asia Tenggara untuk mencapai kemajuan. Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand adalah bapak atau pendiri ASEAN. Saat berdiri, ada 5 negara yang mengirimkan perwakilannya.

Daftar Negara Negara Asia Yang Menjadi Tujuan Kerja Bmi

Indonesia diwakili oleh Adam Malik, Malaysia diwakili oleh Tun Abdul Razak, Filipina diwakili oleh Narcisco Ramos, S. Rajaratnam diwakili oleh Singapura, dan Thailand oleh Thanat Khoman. 5 di antaranya menandatangani perjanjian yang disebut Deklarasi ASEAN. Dalam pernyataannya, beliau setuju untuk membentuk Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara untuk bekerja sama guna mencapai kesejahteraan dan kemajuan bersama.

Sejauh ini, sudah ada 10 negara yang terdaftar dalam daftar negara ASEAN. Bagaimana profil dan review masing-masing negara? Simak pembahasannya di bawah ini.

Merupakan negara dengan wilayah terluas di Asia Tenggara, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak dalam daftar negara ASEAN. Indonesia mempunyai luas sekitar 1.919.400 kilometer persegi dan luas laut sekitar 3.273.810 kilometer persegi.

Berdasarkan data terakhir jumlah penduduk Indonesia pada Juni 2021 tercatat 272.229.372 jiwa, yang terdiri dari laki-laki sebanyak 137.521.557 jiwa dan perempuan sebanyak 134.707.815 jiwa. Selain itu, Indonesia juga dikenal sebagai negara kepulauan karena jumlah pulau disekitarnya yang berjumlah 16.056 pulau.

Tokoh Pahlawan Nasional Pejuang Pendidikan Indonesia

Pulau-pulau di Indonesia yang terdaftar sebagai pulau besar antara lain Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Pusat konsentrasi aktivitas penduduk berada di pulau Jawa dan ibu kota negara adalah Jakarta.

Lingkungan alam di Indonesia terdiri dari lautan, sungai, dan danau. Hal ini mempunyai potensi kekayaan alam yang besar, khususnya laut yang luas serta keanekaragaman satwa dan tumbuhan yang tidak kalah melimpah di seluruh wilayah.

Indonesia memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Sebelumnya Indonesia pernah mengalami penjajahan oleh negara-negara Barat seperti Belanda, Inggris, Spanyol dan Portugal, serta pernah juga dijajah oleh negara-negara Asia lainnya seperti Jepang.

Baca Juga  Tawakal Atau Berserah Diri Kepada Allah Harus Didahului Dengan

Indonesia menganut sistem pemerintahan republik dan presidensial yang artinya Indonesia dipimpin oleh presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Presiden Indonesia dipilih langsung oleh rakyat melalui sistem pemilu, setiap 5 tahun sekali. Saat ini Indonesia telah berganti 7 presiden.

Negara Anggota Asean

Dalam melaksanakan kegiatan negara, Presiden Indonesia dibantu oleh para menteri yang bertanggung jawab mengelola sektor-sektor yang menunjang kemakmuran negara. Transaksi ekonomi dimana masyarakat Indonesia menggunakan rupiah sebagai alat tukar.

Indonesia mempunyai lagu kebangsaan yang berjudul Indonesia Raya dan bahasa kesatuan yang digunakan adalah bahasa Indonesia. . Sumber daya alam yang melimpah membuat masyarakat Indonesia mengandalkan sektor pertanian untuk penghidupannya.

Sektor pertanian berat antara lain karet, sawit, kayu, kopi, teh, rempah-rempah, dan lain-lain. Bergabung pada tanggal 8 Agustus 1967 sebagai anggota ASEAN, menjadikan Indonesia salah satu daftar negara ASEAN dengan pengaruh tinggi.

Negara kedua dalam daftar negara ASEAN adalah Malaysia. Negara yang sering disebut sebagai negara tetangga, Malaysia memiliki banyak kemiripan karena letaknya yang sangat dekat dengan Indonesia. Malaysia memiliki luas wilayah sekitar 329.987 km2.

Lima Negara Mulai Bertugas Sebagai Anggota Baru Dewan Keamanan Pbb

Secara geografis, Malaysia terbagi menjadi dua negara, yaitu: Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat terletak di wilayah Semenanjung Malaka yang meliputi beberapa negara bagian seperti Selangor, Johor, Kedah, Kelantan, Perak, Pahang, Perlis, Penang, Melaka, Negeri Sembilan, dan Terengganu.

Sedangkan Malaysia Timur hanya terdiri dari 2 negara bagian yaitu Sabah dan Sarawak. Khususnya Malaysia Timur, wilayah ini merupakan bagian dari Pulau Kalimantan Indonesia. Oleh karena itu, di beberapa tempat, perbatasan kedua negara hanya memiliki tiang sebagai penanda perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Ibu kota Malaysia adalah Kuala Lumpur. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Malaysia terdiri dari banyak negara, sehingga pemerintahan Malaysia berbentuk monarki atau kerajaan, lebih tepatnya kejayaan, bukan monarki sesungguhnya.

Raja adalah kepala negara yang bergelar Yang Dipertuan Agung. Karena sistem pemerintahan federal, raja di sini dipilih dari sembilan negara bagian yang mengarah ke wilayahnya. Raja di setiap daerah akan mengadakan pemilihan raja setiap 5 tahun sekali.

Lima Tokoh Seni Rupa Mancanegara: Van Gogh Hingga Pablo Picasso

Pemilihan diadakan pada pertemuan yang disebut Majelis Nasional. Kepala pemerintahan Malaysia adalah Perdana Menteri dibantu oleh Menteri Negara. Malaysia adalah koloni Inggris, sehingga Malaysia mengakui Ratu Eli dan Shabet sebagai presidennya.

Malaysia memperoleh kemerdekaan pada tanggal 31 Agustus 1957. Lagu kebangsaan Malaysia disebut Negaraku dan bahasa nasional yang digunakan adalah Melayu, Inggris, dan Mandarin. Masyarakat Malaysia menggunakan lingit sebagai alat tukar ekonomi.

Baca Juga  Peninggalan Seni Patung Pada Masa Mesir Kuno Dapat Ditemukan Pada

Sektor-sektor yang menjadi andalan Malaysia adalah pertanian, pertanian, industri, dan pertambangan. Khusus di sektor pertambangan, Malaysia merupakan produsen bijih timah terbesar di dunia hingga saat ini. Seperti halnya Indonesia, Malaysia merupakan salah satu negara ASEAN yang ikut serta pada 8 Agustus 1967.

Daftar negara ASEAN ketiga adalah Filipina. Luas wilayah Filipina sekitar 300.000 km2. Filipina mendapat julukan negara kepulauan seperti Indonesia karena banyaknya pulau. Sejauh ini ada sekitar 7.641 pulau yang sudah terdaftar.

Potensi Sumber Daya Alam Negara Negara Asean

Pulau-pulau besar di Filipina adalah Pulau Tidore, Pulau Mindanao, Pulau Luzon, Pulau Cebu dan Pulau Palawan. Di seberang Pasifik, Filipina memiliki banyak gunung, beberapa di antaranya masih aktif. Gunung tertinggi di Filipina tercatat di Pulau Mindanao, Gunung Api, yang tingginya mencapai 2.954 meter di atas permukaan laut.

Bentuk pemerintahan Filipina adalah republik presidensial, yang artinya kekuasaan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan adalah presiden. Pemilihan umum di negeri ini diselenggarakan setiap 6 tahun sekali sejak tahun 1992 namun tidak dapat dipilih kembali, bisa baru atau tidak lebih dari satu periode. Ibu kota Filipina adalah Manila.

Lagu kebangsaan Filipina disebut Lupang Hinirang dalam satu bahasa yaitu Tagalog (bahasa asli orang Filipina) dan Inggris. Mata uang yang menjadi alat transaksi yang digunakan masyarakat Filipina disebut Peso. Filipina memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 12 Juni 1898 dan menjadi negara Amerika Serikat sejak tahun 1935.

Sektor yang menjadi andalan mereka adalah pertanian, industri, dan pertambangan. Beberapa sumber daya alam Filipina antara lain emas, nikel, kobalt, tembaga, baja, dan minyak. Filipina merupakan salah satu negara ASEAN tertua sebelum Indonesia yang Syiah merdeka. Filipina bergabung dengan ASEAN pada hari yang sama dengan Malaysia dan Indonesia.

Peran Pelajar Dalam Mengisi Kemerdekaan

Singapura menjadi negara dalam daftar negara ASEAN dengan luas wilayah terkecil. Luas wilayahnya hanya 728,3 km2, yang jika dilihat luasnya hampir sama dengan provinsi di Indonesia yaitu DKI Jakarta.

Meski merupakan negara kecil, namun Singapura tidak bisa dianggap enteng, meski secara geografis tidak memiliki kekayaan alam berupa hutan atau ladang. Namun posisinya berada di persimpangan jalur transportasi ke berbagai negara di Asia Selatan. Seperti Asia Barat, Eropa, Australia, Afrika dan Eropa, Singapura telah menjadi negara maju dalam perdagangan dan aktivitas pelabuhan yang sulit.

Saat ini Pelabuhan Singapura yaitu Pelabuhan Singapura merupakan pelabuhan tersulit di kawasan Asia. Tempat paling terkenal di Singapura adalah patung Merlion.

Baca Juga  Gong Dan Tamborin Termasuk Alat Musik

Ibu kota Singapura disebut Singapura, seperti nama negaranya. Presiden adalah kepala negara, tetapi kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Sebab, Singapura menganut sistem parlementer dalam mengatur negaranya.

Fakta Sejarah Negara Negara Di Kawasan Asean

Warga Singapura menggunakan dolar Singapura sebagai alat transaksi. Lagu kebangsaan Singapura disebut Majulah Singapura. Sejak tahun 1959 dan seterusnya, Singapura ditetapkan sebagai negara di bawah kekuasaan Kerajaan Inggris seperti Malaysia.

Kemudian pada tahun 1963, tepatnya bulan September, Singapura dan Malaysia bergabung menjadi satu dengan nama Federasi Malaysia. Namun, pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura memutuskan keluar dari Uni Eropa dan memantapkan kembali dirinya sebagai sebuah negara hingga saat ini.

Sektor yang menjadi andalan Singapura tentunya dari perdagangan akibat sulitnya operasional pelabuhan, setelah itu sektor perbankan dan industri. Singapura masuk dalam daftar negara ASEAN paling maju, meski wilayahnya kecil karena tujuan strategis negara tersebut. Sejak 8 Agustus 1967, Singapura menjadi anggota ASEAN.

Thailand merupakan salah satu negara yang masuk dalam daftar negara ASEAN yang akan kita bahas. Dahulu Thailand bukanlah nama yang digunakan sebagai negara, melainkan nama yang digunakan adalah Siam.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Setelah revolusi berdarah di negeri ini, Siam berubah menjadi Thailand. Dengan luas wilayah 513.120 km2, negara ini terdiri dari perbukitan, pegunungan, dan dataran. Pegunungan tertinggi di Thailand berada di utara dan barat.

Gunung tertinggi bernama Doi Indana, 2.565 meter di atas permukaan laut. Daerah subur Thailand dilintasi oleh Sungai Chao Phraya yang merupakan sungai terbesar dan terindah. Thailand dijuluki negeri gajah putih.

Meski tidak ada gajah putih di seluruh dunia. Nama ini diberikan karena gajah merupakan hewan Thailand dan juga merupakan simbol Kerajaan Thailand. Dahulu, gading berwarna coklat kemerahan yang ditemukan di Thailand harus diberikan kepadanya melalui sebuah upacara khusus.

Penyebutan gajah putih hanya sekedar gambaran dan hanya sekedar nama saja karena tidak ada gajah putih. Selain itu, Thailand juga mendapat julukan negara seribu negara karena

Faktor Pendorong Kerjasama Asean Beserta Penghambatnya

Sebutkan lima alat musik ritmis, rukun islam ada lima sebutkan, sebutkan salat lima waktu, sebutkan lima pulau terbesar di indonesia, sebutkan lima benda yang termasuk isolator panas, sebutkan lima rukun nikah, sebutkan lima rasul ulul azmi, sebutkan lima rukun iman, sebutkan lima salat fardu, sebutkan lima rukun umrah, sebutkan pandawa lima, rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan