News

Sebutkan Dua Contoh Gerakan Bertumpu Dengan Kedua Kaki

×

Sebutkan Dua Contoh Gerakan Bertumpu Dengan Kedua Kaki

Share this article

Sebutkan Dua Contoh Gerakan Bertumpu Dengan Kedua Kaki – Pemberitahuan Penting Waktu Standar Terjadwal (GMT) Minggu, 26 Juni, 02.00 – 08.00. Situs ini tidak akan aktif saat ini.

C. Bangun dan turun di sofa Apakah Anda bangun dan turun di sofa? Gerakan ini bermanfaat untuk melatih kekuatan dan daya tahan otot. Anda dapat melakukannya dengan langkah-langkah berikut: 1) Berdirilah di atas bangku. 2) Satu kaki diangkat ke atas bangku. Lalu cabang lainnya. 3) Kaki bagian bawah. 4) Gerakan tersebut diulangi sebanyak mungkin. 1 23 Gambar 5.10 Latihan naik turun dari bangku untuk melatih kaki. Sumber : https://www.volimaniak.com Kerjakan pekerjaan rumah ini secara mandiri dan jujur. Catat pada pertemuan berikutnya. 1. Mengapa energi begitu penting bagi tubuh? 2. Bagaimana jika tubuh tidak cukup kuat? 3. Apa manfaat yang didapat jika tubuh kuat? 4. Bagaimana menjadi kuat? 5. Sebutkan aktivitas sehari-hari yang dapat membantu tubuh tetap aktif. 3. Pelatihan Fleksibilitas Seberapa fleksibelkah tubuh Anda? Fleksibilitas adalah kemudahan dimana otot dan persendian dapat bergerak dengan mudah. Tubuh yang fleksibel mengurangi risiko cedera. Tubuh setiap orang berbeda. Hal ini tergantung pada aktivitas sehari-hari. 90 Buku Siswa Kelas VI SD/MI

Sebutkan Dua Contoh Gerakan Bertumpu Dengan Kedua Kaki

Fleksibilitas dapat ditingkatkan dengan latihan. Latihan fleksibilitas bertujuan untuk melindungi otot dan persendian. Jadi Anda bisa bergerak dengan mudah tanpa hambatan apa pun. Latihan kekuatan bisa dilakukan 3-5 kali seminggu. Pelatihan fleksibilitas dimulai dengan penggunaan ringan. Setelah terbiasa dengan intensitas cahayanya, tingkatkan menjadi sedang dan berat. Durasi latihan dasar sekitar 15-20 menit. Anda dapat menyesuaikan waktu kerja dengan tubuh dan kebutuhan Anda. Nah berikut beberapa olahraga agar tubuh tetap fit. Ayo, benar-benar belajar. A. Latihan Fleksibilitas Otot Leher Latihan ini bermanfaat untuk kelenturan otot dan persendian. Apa yang harus dilakukan? Untuk mempelajari langkah-langkahnya di bawah ini. 1) Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat. Kedua tangan diletakkan di pinggul. Gambar 5.11 Otot leher disederhanakan. Letak : Bentuk Tulisan 2) Miringkan kepala ke kanan dan ke kiri untuk berhitung 2 x 4. 3) Gerakkan kepala ke atas dan ke bawah untuk berhitung 2 x 4. 4) Miringkan kepala ke samping kanan dan ke kiri untuk berhitung 2 x 4 . B. Latihan Fleksibilitas Sendi Bahu Latihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan sendi bahu. Bahu sering digunakan dalam berbagai aktivitas, misalnya membawa barang. Langkah-langkah melatih kelenturan sendi bahu adalah sebagai berikut: 1) Kedua kaki dibuka selebar pinggul. Kedua lengan direntangkan ke samping. 2) Putar kedua tangan secara perlahan, lalu lebih cepat. Mainkan dengan skor 1 x 8. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan 91

Baca Juga  Ide Utama Dalam Sebuah Paragraf Disebut

Perbedaan Headstand Dan Handstand Dalam Gerakan Senam Lantai

3) Kemudian ayunkan lengan ke depan dan ke belakang dalam hitungan 2 x 4. Gambar 5.12 Sendi bahu sederhana. Sumber: Penulis c. Latihan Fleksibilitas Otot Lumbar dan Perut Jika ingin meningkatkan kelenturan otot pinggang dan perut, lakukan langkah berikut: 1) Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar pinggul. 2) Kedua tangan diletakkan di pinggul. Kemudian putar badan ke kiri dan ke kanan. Tangan di pinggul. 3) Lakukan gerakan yang sama, namun angkat kedua lengan lurus. Gambar 5.13 Latihan fleksibilitas pinggul. Lokasi: Mengumpulkan Informasi Untuk lebih memahami pelajaran ini, lakukan tugas 5.1 berikut. 92 Buku Siswa Kelas VI SD/MI

Kegiatan 5.1 Latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani Langkah-langkah: 1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4 orang. 2. Ingat latihan yang Anda pelajari. 3. Jika ada hal yang belum dipahami, mintalah guru untuk menceritakan lebih lanjut. 4. Pilih aktivitas fisik. Misalnya lari untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru, sit-up untuk meningkatkan kekuatan perut, dan kelenturan sendi. 5. Lakukan latihan bersama kelompokmu. Caranya dengan bekerja sama dan saling membantu. 6. Pilihlah jenis olahraga, lalu berikan uraian Anda di bawah ini: 1. Mengapa memilih jenis olahraga. B. Dapatkan manfaatnya. C. Pentingnya latihan fisik bagi diri Anda sendiri. 7. Andalkan hasil bacaan gurumu. B. Evaluasi Kebugaran Mengapa evaluasi kebugaran diperlukan? Setelah melakukan latihan perlu dilakukan pengukuran tingkat kebugaran jasmani. Pengukuran berguna untuk mengetahui kebugaran jasmani. Ukuran hasil juga berguna dalam menentukan keberhasilan akademis. Nah, banyak manfaat yang bisa didapat dari tes olahraga. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut: 1. Merawat tubuh (baik atau buruk). 2. Mengetahui tentang perkembangan fisik. 3. Penilaian kemampuan fisik. Berikut beberapa cara mengukur kebugaran. 1. Menghitung denyut nadi Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun jika berlebihan justru akan berdampak buruk bagi kesehatan. Adanya pembatasan aktivitas fisik bagi tubuh. Jadi Anda bisa menghitung detak jantung untuk mengetahui batasan aktivitas. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan 93

Apa yang kamu ketahui tentang pulsa? Denyut nadi menggambarkan berapa kali jantung berdetak per menit. Denyut jantung normal anak usia 12-15 tahun adalah 60-119 denyut/menit. Jadi detak jantung ini bisa Anda jadikan acuan untuk menentukan batas kapasitas olahraga Anda. Berikut cara menghitung pulsa Anda. A. Menghitung denyut nadi leher Cara menghitung denyut nadi leher adalah sebagai berikut. 1) Pertahankan denyut nadi di sekitar leher. 2) Gunakan jari tengah dan telunjuk Anda. Ketuk tekanan rendah itu dan rasakan denyut nadinya. 3) hitung jumlah pukulan selama 15 detik. Jumlah pulsa dibagi menjadi empat. 4) Dengan cara ini kita dapat mengetahui jumlah pulsa per menit. Gambar 5.14 Jumlah denyut nadi di leher. Sumber : Penulis b. Menghitung denyut nadi dari pergelangan tangan Denyut nadi juga bisa dihitung dari pergelangan tangan. Pelajari cara menghitung denyut nadi pergelangan tangan Anda. 1) Letakkan jari telunjuk dan jari tengah Anda di bagian dalam pergelangan tangan Anda. 2) Tekan perlahan hingga terasa nyeri. 3) hitung denyut nadi selama 15 detik. Pulsa yang dihasilkan dibagi empat, maka Anda akan mendapatkan satu pulsa per menit. 94 Buku Siswa Kelas VI SD/MI

Baca Juga  Proses Perkembangbiakan Manusia Akan Berlanjut Pada Proses

Gambar 5.15 Jumlah denyut nadi di pergelangan tangan. Sumber: Karya Penulis 1. Bekerja berpasangan. 2. Pilih jenis permainan yang Anda suka. 3. Sebelum berolahraga, hitung dulu detak jantung Anda. 4. Kemudian, bergabunglah dengan olahraga pilihan Anda. 5. Setelah latihan, hitung kembali denyut nadi Anda. 6. Bandingkan denyut nadi sebelum dan sesudah latihan. 7. Berikan alasan mengapa detak jantung sebelum dan sesudah olahraga mungkin berbeda. 2. Hitungan Kekuatan Seberapa kuat otot dan tulang Anda? Nah, untuk mengetahui kekuatan tubuh Anda, Anda bisa mengukurnya dengan melakukan push up. Push-up merupakan salah satu latihan untuk menguatkan tubuh. Berapa banyak push-up yang bisa dilakukan dalam satu menit? Energi setiap orang berbeda-beda. Sama halnya dengan kemampuan melakukan push-up. Jika Anda hanya bisa melakukan 10 push-up dalam satu waktu, tidak masalah. Namun, jika ingin menjaga tubuh tetap kuat, Anda harus bekerja keras. Melalui latihan, kekuatan tubuh Anda akan meningkat secara bertahap. Dengan melakukan push up sekali anda dapat melihat kekuatan tubuh anda. Kekuatan tubuh bagian atas bagus jika bisa melakukan beberapa push-up sekaligus. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan 95

Materi Pjok Bab 6

Ayo latihan h 1. Lakukan sebentar. 2. Mintalah seorang teman untuk membantu Anda menghitung berapa banyak push-up yang Anda lakukan dalam satu menit. 3. Berikan perubahan. 4. Kemudian menjelaskan hasil analisis daya. 3. Menghitung Fleksibilitas Fleksibilitas merupakan bagian penting dalam menjaga postur tubuh yang baik. Tubuh yang fleksibel dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik. Anda juga dapat menghindari cedera dan terus bergerak. Jadi bagaimana perubahan tubuh Anda sekarang? Salah satu cara untuk merasakan kelenturan adalah gerakan ciuman lutut. Gerakan ini dapat digunakan untuk mengetahui perubahan pada otot dan persendian kaki, punggung, dan bahu. Kelenturan tubuh bisa dikatakan baik jika Anda bisa mencium lutut selama beberapa waktu, misalnya 60 detik. Jika Anda dapat mencium lutut dalam waktu singkat, maka kelenturan tubuh Anda termasuk dalam kategori sedang. Selama Anda biasa mencium lutut, kualitas tubuh Anda akan berubah. Pengukuran ciuman lutut sederhana saja: i. Posisi awal duduk dengan kedua kaki rapat lurus ke depan. B. Kedua lengan lurus. C. Tubuh membungkuk ke depan hingga mencium lutut. D. Tangan memegang kedua kaki. e. Simpan untuk sementara waktu. Sekarang selesaikan 5.2 di bawah ini untuk mengukur perubahan fisika. Lakukan dengan penuh semangat. 1 23 Gambar 5.16 Gerakan ciuman lutut. Sumber : Teks 96 Buku Siswa Kelas VI SD/MI

Baca Juga  Mengapa Tempat Lahir Penting Dalam Pendataan Pribadi Siswa

Latihan 5.2 Mengukur kelenturan tubuh langkah sederhana : 1. Perhatikan gambar kelenturan tubuh di bawah ini. Tujuan dari latihan ini adalah untuk melatih kelenturan kaki, lengan dan pinggul. Gambar 5.17 Latihan fleksibilitas untuk sendi kaki, lengan dan pinggang. Sumber : Catat Data 3. Latihlah kekuatan dengan langkah-langkah berikut ini. A. Mulailah posisi duduk. Satu kaki lurus dan yang lainnya ditekuk. B. Kedua tangan memegang kaki lurus. Tahan selama 1 x 8 hitungan. C. Ubah posisi kaki lurus menjadi menekuk dan menekuk kaki menjadi lurus. D. Pegang jari-jari kaki lurus dengan kedua tangan dan tahan selama 1 x 8 hitungan. 3. Setelah latihan, jelaskan hal berikut. A. Manfaat dari langkah ini: b. Tindakannya adalah tubuh berubah dengan baik. C. Tindakan jika perubahan tubuh rendah. Ayo praktek h 1. Review pekerjaan yang telah kamu lakukan

Sebutkan dua gerakan untuk melatih daya tahan tubuh, sebutkan dua contoh gerakan untuk melatih otot kaki, sebutkan 3 perbedaan dari kedua institusi sosial dengan persekutuan, sebutkan contoh karya seni rupa dua dimensi, sebutkan tiga contoh seni rupa dua dimensi, sebutkan empat gerakan menahan bola dengan telapak kaki, sebutkan tiga contoh karya seni dua dimensi, sakit kedua dua payudara, sebutkan dua cara melatih kekuatan otot perut, sebutkan 4 gerakan passing bawah bola voli, sakit kedua dua lutut, haid sebulan dua kali dan yang kedua hanya flek coklat