News

Sebutkan Ciri Rangkaian Listrik Pada Gambar

×

Sebutkan Ciri Rangkaian Listrik Pada Gambar

Share this article

Sebutkan Ciri Rangkaian Listrik Pada Gambar – Pada artikel saya sebelumnya saya telah menjelaskan tentang rangkaian paralel dan kali ini saya akan menjelaskan rangkaian listrik yang lain yaitu rangkaian seri.

Dalam dunia elektronika, rangkaian seri merupakan salah satu dari dua jenis rangkaian yang paling umum dikenal saat ini. Rangkaian seri digunakan untuk meningkatkan resistansi dan bertindak sebagai pembagi tegangan. Rangkaian ini berbeda dengan rangkaian listrik lainnya (rangkaian paralel) karena rangkaian seri memiliki pola/bentuk rangkaian dan fungsi/aplikasi yang mencerminkan rangkaian tersebut. Selain itu, kami juga akan menunjukkan rumus yang digunakan untuk menghitung rangkaian seri.

Sebutkan Ciri Rangkaian Listrik Pada Gambar

Rangkaian seri merupakan salah satu model rangkaian listrik yang paling populer dalam dunia elektronika. Dalam teknik kelistrikan, rangkaian seri adalah rangkaian yang semua bagiannya dihubungkan secara seri sehingga hanya satu arus yang mengalir melalui setiap bagian.

Perbedaan Sel Volta Dan Sel Elektrolisis Beserta Penerapannya

Rangkaian ini disebut juga rangkaian tunggal dengan membiarkan listrik mengalir dari sumber energi listrik di setiap titik dan kembali ke sumber energi listrik, hanya menempuh satu jalur mendatar dan tidak ada jalur lain. Arus sirkulasi tetap sama di setiap titik di sirkuit. Resistansi sistematis dalam kisaran tersebut akan memiliki nilai resistansi yang besar. Sedangkan lampu yang disusun berurutan, nyala api menjadi lebih lemah. Jika satu lampu padam, yang lain padam.

Semua elektronik yang dipasang disusun secara berurutan atau berurutan. Kabel yang menghubungkan semua hal tersebut tidak bercabang di sepanjang rangkaian, sehingga listrik hanya dapat mengalir dalam satu arah.

Akibatnya, arus listrik (I) yang mengalir melalui bagian rangkaian yang berbeda memiliki nilai yang sama, sedangkan beda potensialnya berbeda. Artinya semua komponen yang terpasang juga akan menerima arus.

Rangkaian seri memiliki resistansi total yang lebih besar dari resistansi komponennya. Perbedaan potensial atau tegangan total (Vtotal) dari rangkaian seri adalah jumlah dari perbedaan potensial di setiap resistor. Semua pernyataan ini dapat diringkas sebagai berikut:

Ciri Ciri Rangkaian Paralel, Cara Membuat, Dan Contohnya

Keuntungan menggunakan rangkaian seri adalah dapat menekan biaya penggunaan kabel listrik, dan pemasangan atau perawatan rangkaian instalasi selalu sederhana, lebih efisien dan nyaman. Selain itu kelebihan lain dari rangkaian seri adalah penggunaan listrik lebih hemat karena tegangan terbagi.

Baca Juga  Antusias Adalah

Sedangkan kelemahannya adalah daya serap energi tiap perangkat elektronik lebih rendah. Contoh: lampu redup bila dihubungkan secara seri.

Dan jika salah satu komponen kelistrikan putus/rusak, maka semua komponen tidak dapat bekerja. Selain itu, hambatan listrik jika dihubungkan secara seri akan lebih besar

Rangkaian seri merupakan salah satu model rangkaian listrik yang paling populer saat ini. Rangkaian seri adalah rangkaian di mana semua bagian dihubungkan secara seri sehingga arus yang sama mengalir melalui setiap bagian. Rangkaian ini disebut juga rangkaian tunggal, yang memungkinkan listrik dialirkan dari sumber listrik ke setiap komponen dan kembali ke sumber listrik. Arus sirkulasi tetap sama di setiap titik di sirkuit. Resistansi sistematis dalam kisaran tersebut akan memiliki nilai resistansi yang besar. Sedangkan lampu yang disusun berurutan, nyala api menjadi lebih lemah. Jika satu lampu padam, yang lain padam.

Pertemuan 10 Harlinda Syofyan, S.si., M.pd

Ciri-ciri rangkaian seri adalah semua komponen listrik yang akan dihubungkan disusun secara seri atau seri. Kabel yang menghubungkan semua perangkat ini tidak memiliki cabang di sepanjang sirkuit, jadi hanya ada satu cara untuk pergi sekarang. Akibatnya, arus listrik (I) yang mengalir melalui bagian rangkaian yang berbeda memiliki nilai yang sama, sedangkan beda potensialnya berbeda. Artinya semua komponen yang terpasang juga akan menerima arus.

Rangkaian seri memiliki resistansi total lebih besar dari resistansi komponen. Resistansi total (Rtotal) disebut resistansi reaktif. Perbedaan potensial atau tegangan total (Vtotal) dari rangkaian seri adalah jumlah dari perbedaan potensial di setiap resistor. Semua pernyataan ini dapat diringkas sebagai berikut:

Keuntungan menggunakan rangkaian seri adalah dapat menekan biaya penggunaan kabel listrik. Sedangkan kelemahannya adalah daya serap energi tiap perangkat elektronik lebih rendah. Contoh: lampu redup bila dihubungkan secara seri. Jika salah satu komponen kelistrikan putus/rusak, maka semua komponen tidak dapat bekerja. Selain itu, hambatan listrik saat komponen dihubungkan secara seri akan lebih besar.

Baca Juga  Yang Termasuk Kedalam Jenis Organisasi Olahraga Sepak Bola Adalah

Rangkaian paralel adalah salah satu model rangkaian elektronik yang paling populer. Sederhananya, rangkaian paralel didefinisikan sebagai rangkaian listrik yang semua bagiannya terhubung secara paralel. Oleh karena itu, di sirkuit yang sama, cabang dibangun di antara sumber daya. Kabupaten ini juga disebut kabupaten cabang. Di sirkuit ini, arus listrik dapat mengalir melalui semua cabang yang tersedia. Di setiap cabang itulah komponen-komponen kelistrikan dihubungkan, sehingga setiap bagian memiliki cabang dan arusnya sendiri-sendiri. Saat ini sedang berjalan di semua perangkat elektronik yang diinstal secara bersamaan. Rangkaian paralel diperlukan jika kita akan mensuplai listrik dengan membagi tegangan dengan mengubah beban yang melewati setiap cabang.

Cara Menentukan Lampu Yang Menyala Paling Terang

Semua komponen listrik dihubungkan secara seri atau paralel. Pada rangkaian paralel, arus yang mengalir pada setiap cabang berbeda-beda. Setiap komponen dihubungkan ke kutub positif dan negatif dari sumber listrik, artinya semua komponen menerima tegangan yang sama. Sementara itu, resistansi totalnya lebih kecil dari resistansi masing-masing komponen listrik. Semuanya dapat ditulis dalam bentuk rumus matematika:

Keuntungan menggunakan rangkaian paralel adalah jika saklar dimatikan, tidak semuanya mati kecuali komponen yang terhubung dengan saklar dimatikan, seperti lampu. Selain itu, jika salah satu cabang atau peralatan listrik rusak atau hancur, maka bagian yang ada akan tetap berfungsi. Karena masih ada beberapa cabang yang dapat menghantarkan listrik, dan bagian yang tidak rusak masih memiliki hubungan dengan kedua kutub sumber listrik tersebut. Saat ini, kelemahan dari rangkaian paralel adalah banyak kabel atau konduktor listrik yang dibutuhkan untuk membuat seluruh rangkaian.

15 RANGKAIAN LISTRIK Rangkaian listrik adalah suatu sistem rangkaian peralatan listrik yang dihubungkan dengan sumber listrik untuk menghasilkan listrik. Arus listrik adalah aliran muatan listrik dari kutub positif (tegangan tinggi) ke kutub negatif (tegangan rendah). Tergantung pada apakah arus mengalir atau tidak, rangkaian listrik dibagi menjadi dua kategori: Rangkaian terbuka: Susunan peralatan listrik yang telah diputus sehingga tidak ada arus yang mengalir. Sirkuit tertutup: Susunan perangkat listrik yang menyebabkan arus mengalir.

16 RANGKAIAN LISTRIK (1) Gambar 1(a) menunjukkan rangkaian terbuka yang tidak menyebabkan arus mengalir dan lampu mati Gambar 1(b) menunjukkan rangkaian tertutup yang menyebabkan arus mengalir dan lampu menyala.

Baca Juga  Untuk Menggambar Seperti Gambar Disamping Menggunakan Alat Yang Digunakan Berupa

Ciri Ciri Rangkaian Seri Dan Pararel

17 RANGKAIAN LISTRIK (2) Tergantung pada pemasangannya, rangkaian listrik terbagi menjadi tiga jenis: 1. Rangkaian seri: susunan perangkat listrik yang dipasang secara seri atau tanpa cabang. Gambar 2a menunjukkan lampu yang dirangkai secara seri Gambar 2a menunjukkan baterai yang disambung secara seri Kelebihan dari rangkaian ini : lampu lebih terang Kekurangan rangkaian seri : # baterai cepat habis (tanpa charge)

18 RANGKAIAN LISTRIK (4) 2. Rangkaian Paralel : Sistem peralatan listrik dengan cabang-cabang. Gambar 3(a) menunjukkan lampu yang terhubung secara paralel Gambar 3(b) menunjukkan baterai yang terhubung secara paralel.

19 RANGKAIAN LISTRIK (5) 3. Rangkaian campuran: susunan perangkat listrik yang dihubungkan secara seri dan paralel Gambar 4 menunjukkan lampu dalam susunan campuran. Gambar 4 menunjukkan rangkaian tertutup tempat arus mengalir

20 RANGKAIAN LISTRIK (6) Pada Gambar 4 dapat dilihat sebagai berikut: Lampu A dan lampu B dihubungkan secara seri b Lampu A dan lampu C dihubungkan secara paralel c Lampu B dan lampu C dihubungkan secara paralel d Lampu D dihubungkan secara paralel seri dengan lampu A/B/C e) Jika lampu D mati , beberapa lampu akan mati f. , lampu A, B dan C akan selalu menyala

Berpikir Kreatif: Pengertian, Indikator, Cara, Ciri Dan Faktor Faktor

Apa perbedaan antara rangkaian seri dan rangkaian paralel? Gambarkan contoh rangkaian seri dan paralel! Jelaskan keuntungan dan kerugian menggunakan rangkaian seri dan paralel.

Agar situs web ini berfungsi, kami merekam data pengguna dan membagikannya dengan pengontrol data. Dengan menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui Kebijakan Privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami.

Sebutkan kelemahan dari rangkaian listrik paralel, gambar rangkaian listrik rumah tangga, gambar rangkaian setrika listrik, sebutkan 2 kelebihan rangkaian listrik yang disusun secara paralel, fungsi saklar pada rangkaian listrik, sebutkan contoh pemanfaatan rangkaian listrik seri dan paralel di rumah, sebutkan perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel, gambar rangkaian listrik, gambar rangkaian listrik pararel dan seri, gambar rangkaian listrik paralel sederhana, sebutkan perbedaan rangkaian listrik seri dengan paralel, ciri ciri rangkaian listrik seri