Ponorogo

Sebulan Tangani 200 Pasien Gangguan Jiwa

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Puskesmas Pembantu (Pustu) Kesehatan Jiwa di Desa Paringan, Jenangan, Ponorogo, mencatat ada sekitar 20 pasien baru berobat dengan masalah kejiwaan. Bersamaan itu, sebanyak 10 persen pasien lama yang sudah sembuh mendadak kambuh.

Namun, Sulin, penanggung jawab Pustu Kesehatan Jiwa Paringan, buru-buru menjelaskan bahwa pasien yang datang berobat bukan melulu berasal dari Ponorogo. Melainkan jauh-jauh datang dari Madiun, Magetan, Pacitan, Kediri, hingga Surabaya. Setiap bulan, Sulin menangani sekitar 200 pasien. ‘’Minimal sebulan sekali harus kontrol, beberapa ada yang dua sampai tiga kali. Dalam satu bulan ada 300 kunjungan,’’ kata Sulin, Selasa (8/6).

Wilayah kerja pustu yang diampu Sulin adalah 11 desa di Jenangan. Tercatat sebanyak 260 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di kecamatan itu. Sulin tetap mendata penderita yang sudah dinyatakan sembuh. Sebab, mereka rentan kambuh terutama pengidap skizofrenia. Yakni, gangguan mental dalam jangka panjang yang menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, delusi, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku. ‘’Rawan kambuh karena termasuk gangguan jiwa berat,’’ jelasnya. (mg4/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button