AdvertorialPacitan

Sebulan Dua Penghargaan Diraih Sentono Gentong

Wisata Alam Pendongkrak Kesejahteraan Desa Dadapan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Bukit  Sentono Gentong di Desa Dadapan, Pringkuku, Pacitan, bukan objek wisata alam biasa. Keindahan panoramanya tak terbantahkan. Semua itu terbukti dengan sederet prestasi yang diraih. Dua penghargaan bergengsi diboyong sebulan terakhir. ‘’Alhamdulillah senang dan terharu,’’ kata Kepala Desa (Kades) Dadapan Ismono Kamis (12/12).

Pertama, Sentono Gentong diganjar predikat Terbaik III Kategori Daya Tarik Wisata Alam pada malam anugerah East Java Culture and Tourism Award 2019. Berikutnya, berkat Sentono Gentong pula, Desa Dadapan meraih juara Harapan II Desa Wisata Nusantara 2019. Penghargaan itu dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). ‘’Ini semua berkat kerjas keras bersama dalam mengelola Bukit Sentono Gentong yang dimulai sekitar satu tahun lalu,’’ ungkap Ismono.

Sentono Gentong betul-betul jadi magnet wisatawan. Prestasi itu selaras dengan tingkat kunjungan pelancong yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Pemasukan pun tembus ratusan juta rupiah per tahun. Bahkan, saat puncak kunjungan, seperti libur Lebaran dan tahun baru, harus dibatasi. Maksimal pengunjung dalam satu waktu tak boleh lebih 400 orang. ‘’Tujuannya untuk menjaga kelestarian alam,’’ terangnya.

Ismono tak mau setengah-setengah mengelola Bukit Sentono Gentong. Bersama badan usaha milik desa (BUMDes) setempat, kucuran dana dari sejumlah penghargaan bakal difokuskan untuk pengembangan. Seperti pembangunan sarana dan prasarana.  ‘’Lomba dan penghargaan itu bukan tujuan utama. Karena tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat,’’ ungkapnya sembari menyebut nominal hadiah dari Desa Wisata Nusantara 2019 Rp 400 juta.

Ismono tidak ingin cepat puas dengan penghargaan itu. Sebaliknya, dia menganggap penghargaan adalah sebuah tanggung jawab. ‘’Dengan penghargaan akan muncul ekspektasi tinggi dari pengunjung. Tanggung jawabnya harus ada peningkatan di Sentono Gentong,’’ ujarnya.

Sentono Gentong diharapkan benar-benar mampu mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Desa Dadapan. Saat ini, Istono beserta tim pengelola tengah merencanakan sebuah terobosan. Yakni, mengusung hasil industri desa setempat melalui UMKM ke lokasi wisata.

Tentunya dengan penataan yang rapi untuk mempertemukan penjual dan pembeli. ‘’Sambil menikmati pemandangan alam, sekalian bisa berbelanja. Seperti di mal-mal itu konsepnya nanti. Juga berharap pemerintah daerah mendukung secara maksimal,’’ ucap Ismono. (ti2/den/c1/sat/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close