Ngawi

Seberangi Sungai, Bocah 14 Tahun Tenggelam di Bengawan Madiun

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ide gila tiga remaja tanggung ini menyeberangi Bengawan Madiun berujung duka. Riyanto, 14, tewas tenggelam di aliran sungai masuk Desa Karangasri, Kecamatan/Kabupaten Ngawi itu, Senin (17/5).

Sedangkan, Andika dan Dira selamat karena bisa berenang ke tepian. Ketiga bocah itu tinggal di Dusun Dungus desa setempat. ‘’Riyanto tidak bisa berenang,’’ kata Idris, ketua RT 04, RW 05, tempat tinggal Riyanto.
Idris menuturkan, Riyanto, Andika, dan Dira bermain di tepi Bengawan Madiun pada Minggu sore (16/5). Mereka ingin bermain di seberang sungai yang jauhnya sekitar 15 meter. Saat akan menyeberang, mereka menggunakan bambu untuk mengetahui kedalaman sungai. Namun, salah seorang di antaranya tiba-tiba terpeleset. Dua lainnya ikut tercebur ke sungai sedalam sekitar tiga meter itu. Kejadiannya sekitar pukul 17.00. ‘’Informasi ini diperoleh dari keterangan anak-anak (korban selamat, Red),’’ ujarnya.

Sayangnya, Andika dan Dira langsung pulang ke rumah masing-masing. Lokasinya berjarak sekitar 500 meter dari tempat kejadian perkara (TKP). Keduanya tidak mencari pertolongan ke orang terdekat atau menyampaikan peristiwa tersebut ke keluarga Riyanto. ‘’Kemungkinan karena takut atau trauma. Saat ditanya menangis,’’ papar Idris.

Catur dan Sumiyati, orang tua Riyanto, baru tahu anaknya tenggelam sekitar pukul 23.00. Keduanya khawatir karena bocah kelas VIII SMP itu tidak kunjung pulang setelah sebelumnya pamit pergi bermain. ‘’Orang tua akhirnya mendatangi rumah Andika dan Dira. Akhirnya tahu kalau tenggelam,’’ ujarnya sembari menyebut upaya pencarian malam hari tidak membuahkan hasil karena lokasi gelap.

Personel badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) dan relawan melanjutkan pencarian mulai pukul 08.00 keesokan harinya. Dua perahu karet diterjunkan. Selang empat setengah jam, bocah penyandang disabilitas itu ditemukan mengapung sejauh 150 meter dari titik tercebur. ‘’Kami membuat ombak agar tubuhnya terangkat naik,’’ kata Kasi Kedaruratan BPBD Ngawi Junaidi. (mg5/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button