Pacitan

Sebelas Warga Terjaring Operasi Yustisi, Uang Denda Masuk Kasda

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pemakaian masker saat beraktivitas di luar rumah masih diabaikan oleh sejumlah warga Pacitan. Selasa (15/9) mereka yang melanggar protokol kesehatan itu disidang. Jumlahnya ada sebelas pelanggar.

Oleh petugas kemudian dikenai sanksi denda. Nilainya antara Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu. Tergantung aspek pelanggarannya. Mereka juga dihukum menyanyikan lagu nasional.

Bupati Pacitan Indartato mengatakan, pemberlakuan denda bertujuan sebagai efek jera. Supaya masyarakat tertib menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker dan tidak berkerumun. ‘’Uang denda masuk ke kas daerah (kasda),’’ kata bupati saat memimpin operasi yustisi protokol kesehatan di Terminal Pacitan Tipe A.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Inpres 60/2020 dan Perbup 70/2020. Masyarakat diminta patuh tanpa harus ada operasi yustisi protokol kesehatan. ‘’Kegiatan seperti ini akan dilakukan terus sampai semua sadar,’’ ujar bupati Pacitan dua periode tersebut.

Terkait masih adanya pengunjung objek wisata yang belum tertib protokol kesehatan, Indartato menyatakan perlu diperingatkan. ‘’Harapannya semua yang terlibat di sektor pariwisata, baik pengelola maupun wisatawan, patuh,’’ tuturnya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close