Madiun

SDN 01 Manisrejo Jadi Sasaran Aksi Coret-Coret

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – SDN 01 Manisrejo dan sejumlah bangunan di sekitarnya jadi sasaran aksi vandalisme. Tangan jahil itu mencoret-coret berisikan tulisan tidak senonoh. Tidak hanya papan nama sekolah dan pintu gerbang, sepanjang pagar tembok seberang jalan depan sekolah juga disasar.

Diduga aksi tak terpuji itu dilakukan sekelompok pemuda sekitar pukul 04.30 Kamis (20/5). Nanang, pemilik warung seberang jalan depan sekolah, mengungkapkan, ada empat pemuda membawa kardus berisi cat semprot. Dia sempat menegur lantaran curiga. ‘’Saat mau buka warung, saya mencium bau cat. Ternyata tembok pagar sudah ada coretannya dan ada empat pemuda itu,’’ katanya, Sabtu (22/5).

Saat ditegur, keempat pemuda itu langsung ngacir. Meski tidak ingat pasti ciri-ciri mereka, Nanang yakin para pemuda itu berumur di bawah 20 tahun, sepantaran pelajar tingkat SMA. Pun dipastikan bukan warga setempat. ‘’Saya tanya kenapa coret-coret, mereka langsung pergi ke arah selatan. Mereka jalan kaki, pakaiannya juga rapi,’’ ujarnya.

Nuryani Adi Irawanti, guru SDN 01 Manisrejo, mengatakan bahwa aksi vandalisme diketahui pertama oleh penjaga sekolah saat membuka pintu gerbang. Setelah dilaporkan ke kepala sekolah, pihaknya segera menutup coretan itu dengan banner. ‘’Kebetulan Bapak (kepala sekolah, Red) masih rapat. Beliau sudah menindaklanjuti kejadian ini,’’ kata Nuryani.

Pihak sekolah telah menginformasikan kejadian itu ke dinas pendidikan (dindik) setempat. Pun tiga pilar Kelurahan Manisrejo telah mendatangi sekolah dan menindaklanjuti kejadian tersebut. Pihaknya prihatin atas tulisan dan gambar yang tidak pantas tersebut. ‘’Baru pertama ini, dan semoga ke depan tidak ada lagi yang seperti ini,’’ harapnya.

Kapolsek Taman Kompol Setyo Wiyono memastikan aksi vandalisme di Jalan Tanjung Raya, Kelurahan Manisrejo, Taman, itu masuk kategori perusakan ringan. Pihaknya telah menerima laporan tersebut yang ditindaklanjuti bhabinkamtibmas, pihak kelurahan, dan babinsa setempat. Polsek juga menerjunkan anggota intel dan reskrim untuk menyelidiki. ‘’Motif dan pelakunya masih dalam penyelidikan,’’ kata Setyo. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button