Pacitan

Satu Pasien Positif Covid-19 Asal Pacitan Sembuh

Tiga PDP Dinyatakan Negatif Virus Korona

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kabar baik. Salah seorang pasien positif Covid-19 di Pacitan dinyatakan sembuh. Hasil uji swab warga Dusun Krajan, Kembang, Pacitan, tersebut negatif dua kali berturut-turut. Pasien positif nomor 5 itu kini dipantau petugas kesehatan setempat. Pun menjalani isolasi mandiri di rumah. ‘’Siang tadi dipulangkan dari ruang isolasi RSUD dr Darsono,’’ kata Sekretaris Daerah Pacitan Heru Wiwoho Kamis (14/5).

Heruwi, sapaan Heru Wiwoho, menambahkan, yang bersangkutan dirawat di ruang isolasi dua minggu terakhir. Atau sejak 1 Mei lalu. Sebelumnya menjalani karantina mandiri di rumah usai rapid test-nya reaktif. Laki-laki berusia 50-an tahun itu tertular pasien positif nomor 1. Dokter melakukan uji swab tiga kali. Hasilnya, satu positif dan dua lainnya negatif. ‘’Tentunya ini kabar bagus untuk kita, semoga yang lainnya menyusul sembuh,’’ harapnya.

Heruwi meminta kepulangan pasien tersebut tak membuat warga di sekitar tempat tinggalnya resah. Sebab, petugas medis telah memastikan virus korona tak lagi bersarang di tubuhnya. Sembari beradaptasi kembali, dia meminta warga Desa Kembang mendukung pemulihannya. ‘’Tentunya pemkab juga berterima kasih, karena Pacitan bisa melakukan upaya penyembuhan pasien covid,’’ ucapnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Hendra Purwaka mengungkapkan, cepat lambatnya kepulangan pasien nomor 5 tersebut bergantung daya tahan tubuhnya. Mengingat, hingga kini belum ditemukan obatnya. Selain itu, tingkat tekanan psikologi turut memengaruhi kesembuhan. Dia menyarankan para pasien tidak stres di ruang isolasi. ‘’Kalau tidak stres imun akan meningkat cepat. Obatnya imun itu sendiri,’’ katanya.

Hendra menambahkan, sehari sebelumnya tiga PDP di Pacitan juga dinyatakan negatif penularan. Pun, dapat kembali ke rumah masing-masing setelah hasil rapid test dan uji swab negatif. Meski begitu, tetap karantina mandiri di rumah dan meminimalkan kontak dengan warga. ‘’Saat ini ada delapan pasien positif korona yang dirawat, sementara PDP nol,’’ ungkap Hendra. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close