Pacitan

Satpol PP Tunggu Rekom Bawaslu

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Tahapan kampanye belum dimulai di Pacitan. Namun, sudah banyak alat peraga kampanye (APK) pasangan calon (paslon) yang terpasang di sejumlah lokasi. Bahkan, beberapa di antaranya dianggap melanggar aturan. Namun belum mendapat tindakan tegas dari satpol PP maupun bawaslu.

Plt Kasatpol PP Pacitan Sugeng Widodo mengaku pihaknya masih menunggu perintah eksekusi dari bawaslu. Karena merupakan kewenangan mereka. Tapi, sejauh ini satpol PP telah berkomunikasi dengan tim sukses masing-masing paslon untuk mencopot sendiri APK mereka. ‘’Penertiban dilakukan setelah penetapan nomor urut paslon keluar,’’ kata Sugeng.

Praktis, selama tidak ada mandat dari bawaslu, pihaknya tidak berani melakukan penertiban. Termasuk APK paslon, meskipun, misalnya, jelas-jelas melanggar. Beda halnya jika pemasangannya melanggar perda, seperti banner yang ditempel di pohon atau fasilitas umum, bisa langsung ditertibkan. ‘’Saat ini kami biarkan dulu seperti itu,’’ ujar staf ahli bupati bidang politik, hukum, dan pemerintahan tersebut.

Sugeng menyampaikan, ada mekanisme tersendiri terkait pencopotan APK. Diawali dengan rekomendasi bawaslu ke tim sukses paslon. Apabila tidak ada tindak lanjut, pihaknya diminta membantu penertiban APK oleh lembaga pengawas pemilu tersebut. ‘’Pada intinya kami sudah menjalin komunikasi dan membentuk grup yang bertanggung jawab untuk melepasnya,’’ tandasnya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close