Madiun

Satpol PP Semakin Rajin Razia Rumah Kos

MADIUN – Razia penghuni kos tak beridentitas oleh petugas Satpol PP Kota Madiun terus berlanjut. Rabu (15/5), tiga perempuan tak ber-KTP yang diindikasi sebagai pemandu lagu di kawasan Ring Road Barat diamankan petugas.

Razia itu merupakan bagian dari upaya memberangus penyakit masyarakat saat Ramadan. Ada lima rumah kos di wilayah Manguharjo dan Taman yang menjadi sasaran petugas. Selain di Ring Road Barat, razia rumah kos juga dilakukan di Jalan Podang dan seputaran Lapangan Gulun.

Kasatpol PP Kota Madiun Sunardi Nurcahyono mengatakan, razia dilakukan sebagai upaya cipta kondisi (cipkon) untuk menghormati bulan suci Ramadan. Harapannya, agar masyarakaty bisa menjalankan ibadah secara kusyuk.

Sunardi menyatakan dari hasil razia, petugas  menjaring tiga orang tidak memiliki identitas KTP. Menindaklanjuti hal itu, ketiganya langsung digelandang ke kantor Satpol PP untuk dilakukan pemeriksaan serta diberikan pembinaan. ‘’Kami BAP, lalu kita cek di rumah kosnya untuk menanyakan kepada pemilik kos sudah berapa lama mereka ngekos. Identitasnya nggak ada itu kemana. Harapannya mereka segera memiliki identitas KTP,’’ katanya.

Bagi pemilik kos, kata Sunardi, akan segera dilakukan pemanggilan untuk diberikan pembinaan. Ini karena sesuai aturan yang ada, setiap penghuni rumah kos harus terdaftar dan memiliki identitas KTP. Jika tidak dapat menunjukkan KTP, pemilik rumah kos wajib menolak. ‘’Itu salah satu kewajiban dari pemilik kos,’’ ujarnya.

Sebelumnya, razia serupa juga digelar di Jalan Ciliwung. Di tempat tersebut petugas penegak perda mendapati empat perempuan muda tidak memiliki KTP. Oleh petugas, selanjutnya mereka dibawa ke kantor satpol pp untuk diminta membuat surat pernyataan dan pembinaan. (her/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close