PacitanPolitik

Satpol PP Pacitan Beredel Baliho Bakal Calon Bupati

Melanggar Perda Tempat Pemasangan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Belum jadi apa-apa sudah melanggar aturan. Begitulah perilaku para bakal calon (balon) bupati-wakil bupati (wabup) Pacitan. Mereka ”kampanye” dengan memasang baliho seenaknya. ‘’Yang tidak sesuai penempatannya kami copot,’’ kata Kabid Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Pacitan Tulus Wahyudi Saptono Putro Rabu (15/1).

Satpol PP kemarin memang memberedel reklame di sepanjang jalur Pacitan-Arjosari. Selain reklame bisnis, gambar balon bupati-wabup mendominasi. Petugas pun menurunkannya. Mulai yang berukuran kecil hingga jumbo. Menurut Tulus, meski berizin, namun pemasangan di tempat yang tidak semestinya.

Seperti jembatan, tiang lampu penerangan jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL), hingga pohon peneduh tepi jalan. Di Jembatan Arjosari, misalnya, beberapa baliho bergambar balon bupati membentang di pagar jembatan. Selain melanggar aturan, dinilai membahayakan. ‘’Termasuk yang dipasang di tikungan juga kami copot,’’ imbuh Tulus.

Terbanyak, pelanggaran di tepi jalan. Pun petugas mendapati reklame yang telah kedaluwarsa. Ada juga yang dipasang di pohon tinggi. ‘’Kalau di pohon ayoman (peneduh, Red) itu ditempel pun tidak boleh, apalagi diikat atau dipaku,’’ jelasnya.

Rencananya, penertiban bakal dilakukan di seluruh wilayah Pacitan. Lantaran minim petugas, prosesnya bertahap. Tulus berharap para pemilik baliho sudi mencopot mandiri. Sejak akhir tahun lalu pihaknya sudah mengimbau pemilik mempreteli gambar di tempat terlarang tersebut. ‘’Sudah kami beri waktu satu bulan, tapi masih ada yang belum dilepas,’’ ungkapnya.

Setelah dicopot, alat peraga reklame tersebut diamankan di kantor satpol PP setempat. Tulus mempersilakan pemiliknya mengambil untuk dipasang kembali. Dengan catatan tak lagi melanggar perda yang berlaku. Dia menyebut tak ada sanksi bagi para pemasang gambar bandel tersebut. ‘’Kami tertibkan dulu. Kami sudah koordinasi dengan para tim suksesnya,’’ pungkasnya. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close