Madiun

Satpol PP Bidik Tempat Mangkal PSK Waria di Kecamatan Jiwan

MADIUN – Sejumlah titik di wilayah Kecamatan Jiwan yang ditengarai menjadi lokasi mangkal pekerja seks komersial (PSK) waria terus dipantau. Baik oleh petugas korps penegak perda maupun lembaga penanggulangan AIDS. ‘’Masih dalam pantauan kami,’’ kata Krishna Setiyawan, kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Madiun kemarin (20/2).

Dia mengatakan, dari pemantauan itu kelak ditindaklanjuti dengan penindakan. Pun, membutuhkan trik tersendiri agar penertiban penindakan tidak bocor sebelum petugas sampai di lokasi.

Pemantauan sengaja melibatkan petugas dinas kesehatan lantaran wilayah Jiwan diketahui memiliki angka kasus HIV/AIDS tertinggi di Kabupaten Madiun. ‘’Kuat dugaan penyebabnya praktik seperti itu (prostitusi, Red),’’ ujar Kepala Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Madiun Agrim Churnia.

Untuk itu, pihaknya rutin mengecek kondisi kesehatan dan tes VCT kelompok risiko tinggi. Saat itu pula mereka diberi wawasan agar menggunakan alat  kontrasepsi saat melakukan hubungan seks.

Agrim menyebut, selain PSK waria, tes VCT juga menyasar penjaja cinta di warung remang-remang. ‘’Kalau terdeteksi lebih dini, bisa dilakukan pengobatan lebih maksimal,’’ ujarnya. (mg4/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button