Pacitan

Satgas Penanggulangan Covid-19 Pacitan Identifikasi Klaster Magetan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Penelusuran santri asal ponpes di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Magetan, juga dilakukan oleh Satgas Penanggulangan Covid-19 Pacitan. Hingga Rabu (22/4) proses pendataan masih terus berlangsung. ‘’Sudah kami bahas dalam rapat pada Selasa malam (21/4). Kami akan telusuri adakah warga Pacitan yang (belajar) di Temboro atau mengikuti kegiatan di sana,’’ kata Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Pacitan Rahmad Dwiyanto.

Dia menyatakan, tracing para penghuni pondok yang pernah kontak erat dengan santri positif korona yang kini sudah di Malaysia, memang tidak mudah dilakukan. Pihaknya memerlukan pasokan data dari pihak ponpes dan pemerintah desa (pemdes).

Meski demikian, Rahmad mengungkapkan bahwa pada Maret lalu pihaknya mendapati ada seorang warga Punung yang pulang dari ponpes tersebut. Yang bersangkutan telah menjalani karantina mandiri. Hasil pemeriksaan kesehatannya juga menunjukkan negatif Covid-19 kendati sempat mengeluh sakit flu. ‘’Kemungkinan akan kami tracing lagi. Kami cari data potensi penularannya,’’ terang mantan kadinkes itu.

Selain menelusuri keberadaan santri dari Temboro, satgas juga tidak luput memantau ponpes di Pacitan. Hanya, pemantauan dilakukan secara formalitas. Sebab, seluruh santri yang ada telah dipulangkan ke kampung halaman mereka masing-masing sejak awal bulan lalu. ‘’Yang jadi pertimbangan nanti saat mereka kembali ke Pacitan. Tentu akan kami lakukan pemeriksaan kesehatan juga,’’ ujar Rahmad.

Pemantauan serupa juga dilakukan pada warganya yang berasal dari klaster pelatihan haji Sukolilo. Masing-masing di wilayah Kecamatan Pacitan dan Tegalombo. Kondisi itu dilakukan menyusul bertambahnya seorang pasien dalam pengawasan (PDP). Dengan demikian, sudah ada sembilan orang PDP yang telah selesai maupun masih dirawat di rumah sakit. ‘’Tambahan satu PDP itu sekarag dirawat di RSUD dr Harjono, Ponorogo. Tapi, yang bersangkutan merupakan warga Pacitan,’’ ungkap pria yang juga menjabat kepala diskominfo itu. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close