Ponorogo

Sarang Tawon Ndas Ancam Siswa SMPN 2 Ponorogo

Dilumpuhkan dengan Air Detergen

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Ribuan ekor tawon ndas dimusnahkan dari halaman rumah warga di Jalan Sembodro. Pasalnya, keberadaan sarang lebah berbahaya tersebut mengancam siswa SMPN 2 Ponorogo karena hanya berjarak sekitar lima meter dari ruang kelas sekolah itu. ‘’Apalagi, sarangnya cukup besar,’’ kata Sunarso, warga setempat, Rabu (18/12).

Sarang hewan bernama latin Vespa affinis berdiameter sekitar 50 sentimeter itu bertengger di pohon cokelat. Tak jauh dari sarang tersebut ada deretan ruang kelas sisi timur SMPN 2. Hanya dipisah pagar setinggi dua meter. ‘’Tawon ndas itu ada suara motor saja bisa terganggu. Ini membahayakan orang di sekitarnya,’’ ujar Sunarso.

Setelah mendapat laporan warga, satpol PP menerjunkan satu regu ke lokasi menggunakan mobil pemadam kebakaran (damkar). Lantaran jarak sarang yang sangat mepet, petugas menutup rapat celah-celah ventilasi ruang kelas. ‘’Cukup menyulitkan karena sangat dekat dengan ruang kelas. Ada banyak siswa di sana,’’ kata Sudarsono, salah seorang anggota regu damkar.

Lima petugas beraksi dengan menyemprotkan air dari mobil damkar. Sebelum disemprotkan, terlebih dahulu air dicampur detergen untuk melumpuhkan ribuan serangga berbahaya itu. Kurang dari 30 menit, sarang tawon bisa diamankan.

Sudarsono meminta warga melapor jika mendapati sarang tawon ndas di sekitar tempat tinggalnya. ‘’Sampai saat ini sudah ada 40 titik sarang tawon ndas yang telah kami amankan,’’ ungkapnya. (naz/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close