AdvertorialMagetan

Santri Wajib Disiplin Terapkan Prokes

Cegah Covid-19, Dinkes Sosialisasi ke 5 Ponpes  

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur terus menyosialisasikan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 di masa adaptasi kebiasaan baru secara masif.  Tidak terkecuali di kalangan santri pondok pesantren (ponpes). Ada lima ponpes di Magetan yang menjadi sasaran program tersebut.

Sosialisasi sekaligus pembinaan itu digelar selama dua hari mulai Senin (16/11) hingga kemarin (17/11). Materi pokoknya seputar 3M. Yakni, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak. ‘’Kami berkolaborasi dengan tim Dinkes Magetan,’’ ujar staf Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Jatim Diyah Werdiningtyas.

Dia menegaskan, prokes tersebut harus diterapkan di segala kegiatan di lingkungan ponpes. Mulai pertemuan, ibadah, hingga pengajian. ‘’Para santri harus paham dalam menghadapi setiap permasalahan kesehatan di lingkungan ponpesnya. Terlebih kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir,’’ tuturnya.

Selain penerapan prokes, Diyah meminta para santri intens berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, serta melakukan pengecekan kesehatan rutin. ‘’Kami terus memantau ponpes-ponpes. Jika penerapan protokol kesehatannya belum berjalan baik akan kami berikan arahan,’’ tambahnya.

Kasi Promkes Dinkes Magetan Totok Aprijanto berharap lima ponpes sasaran pembinaan adaptasi kebiasaan baru itu bisa menjadi percontohan untuk 49 ponpes lainnya di daerah setempat. ‘’Setelah ini diharapkan semua ponpes bisa bersama-sama menegakkan disiplin prokes di lingkungannya,’’ tuturnya. (ebo/odi/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button