Ponorogo

Santri Temboro Datang, Ipong Surati Kang Woto

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Santri asal pondok pesantren (ponpes) di Temboro, Karas, Magetan,  yang datang ke Ponorogo terus bertambah. Sampai Rabu malam lalu (22/4), jadi 56 orang. Dua di antaranya menunjukkan hasil reaktif setelah menjalani rapid test. Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni pun menyurati Bupati Magetan Suprawoto (Kang Woto). ‘’Memohon Pemkab Magetan untuk menutup sementara Temboro. Seperti lockdown,’’ kata Ipong Kamis (23/4).

Ipong menyebut, jumlah santri asal Temboro yang datang ke Ponorogo terus bertambah sejak sepekan lalu. Satgas Penanggulangan Covid-19 Ponorogo telah melakukan rapid test pada 27 orang. Hasilnya, dua orang reaktif. Sisanya di-rapid test kemarin. ‘’Informasinya, santri dari Temboro ini akan datang cukup banyak hari ini (kemarin, Red). Jadi, datanya terus bergerak dengan cepat,’’ bebernya.

Menurut Ipong, santri Temboro seharusnya tidak diizinkan pulang. Sebaliknya, orang dari luar tidak diizinkan masuk. ‘’Karena menurut saya, Temboro bisa jadi klaster baru. Ada ribuan santri di sana,’’ ujar bupati.

Sejak santri Temboro mulai berdatangan, Ipong memerintahkan pemerintah kecamatan, kelurahan, dan desa-desa memperlakukan khusus. Siapa pun, termasuk pengantar dan penjemput, langsung masuk tempat isolasi umum yang disiapkan.

Tidak boleh isolasi mandiri. Dari 56 orang tersebut, ada 16 orang yang kini diisolasi di SDN 2 Badegan. ‘’Sisanya menyebar di tempat-tempat isolasi desa maupun kelurahan. Mereka tidak diperkenankan bertemu siapa pun. Jadi, begitu sampai Ponorogo harus langsung masuk tempat isolasi umum,’’ tegasnya.

Untuk mencegah santri Temboro berkeliling ke masjid-masjid, Ipong segera menerbitkan surat edaran ke seluruh masjid dan musala. Mereka hanya boleh menyelenggarakan ibadah untuk jamaah di lingkungan sekitar. Orang-orang dari luar tidak boleh masuk masjid atau musala. ‘’Kami juga akan lakukan uji swab kepada santri yang reaktif rapid test. Jika menunjukkan gejala, langsung diisolasi di RSUD dr Harjono,’’ jelasnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close