Pacitan

Sampah Menumpuk di Pancer Door

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pantai Pancer Door, Pacitan, kumuh beberapa hari terakhir. Pasir di sepanjang objek wisata itu dipenuhi tumpukan sampah. Seperti ranting pohon, patahan bambu, dan sampah rumah tangga. ‘’Sampah ini bawaan dari Sungai Grindulu yang beberapa hari ini meluap,’’ kata Sunarto, warga sekitar pantai, Selasa (3/3).

Menurut dia, pemandangan banyak sampah lazim terjadi ketika Sungai Grindulu banjir. Sebab, alirannya bermuara di Pancer Door. Keberadaan sampah membuat keindahan pantai menghilang. Kenyamanan pengunjung terganggu bila objek wisata kotor. ‘’Kalau terus dibiarkan, minat wisatawan datang bisa berkurang,’’ ujarnya.

Dia berharap kegiatan bersih-bersih semakin digalakkan. Tidak hanya ketika aksi masal membersihkan pantai saat Jumat. ‘’Sia-sia kalau di kemudian hari sampah kembali memenuhi pantai,’’ ucapnya.

Ika Puji Rahayu, petugas loket Pantai Pancer Door, menyebut ada kegiatan pembersihan sekali dalam sepekan. Kerja bakti dilakukan bukan hanya oleh petugas kebersihan, melainkan juga kelompok sadar wisata (pokdarwis), warga sekitar, dan komunitas lainnya. ‘’Jadi, jangan mengira tidak pernah dibersihkan,’’ katanya. (mg2/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button