Ngawi

Sambut Imlek, Kelenteng Sien Hien Kiong Mulai Sibuk

Bersihkan Rupang Bersihkan Diri

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Warga keturunan Tionghoa di Bumi Orek-Orek mulai menyiapkan perayaan tahun baru Imlek. Tak terkecuali di Kelenteng Sien Hien Kiong. Selasa pagi (21/1) tampak belasan orang melakukan tradisi bersih-bersih rupang dan altar.

Ada belasan rupang di kelenteng tersebut. Bahannya dari keramik dan sebagian lainnya kayu. ‘’Yang dari kayu dibersihkan menggunakan kuas agar debunya hilang. Sedangkan yang dari keramik pakai air dan lap,’’ kata Anton Setiawan, ketua Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Sien Hien Kiong.

Dia mengungkapkan, bersih-bersih kelenteng dilakukan rutin menjelang  tahun baru Imlek. Waktu pelaksanaannya tidak memiliki patokan khusus, melainkan berdasarkan kesepakatan jemaat. ‘’Biasanya seminggu sebelum tahun baru Imlek,’’ ujarnya.

Selain rupang, sejumlah jemaat kemarin juga membersihkan altar kelenteng. Tujuannya menyiapkan tempat yang bersih untuk para dewa-dewi ketika mereka kembali turun pada hari keempat setelah Imlek. ‘’Sekaligus mengandung makna membersihkan diri,’’ imbuh Anton.

Tradisi bersih-bersih juga menyasar berbagai peranti peribadatan. Mulai gelas hingga hio lo atau tempat dupa tidak luput dibersihkan. ‘’Abu disaring untuk dipisahkan dengan bekas dupa,’’ terangnya.

Berbeda dengan peranti lainnya, hio lo yang berbahan kuningan itu tidak cukup dilap dan dihilangkan debunya. Melainkan juga dipoles kembali agar tambak mengkilap. ‘’Pakai alat khusus memolesnya,’’ pungkasnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close