Advertorial

Sambut Hari Jadi Kota Madiun, 309 Anak Dikhitan Massal

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Secara bergantian, puluhan anak usia sekolah dasar (SD) menunggu giliran untuk dikhitan. Begitu berbaring di atas tempat tidur, ada peserta yang menangis. Beberapa di antaranya khusyuk memanjatkan doa. Itulah situasi khitan massal gratis dalam rangka HUT Kota Madiun ke-103 di Rumah Dinas Wali Kota Madiun, Selasa (8/6).

Total tahun ini ada 309 anak yang dikhitan. Proses khitan digelar di tiga tempat berbeda selama 8–10 Juni. Salah satunya di rumah dinas wali kota. Peserta khitan juga mendapatkan uang saku, bingkisan, dan kontrol gratis ke puskesmas.

Wali Kota Madiun Maidi merasa senang dan bangga terselenggaranya kegiatan tersebut. ‘’Pelaksanaan khitan diberlakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Baik itu kepada peserta khitan, pengantar, dan tenaga medis,’’ katanya.

Pihaknya membuka lebar bagi anak lain yang memang ingin di khitan. Maidi mempersilakan untuk mendaftar ke panitia tanpa dipungut biaya. ‘’Tenaga medis bukan hanya dari pemkot, tetapi kami juga bekerja sama dengan salah satu yayasan spesialis khitan,’’ ungkapnya.
Adapun metode khitan menggunakan satu ring. Kelebihannya setelah disunat, peserta tidak akan merasa kesakitan ketika akan buang air kecil. ‘’Khitan ring itu aman. Mau kencing nggak sakit, mau lari-lari nggak apa-apa,’’ kata Maidi.

Sementara itu salah seorang tua anak yang dikhitan, Ari mengaku senang karena sunat gratis sangat membantu bagi keluarga yang tak mampu. Apalagi tak hanya dikhitan, anak-anak diberikan santunan uang dan perlengkapan anak lainnya. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button