Madiun

Saluran Kartini, Disulap Jadi Pedestrian untuk Tempat Kulineran

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pilihan tempat makan-makan di Kota Madiun bakal semakin banyak. Terbaru, pemkot menyulap saluran di utara Kodim 0803 menjadi jalur pedestrian tembus ke kantong parkir eks gedung SMPN 12 Jalan Sumatera. Sepanjang jalur tersebut diproyeksikan sebagai sentra kuliner. Pun, pengerjaan tetap berjalan meski sedang di masa PPKM darurat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun Suwarno mengungkapkan, pengerjaan diawali dengan pengerukan saluran. Dilanjutkan pemasangan box culvert yang merupakan item pekerjaan dengan bobot paling tinggi.

Dia menjelaskan, penataan saluran tersebut terkoneksi dengan Pahlawan Street Center (PSC). Dari pedestrian Jalan Pahlawan menyambung ke saluran Kartini dan tembus Jalan Sumatera. Kemudian, ke selatan hingga balai kota, Sumber Wangi, Sumber Umis, dan pusat perbelanjaan. ‘’Proyeksi ke depan mendorong ekonomi di kota ini,’’ tuturnya, Senin (19/7).

Kelak, lanjut Suwarno, sepanjang Jalan Pahlawan dilengkapi berbagai sentra. Selain kuliner, ada sentra seni, oleh-oleh enam negara, kerajinan lokal, hingga UMKM. ‘’Tentu akan menghasilkan multiplier effect. Selain penataan saluran, juga untuk ekonomi kreatif,’’ terangnya.

Dia menambahkan, pembangunan pedestrian itu digelontor anggaran Rp 700 juta dari pos APBD melalui sistem lelang dengan harga penawaran Rp 587 juta dan terkoreksi dengan nilai harga yang sama. ‘’Semua pekerjaan fisik kami targetkan selesai November,’’ pungkasnya. (kid/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button