Madiun

Saluran Air Sempit Jadi Biang Banjir

MADIUN – Sempitnya saluran air di kawasan Jalan Jalak, RT 1 RW 1, Kelurahan Nambangan Kidul, dituding jadi biang kerok banjir. Jumat kemarin (22/2) air menggenangi tiga rumah di kawasan tersebut. Tak ingin terulang, Minggu kemarin (24/2) warga bergotong royong membersihkan sampah yang menutup saluran. ’’Jadi, sudah salurannya sempit, ketutup sampah pula,’’ kata Nanik, istri ketua RT 1 RW 1.

Permasalahan utama itu sudah dirasakan sejak lima tahun terakhir. Pun, pihak RT telah mengajukan sebanyak lima kali dalam setiap musrenbang untuk pelebaran irigasi. Namun, sampai saat ini belum ada tanggapan. ’’Pernah juga disampaikan ke Pak Wali Kota saat pertemuan kelurahan,’’ bebernya.

Permasalahan kian bertambah saat mengetahui oknum dari Kelurahan Josenan dan Kuncen yang sengaja membuang sampah ke sungai. Sehingga ketika hujan deras mengguyur, rawan genangan air. ’’Sampah sampai ada yang masuk ke rumah Pak Rusdi, warga Kuncen, dekat dengan RT sini,’’ paparnya.

Dia berharap ada perhatian serius dari pemkot. Apalagi  sekarang daerah resapan banyak  berdiri perumahan. Sehingga dikhawatirkan menambah masalah banjir lantaran debit air kian bertambah. ‘’Sekarang baru terasa dampaknya,’’ ujarnya. (mg2/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button