AdvertorialMagetan

Saling Mengisi dan Mengingatkan

MAGETAN – Bupati Magetan Suprawoto memiliki penilaian tersendiri untuk koran Radar Madiun. Apalagi informasinya menyajikan yesterday news. Dalam penulisan berita, harus pandai-pandai mencari angle. Apalagi, jika berita tersebut seputar peristiwa. Sudah tak penting lagi membahas kronologi. Sudah kalah cepat oleh media online. ‘’Akan lebih baik mengambil sisi yang lain. Yang tidak seperti media online,’’ terang Suprawoto.

Kemampuan media cetak dalam meng-update sebuah peristiwa memang kurang. Dalam hal waktu, media online pasti lebih menang. Karena pemberitaan media online hampir real time. Namun, bukan berarti media cetak tidak bisa memberitakannya. Selagi informasi yang disampaikan berbeda dan akurat, media cetak bakal tetap dicari pembacanya. Ada daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki media elektronik. ‘’Supaya berita tidak terkesan basi,’’ katanya.

Namun, Radar Madiun kini sudah bisa mengimbangi media online yang update setiap saat. Sudah ada versi digital koran ini. Pun, media sosial dimanfaatkan untuk memberikan sedikit informasi. Tetap versi cetak yang mengulas habisnya. Masyarakat yang berada diluar daerah yang tidak bisa berlangganan Koran ini pun, tetap dapat informasi seputar Madiun Raya. ‘’Perkembangan teknologi ini memang tidak bisa dihindari. Harus diikuti,’’ jelasnya.

Sebagai media cetak, diakui Kang Woto -sapaan Suprawoto, Radar Madiun harus menempatkan diri sebagai rujukan kebenaran. Masyarakat sebagai pembaca selalu menempatkan media cetak, seperti Radar Madiun sebagai media mainstream. Sehingga, informasi yang diterima tidak ditelan mentah-mentah lalu menyebarkannya. Melainkan mencari referensi yang bisa dipertanggungjawabkan. ‘’Harus mampu menangkal hoax,’’ terangnya.

Dari koran ini pula, mantan Sekjen Kekominfo itu mendapatkan referensi. Misalnya saja, kehidupan warga miskin yang membutuhkan bantuan. Dengan di-blow up, dia tahu kondisi masyarakatnya. Bantuan pun bisa datang dari berbagai penjuru. Bukan karena pemkab yang tidak sigap. Namun, media merupakan partner pemerintah yang menginformasikan pembangunan. ‘’Saling mengisi dan mengingatkan,’’ pungkasnya. (bel/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button