Pacitan

Saling Lempar Tanggung Jawab Pemakaman Pasien Covid-19

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Penanganan jenazah pasien Covid-19 di Pacitan menjadi masalah. Jenazah acap telantar berjam-jam. Para petugas saling lempar tanggung jawab mengantar jasad ke pemakaman. Persoalannya karena tidak ada petugas khusus.

Hal itu diakui oleh Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Pacitan Rahmad Dwiyanto. Dia tak menampik proses pemakaman pasien terkonfirmasi dipersoalkan. Karena itu pihaknya berencana membuat regulasi baru yang mengatur tentang pelaksanaan pemakaman tersebut. ‘’Pemakaman bakal diserahkan ke pemerintah desa,’’ katanya, Kamis (14/1).

Adapun pemerintah desa (pemdes) kebagian tugas menggotong jenazah dari ambulans hingga ke liang lahat. Sedangkan, petugas kesehatan menyiapkan properti mulai hazmat, sarung tangan, hingga perlengkapan kesehatan lainnya. Sementara pemulasaraan ditangani RSUD dr Darsono. ‘’Jadi, RSUD bertanggung jawab mulai memandikan, menyalatkan, hingga mengantarkan ke alamat pasien,’’ jelas kepala Diskominfo Pacitan itu.

Hal serupa juga berlaku pada pasien suspect Covid-19 yang meninggal di rumah. Petugas RSUD wajib menjemput untuk pemulasaraan. ‘’Jadi, tidak ada lagi lempar tanggung jawab karena tugas masing-masing sudah jelas,’’ tegasnya. (gen/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close