News

Salah Satu Prinsip Demokrasi Adalah Al-amanah Maksudnya

×

Salah Satu Prinsip Demokrasi Adalah Al-amanah Maksudnya

Share this article

Salah Satu Prinsip Demokrasi Adalah Al-amanah Maksudnya – Ink Media – Ayat Alquran yang dinilai aktivis Muslim Ustazah Wiwing Noraeni tidak sesuai dengan prinsip demokrasi.

Jika Tuhan menghendaki, jika Tuhan menghendaki, jika Tuhan menghendaki, jika Tuhan menghendaki, jika Tuhan menghendaki. Tuhan memberkati

Salah Satu Prinsip Demokrasi Adalah Al-amanah Maksudnya

Sesungguhnya Allah memerintahkan kamu untuk menyampaikan risalah itu kepada orang-orang yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan suatu hukum di antara manusia, maka kamu menegakkannya dalam kesalehan. Sesungguhnya Allah adalah guru yang terbaik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Al Amin Artinya Dapat Dipercaya, Kenali Sifat Baik Rasulullah

“Ayat ini tidak cocok jika ingin menjelaskan prinsip-prinsip demokrasi. Dalam demokrasi, kekuasaan adalah amanah, artinya ketika seseorang terpilih, maka dialah yang diberi amanah untuk menjalankan pendapat rakyat, yang kemudian dikatakan sebagai amanat. amanah sebagai kekuasaan,” ujarnya. Judul MMC kuntum khaira ummah: Demokrasi, Apakah Berdasarkan Ayat Alquran?Jumat (28/10/2022) di saluran YouTube Muslimah Media Center.

Menurutnya, ayat tersebut sebenarnya tidak bermakna, karena amanah bukan berarti percaya menurut hukum manusia, melainkan percaya menurut hukum Tuhan. Kita lihat dari tafsir Ibnu Katsir yang menjelaskan QS. An-Nisa ayat 58 bahwa Allah SWT mengajak kita untuk bertawakal kepada ahlinya. Inilah yang dimaksud dengan amanah di sini, yang sesuai dengan Al-Quran dan Hadits. Dia berkata.

Ustazah Wiwing juga menjelaskan bahwa amanah adalah pemenuhan kewajiban kepada Allah SWT seperti shalat, puasa, zakat dan yang berkaitan dengan muamalah yaitu hubungan antara seseorang dengan orang lain seperti jual beli, sewa, dan lain-lain.

Jadi singkatnya amanah itu maksudnya bagaimana hubungan antara manusia dengan Allah, hubungan antara manusia dengan manusia lain itu harus diatur menurut hukum yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Jadi amanah yang dimaksud di sini adalah yang sesuai dengan perintah Allah, sesuai ajaran Islam,” ujarnya. .

Aswaja Uas Kls Xi Ganjil

Kalau dikatakan dalam demokrasi, seorang penguasa yang diangkat dan dipilih oleh rakyat harus amanah, lanjutnya, artinya harus menjalankan amanah rakyat dan tentunya menegakkan hukum yang ditetapkan oleh negara. bertentangan dengan ketentuan bagian ini.

Kedua, ayat selanjutnya yang diuraikan sesuai dengan prinsip demokrasi yaitu Qs. Surat Al-Imran ayat 159 yang menjelaskan bacaannya. “Oleh karena itu maafkanlah mereka dan mohon ampun kepada mereka dan konsultasikanlah kepada mereka mengenai hal tersebut. Kemudian apabila kalian sudah mengambil keputusan, bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya,” ujarnya. .

Ustazah Wiwing mengatakan ayat ini menjelaskan tentang musyawarah, Allah memerintahkan umat Islam untuk bermusyawarah, namun sebenarnya terdapat perbedaan yang sangat mendasar antara konsep musyawarah dalam demokrasi dengan konsep musyawarah dalam Islam. “Dalam demokrasi, terjadi musyawarah dalam segala hal, dalam segala hal, termasuk urusan kenegaraan, penyelesaian masalah, peraturan perundang-undangan, melalui musyawarah, itulah demokrasi,” jelasnya.

Baca Juga  Organisasi Pada Zaman Pendudukan Jepang Yang Dipimpin Oleh Empat Serangkai Adalah

“Padahal dalam Islam tidak demikian, menurut Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani dalam Sakhsiyah Islamiyah juz 1 menjelaskan tentang masalah musyawarah bahwa dalam Islam pembentukan pendapat tidak selalu dilakukan dengan musyawarah, melainkan kolektif,” lanjutnya.

Lafal Di Atas Artinya

“Ustazah Wiwing juga menjelaskan bagian-bagian tersebut, pertama kalau menyangkut hal-hal yang diperbolehkan, seperti terkait sarana dan prasarana, maka musyawarah dan pemungutan suara diperbolehkan di sana,” jelasnya.

Kedua, dalam urusan hukum dan peraturan, Islam memerintahkan agar mereka dikembalikan kepada hukum Allah, dikembalikan kepada syara’, sehingga tidak dikembalikan kepada pertimbangan, melainkan dikembalikan kepada Allah. prostitusi merajalela, terus solusinya apa? “Harusnya dilokalkan saja atau misal gimana penyelesaiannya sih, akhirnya dibahas disana lalu di vote, lalu pendapat mayoritas setuju untuk dilokalisasi, akhirnya perzinahan ini aktivis dilokalisasi berdasarkan musyawarah dan pemungutan suara,” jelasnya.

“Tentunya berbeda dengan Islam, karena yang jelas masalah prostitusi itu zina dan haram, jadi tidak ada kompromi dalam masalah haram, jadi tentu saja penyelesaiannya tidak bisa dilokalisir. Jadi dalam Islam dikembalikan ke hukum syariah, jadi beda sekali.. yang jelas tidak bisa menemukan solusi, baik untuk pertimbangan maupun pemungutan suara atau pemungutan suara,” lanjutnya.

Ketiga, mengenai hal-hal yang memerlukan ilmu yang mendalam, Islam memerintahkan agar hal-hal tersebut dikembalikan kepada ahlinya, seperti dalam menentukan apakah suatu daerah memerlukan jembatan yang kokoh, kuat, dan tahan gempa. dan “Selanjutnya tentu saja hal-hal tersebut tidak lagi diperdebatkan dan ditentukan berdasarkan hukum syariah, tetapi kembali pada pendapat para ahli pembangunan jembatan,” ujarnya.

Memfitnah Imam Malik

Ustazah Wiwing juga mengatakan, meski boleh, tapi sudah ditentukan. “Contohnya dalam sebuah forum, kalau kita mau field trip ke suatu tempat, entah itu tempat terbuka, tempat belajar ilmu pengetahuan dan teknologi dan lain sebagainya, tentu itu diperbolehkan ketika kita hanya sekedar berekspresi. Kita mau mengambil keputusan, jadi di sini boleh musyawarah dan itu menjadi dasar, ujarnya.

“Ini jelas berbeda dengan demokrasi yang semua orang membicarakan hal-hal yang jelas seperti zina, miras, dan tidak perlu bermusyawarah. Padahal, dalam hal seperti itu tidak mungkin, musyawarahnya harus dikembalikan ke hukum syariah, bahwa suatu saat di QS Al-Imran dikatakan sesuai dengan prinsip demokrasi, tentu itu pendapat yang salah,” jelasnya.

Orang-orang yang mendukung demokrasi mengatakan bahwa prinsip-prinsip demokrasi sejalan dengan Islam. Mari kita perhatikan ayat ini. Jika kita perhatikan penafsiran makna keadilan dalam surat An-Nisa, keadilan itu menurut hukum Allah dan bukan menurut pandangan manusia, maka menurut demokrasi keadilan itu menurut pandangan manusia, misalnya keadilan menurut pandangan manusia. keadilan. warisan adalah sama bagi laki-laki dan perempuan. Hal ini dianggap adil. “Padahal dalam konsep Islam, keadilan itu menurut hukum Islam, jadi misalnya dalam hal waris, perbandingannya 1:2 laki-laki terhadap perempuan.” Ini hanya karena dia hanya bisa menyelamatkan melalui hukum Tuhan. keadilan”. Dia berkata.

Baca Juga  Waas Hartina

Ia mencontohkan, di antara ayat-ayat Al-Qur’an yang diklaim oleh para pendukung demokrasi terdapat ayat-ayat yang mengandung prinsip-prinsip demokrasi, sehingga demokrasi dianggap sesuai dengan Islam, namun kenyataannya tidak. Ayat-ayat Alquran yang kita bahas tadi tidak ada hubungannya dengan demokrasi, jadi demokrasi ini adalah sistem pemikiran kufur yang bersumber dari orang-orang kafir yang menentang Islam, ujarnya.

Hiruk Pikuk Pemilihan Dekan

“Tentunya sebagai umat Islam kita tidak bisa menerima khaira ummah (ummat yang terbaik), kita hanya menerima segala sesuatu baik itu pemikiran, hukum dan aturan, hanya yang datangnya dari Allah, barulah kita bisa kembali kepada khaira ummah wallahu” lam bissawab, “pungkasnya .[] Erna Nuri Widiastuti Prinsip demokrasi Islam disebutkan dalam berbagai ayat Al-Qur’an. Prinsip ini diterapkan bahkan pada masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin.

“Realitas dan prinsip demokrasi Islam telah dianut sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Namun setelah itu, prinsip ini tidak berlaku lagi di beberapa negara Islam,” tulis Dr. HM Zainuddin, MA dalam Islam dan Demokrasi.

Artikel yang diunggah di website UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini menjelaskan tentang lima prinsip demokrasi Islam. Penjelasannya diakhiri dengan ayat Al-Quran terkait, beserta penjelasannya,

Prinsip ini menjelaskan bagaimana mengambil keputusan berdasarkan kesepakatan bersama, dengan mengutamakan kepentingan umum dibandingkan individu atau kelompok. As-syura dijelaskan dalam ayat:

Contoh Khutbah Jumat Singkat Berbagai Tema Menarik Dan Terbaru

Artinya: “Dan (bagi) orang-orang yang menerima (menaati) seruan Tuhannya dan berdoa, dan urusan-urusan mereka (diputuskan) di antara mereka dengan musyawarah; dan mereka menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.”

Artinya hukum ditaati dalam berbagai bidang kehidupan agar adil dan bijaksana bagi semua orang. Sebuah ayat Alquran yang menjelaskan prinsip ini:

Artinya : “Bersikaplah adil, karena keadilan itu lebih dekat dengan ketakwaan. Dan bertakwalah kepada Allah, niscaya Allah mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.”

وَقُلْ آَمَنتُ بِمَا انزَ اللهُ من كتبٍ ہ والمر بیننن

Materi Kel 5 Model Demokrasi

Arab Latin: wa qul āmantu bimā anzalallāhu ming kitāb, wa umirtu li`a’dila bainakum, allāhu rabbunā wa rabbukum, lanā a’mālunā wa lakum a’mālukum, lā ḥujjata bainanā wa bainajmakum, wabainalahu

Baca Juga  Berpikir Komputasional Yaitu Cara Berpikir Untuk

Artinya: “Aku beriman kepada seluruh kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan untuk berlaku adil di antara kalian. Allah adalah Tuhan kami dan Tuhan kalian. Bagi kami amal kami dan bagi kalian amal kalian. Tidak ada perselisihan antara kami dan kalian.” “Allah akan mengumpulkan di antara kita dan kita akan kembali kepada-Nya.”

Semua pihak yang berkomitmen terhadap demokrasi mempunyai kewajiban untuk menjunjung tinggi amanah yang dipercayakan kepada musyawarah. Prinsip amanah terdapat dalam QS An-Nisa ayat 58,

Artinya : “Sesungguhnya Allah memerintahkan kamu untuk menyampaikan risalah tersebut kepada orang-orang yang berhak menerimanya, dan (memerintahkan kamu) ketika kamu membuat suatu hukum di antara manusia untuk mengambil keputusan secara adil.”

Memilih Partai Politik Dan Calon Legislatif

Setiap umat Islam harus menyadari bahwa kedudukan dan kekuasaan merupakan amanah yang harus dipenuhi. Orang yang diberi amanah harus mempertanggungjawabkannya kepada Allah SWT dan orang yang mempercayakannya. Nabi SAW menyebutkan prinsip tanggung jawab dalam hadisnya,

Bagi seorang Muslim, kebebasan harus disertai dengan tanggung jawab. Jangan biarkan penggunaan kebebasan tanpa batas sehingga merugikan lingkungan sekitar. Ayat ini mengingatkan kita akan kebebasan dalam demokrasi,

Artinya: “Dan hendaklah di antara kamu ada sekelompok orang yang menyerukan kebajikan, memerintahkan yang baik dan melarang yang buruk; merekalah yang beruntung.”

يَّيهَا ٱلَّذِينَ ءَامنُواِ atِيعُواِ اللہ و و و و و و و و و ت يَّيهَا و و و و و و و و و و َٱلرَّسُولِ

Soal Pts Pai Dan Budi Pekerti Kelas Xii Sma Negeri 60 Jakarta

Arab Latin: Yā ayyuhallażīna āmanū aṭī’ullāha wa aṭī’ur-rsūhla wa ulil-amri mingkum, fa in tanāza’tum fī syai`in fa ruddûhu ilallāhi war-rsūhl

Artinya: “Dan orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kalian. Maka jika kalian berbeda pendapat dalam suatu hal, kembalikan kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (Sunnah).”

Dengan penjelasan tersebut, Islam dan demokrasi sebenarnya bisa berjalan beriringan, meski secara empiris berbeda. Islam adalah wahyu

Salah satu upaya perbaikan pelaksanaan demokrasi adalah, prinsip prinsip demokrasi adalah, salah satu ciri negara demokrasi adalah, salah satu gejala aids adalah, asuransi kesehatan adalah salah satu contoh kegunaan, salah satu asas pokok demokrasi adalah, salah satu golongan yang berhak menerima zakat adalah gharim maksudnya adalah, salah satu ciri negara yang menganut sistem demokrasi adalah, salah satu unsur kunci demokrasi menurut lyman tower sargent adalah, salah satu manfaat khitan adalah, prinsip pokok demokrasi pancasila adalah, salah satu prinsip demokrasi yang berlaku secara universal adalah