Advertorial

Sakip Ngawi Berpredikat A, Ony-Antok Wujudkan Good Governance

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Predikat good governance layak disematkan kepada Pemkab Ngawi. Buktinya, Ngawi selalu sukses meraih predikat A untuk penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dalam tiga tahun beruntun. Skor yang diperoleh juga terus meningkat. ‘’Ini menunjukkan tingginya komitmen kami dalam mewujudkan good governance,’’ kata Bupati Ony Anwar Harsono, Senin (3/5).

Kemen PAN-RB menyematkan skor 81,23 atas kinerja Pemkab Ngawi 2020 lalu. Angka tersebut meningkat sejak 2018. Di tahun tersebut, Ngawi mencatatkan skor 80,02 (predikat A). Sementara pada 2019 skor yang dicatatkan sebesar 80,56 (juga predikat A). ‘’Jika diibaratkan sebuah orkestra, gubahan nada musik yang dihasilkan padu karena nada yang dimainkan antara pemain musik harmonis. Sehingga enak didengarkan,’’ ujarnya.

Ony mencontohkan bidang pertanian yang menjadi skala prioritas pemerintahannya. Sebagai dirigen orkestra, Ony bersama Wakil Bupati (Wabup) Dwi Rianto Jatmiko mengarahkan semua perangkat daerah agar program dan kegiatannya menunjang pembangunan di bidang pertanian. ‘’Misalnya dinkop UM mendukung UMKM yang menjual hasil pertanian kita. Lalu DPUPR memperhatikan perbaikan irigasi dan jalan untuk sektor pertanian,’’ papar Ony.

Menurut dia, harmonisasi dan sinkronisasi antar perangkat daerah harus berorientasi pada hasil. Setiap perangkat daerah harus mampu menekan ego sektoral demi keberhasilan pemkab. ‘’Kalau bekerja sendiri-sendiri akan sulit. Dalam orkestra saja, jika satu pemain tidak sinkron akan membuat petikan nada pemain lainnya tidak enak didengar,’’ tuturnya.

Wabup Dwi Rianto Jatmiko berharap capaian predikat SAKIP A selama tiga tahun berturut-turut menjadi motivasi seluruh perangkat daerah. Pelayanan kependudukan, kesehatan, jaminan sosial, perizinan, dan lainnya, sama pentingnya untuk seluruh warga Ngawi. ‘’Jangan sampai satu rupiah pun APBD yang keluar tidak dirasakan oleh masyarakat,’’ tegas Antok, sapaan Wabup.

Sekretaris Daerah (Sekda) Mokh. Sodiq Triwidiyanto berharap koleganya di jajaran perangkat daerah dapat terus meningkatkan kinerjanya. Capaian hat-trick SAKIP A selama tiga tahun beruntun menandakan bahwa program di seluruh perangkat daerah efektif dan efisien. Selain itu, kualitas pembangunan, budaya kinerja birokrasi, dan penyelenggaraan pemerintahan juga menunjukkan hasil yang sangat baik. ‘’Sinkronisasi kinerja dari perencanaan, evaluasi, dan capaian itu yang membuat nilai akuntabilitas kita tinggi,’’ ungkapnya. (mg3/c1/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button