Advertorial

Rutin Geropyok Penyulang Listrik di UP3 Ponorogo

TRENGGALEK, Jawa Pos Radar Ponorogo – Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga mengenal istilah geropyok demi layanan ke pelanggan. Sasaran geropyok adalah pepohonan yang dikategorikan mengganggu jaringan listrik  atau right of way (ROW). Tak urung, pepohonan yang berada di jarak bebas minimum tiga meter saluran udara tegangan menengah dan rendah harus dirabas alias ditebas.

Operasi penggerebekan yang dilakukan tim dari PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ponorogo Kamis (27/5) berlangsung  di penyulang Durenan, Trenggalek. Sebanyak 38 karyawan perusahaan strum itu bergerak bareng yang terbagi dalam delapan regu. ‘’Kegiatan ini sekaligus bentuk pemeliharaan jaringan listrik,’’ kata Pelaksana Harian (Plh) Manager PLN UP3 Ponorogo Artika Hadi Wibawa kemarin.

Dia harus membekali puluhan karyawannya dengan alat pelindung diri (APD) memadai karena harus bekerja di lokasi yang berbahaya. Pemeliharaan jaringan di penyulang Trenggalek itu juga di-support enam unit mobil pick up, satu truk, dan satu skylift. ‘’Sebagai upaya menjaga pasokan listrik tetap aman dan lancar sampai ke pelanggan,’’ jelas Artika.

Pihaknya meminta maaf lantaran upaya pemeliharaan jaringan itu terpaksa berdampak pada pemadaman listrik di sekitar Durenan. Namun, di balik pengorbanan itu bakal muncul jaminan kelancaran distribusi listrik.  Artika berharap masyarakat ikut peduli memangkas pohon yang berada dekat dengan jaringan listrik untuk saluran tegangan rendah dan saluran tegangan menengah harus dalam pengawasan petugas PLN. (fac/hw/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button