Magetan

Rumdin Jaksa Kejari Magetan, Rombak Jadi Bangunan Dua Lantai

MADIUN – Perubahan total terhadap rumah dinas (rumdin) jaksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan bakal diberlakukan oleh DPUPR pada tahun ini. Dari sebelumnya bangunan itu hanya satu lantai, diubah menjadi dua lantai. ‘’Kemungkinan bisa tambah orang yang tinggal di rumdin. Karena menjadi dua lantai, kan ruangan bertambah,’’ terang Sekretaris DPUPR Magetan Mochtar Wahid Jumat (24/5).

Saat penyusunan perencanaan bangunan, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Kajari. Seperti kebutuhan ruangan hingga desain bangunan yang diinginkan. Semua itu dilakukan supaya penghuni rumdin tersebut nantinya nyaman. ‘’Istilahnya rehab total. Bongkar, bangun yang baru,’’ ujarnya.

Mochtar tak menampik bangunan itu mendesak untuk direhabilitasi. Karena memang sudah hampir satu dekade tidak mendapat sentuhan perbaikan. ‘’Namanya bangunan tua, mau dirawat seperti apa, tetap saja butuh yang lebih,’’ ungkapnya.

Terkait status bangunan itu nantinya berupa hibah dari pemkab. Bahkan, anggaran sebesar Rp 2,4 miliar telah disiapkan untuk merehab bangunan tersebut. ‘’Kebutuhan anggaran itu sudah sesuai dengan perhitungan. Termasuk disesuaikan dengan kondisi bangunan rumah yang sudah sangat tua,’’ kata Mochtar.

Diakuinya, anggaran bukan menjadi masalah untuk menuntaskan bangunan tersebut. Tetapi, persoalan justru muncul pada terbatasnya waktu pelaksanaan pekerjaan di lapangan yang hanya tinggal menyisakan lima bulan. Itu sudah termasuk proses lelang paket pekerjaan yang sampai saat ini belum tuntas karena gagal lelang. Sehingga harus dilakukan tender ulang.  ‘’Karena untuk pengerjaan bangunan dua lantai itu butuh waktu. Tidak seperti bangunan satu lantai,’’ ujarnya.

Secara matematis, apabila dikepras dengan tahapan lelang sisa waktu yang dimiliki oleh rekanan untuk menyelesaikan bangunan rumdin jaksa itu hanya tinggal empat bulan. ‘’Tapi, kami akan perketat schedule pengerjaannya, supaya sesuai kontrak,’’ tandas Mochtar. (bel/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button