features

Rumah Sofyan Effendy Dipenuhi Ratusan Hewan Piaraan

Rumah Sofyan Effendy di Jalan Pilang Utama bak kebun binatang. Bagaimana tidak, pria itu mengoleksi ratusan hewan piaraan. Mulai jenis ikan, burung, ular, hingga biawak.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

TUBUHNYA terbilang ramping. Sesekali ikan arwana jenis super red itu menggerakkan kedua sungutnya. Di saat lain bermanuver sembari mengibaskan sirip dan ekornya dengan anggun. Sementara, sinar lampu dalam akuarium membuat sisik-sisiknya seolah memancarkan cahaya.

Ikan yang harganya selangit itu merupakan salah satu piaraan koleksi Sofyan Effendy. Selain jenis super red, pria tersebut juga memiara arwana blue base, cross back, jardini, dan silver albino. Ada pula ikan hias jenis lain seperti louhan, koi, dan gabus. ”Khusus ikan ada sekitar 100 ekor,” kata Sofyan, Senin (12/7).

Bertandang ke rumah Sofyan seperti berada di kebun binatang. Bagaimana tidak, pria itu memelihara ratusan jenis hewan. Selain ikan, ada ular, iguana, kura-kura, biawak, hingga berbagai spesies burung seperti paruh bengkok, love bird, dan perkutut.

Memelihara hewan sudah dilakoni Sofyan sejak masih duduk di bangku SD. Kala itu, tak seperti bocah umumnya, dia memilih menggunakan uang sakunya untuk membeli hewan. Seiring berjalannya waktu, koleksinya semakin banyak. Bahkan, pada 2004 silam koleksi kucing anggoranya mencapai 40 ekor. ”Semua hewan koleksi saya tidak untuk dijual,” sebut warga Jalan Pilang Utama itu.

Jadwal pemberian pakan hewan koleksi Sofyan tidak sama. Ada yang seminggu sekali. Bahkan, jenis ular sebulan sekali. ”Jumlah ular ada sembilan ekor. Paling besar jenis piton amelius. Usianya sudah 20 tahun. Bobotnya hampir 1 kuintal dan panjangnya 7 meter,” ungkapnya.

Bagi pria 44 tahun itu, hewan koleksinya sudah dianggap seperti keluarga sendiri. Pun, Sofyan tidak jarang seolah mengajak ngobrol binatang piaraannya dan bermain bersama. ”Sebagian beli dari Madiun saja, sebagian lainnya dari luar daerah,” ujarnya. * (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button