MagetanPeristiwa

Rumah Mantan Bupati Magetan Terbakar

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Rumah mantan Bupati Magetan Hadinagoro terbakar Selasa sore (4/2). Akibatnya, sebagian bangunan berusia sekitar 135 tahun di Jalan Samudra, Bulukerto, Magetan, itu hangus. Beruntung bagian depan rumah utama belum terjilat lidah api.

Sebab, warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) berhasil menjinakkan amuk si jago merah. ‘’Awalnya listrik rumah kami mati. Tapi rumah tetangga masih menyala. Berarti sekringnya putus,’’ kata Mudi Nugroho.

Setelah dicek, sakelar sekring putus. Setelah disambung lagi, listrik menyala normal. Lima menit kemudian mati lagi. Dia menduga ada beberapa alat elektronik yang menyebabkan listrik tidak kuat sehingga mati. Mudi lantas mencabut beberapa peralatan elektronik. Kemudian, ada bau benda terbakar menyebar ke seluruh ruangan. ‘’Kemudian di kamar ada suara seperti kabel terbakar dan percikan api,’’ ungkapnya.

Mudi dan dua saudaranya langsung keluar rumah. Mereka pun minta tolong warga sekitar. Dua unit mobil damkar juga datang. Sayangnya mobil tidak dapat masuk pekarangan rumah karena jalan masuk terlalu sempit. Beruntung, slang air masih dapat menjangkau area yang terbakar. Sehingga, api bisa dipadamkan sebelum menjalar ke ruang lainnya.

Mudi menyebut, asal api dari kamar saudaranya Mudjiono. Ruangan itu ada di bagian samping belakang bangunan. Pun bangunan belakang itu sama tuanya dengan bangunan depan. Dia, Mudjiono, dan Anik Winengku yang menempati rumah itu. Mereka bertiga saudara kandung yang sampai saat ini tinggal di rumah warisan keluarga itu. ‘’Kami yang merawat rumah ini,’’ jelasnya. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button