Madiun

Ruas Jalan Nglandung–Kaibon Lanjut Digarap Tahun Depan

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Peningkatan ruas Jalan Nglandung–Kaibon tengah dipersiapkan Pemkab Madiun. Rencananya proyek yang merupakan lanjutan dari pengerjaan 2018 lalu itu bakal dikerjakan tahun depan.

Kepala DPUPR Kabupaten Madiun Arnowo Widjaja menjelaskan, ada sejumlah faktor yang menjadikan jalan itu segera kembali dilakukan peningkatan. Antara lain, merupakan jalur alternatif penghubung antara Kabupaten-Kota Madiun. Di sisi lain, beberapa titik jalan sudah mengalami pergeseran dan retakan. Dikhawatirkan bisa memicu terjadinya kecelakaan. ‘’Agenda itu masuk perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun depan,’’ kata Arnowo Senin (30/9).

Dia menyebut, Jalan Nglandung–Kaibon mempunyai panjang sekitar 3 kilometer. Tapi, peningkatan jalan baru dilakukan sepanjang sekitar 1,5 kilometer. Titik awalnya mulai dari sisi utara masuk Desa Kaibon. ‘’Anggarannya saat itu terbatas. Dan, baru dikerjakan sekitar 60 persen dari panjang jalan tersebut,’’ terangnya.

Secara perencanaan, pengerjaan Jalan Nglandung–Kaibon memang dilakukan bertahap. Karena proses peningkatan jalan itu tidak sekadar dilakukan perbaikan. Tapi, juga meliputi pelebaran jalan yang mesti dilakukan pengecoran pada dua bahu jalan. ‘’Hasil survei di lapangan juga diketahui kalau tekstur tanah jalan itu mengalami pergeseran karena lokasinya berdekatan dengan sawah,’’ bebernya.

Pada tahun depan, peningkatan jalan bakal dikerjakan sepanjang satu kilometer. Proyek tersebut juga dilengkapi dengan penahan di sisi bahu jalan. ‘’Perkiraan yang ditingkatkan sekitar satu kilometer sampai depan SMKN 1 Geger,’’ jelas Arnowo.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun Kurnia Aminulloh menambahkan, usulan pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) di ruas Jalan Nglandung–Kaibon terus dikaji. Termasuk kemungkinan membuat markah jalan. (mgc/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close