Pacitan

Ruang Isolasi Penuh, RSUD dr Darsono Pulangkan Lima Pasien Covid-19

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – RSUD dr Darsono Pacitan sedang menghadapi ujian berat. Seratus tempat tidur (bed) yang disiapkan untuk pasien Covid-19 penuh. Instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit pelat merah itu terpaksa ditutup sampai dua hari. Bahkan, lima pasien terpaksa dipulangkan demi menunggu kosongnya antrean.

Direktur RSUD dr Darsono Pacitan Iman Darmawan mengatakan, baru kali pertama ledakan pasien Covid-19 membuat bangsal perawatan overload. Lonjakan pasien telah diantisipasi sebelumnya dengan menambah kapasitas ruang isolasi. Dari 65 menjadi 100 bed. Menyulap beberapa ruang mulai Tulip, Sooka A, Sooka B, Sooka C, hingga Melati A dan Melati B yang sebelumnya digunakan merawat penyakit tertentu. ‘’Sekarang lima pasien menunggu (antrean) di rumah sampai ada pasien bisa dirujuk pulang. Baru kita bawa ke ruang isolasi,’’ terangnya, Selasa (6/7).

Saat ini sulit untuk menambahkan lagi bangsal baru untuk ruang isolasi Covid-19. Meski beberapa ruang masih kosong, namun tenaga medis di rumah sakit pelat merah itu terbatas. Terlebih, mayoritas pasien yang dirujuk wajib mendapatkan pemantauan intensif. ‘’Tenaga kami sudah tidak bisa melayani. Kami harus minta kerja sama dengan dinas kesehatan,’’ ungkapnya. (gen/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button