Advertorial

RSUD Kota Madiun Getol Berinovasi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – RSUD Kota Madiun Selasa (20/4) tepat berusia 17 tahun. Momen ulang tahun kali ini diwarnai dengan seminar vaksinasi Covid-19 sebagai edukasi sekaligus kesiapan rumah sakit pelat merah milik pemkot itu mendukung vaksinasi antikorona di Kota Madiun.

Seminar diikuti perwakilan penggerak PKK dari 27 kelurahan dengan jumlah terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat. ‘’Saya ucapkan selamat. Walaupun usianya lulus SMA, tapi pelayanannya seperti sarjana,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi usai membuka acara.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur RSUD Kota Madiun dr Agus Nurwahyudi menyatakan kesiapannya meningkatkan pelayanan. Salah satunya mengubah sistem pendaftaran pasien dari tatap muka menjadi online. ‘’Dipermudah. Bisa mendaftar untuk satu bulan ke depan,’’ ungkapnya.

Dia menjelaskan, pendaftaran online dilakukan melalui laman rsud.madiunkota.go.id, kemudian mengklik antrean. Langkah selanjutnya log in dan memasukkan nomor identitas seperti BPJS dan NIK KTP. Pun, calon pasien dapat memilih kapan waktu berkunjung hingga maksimal satu bulan ke depan. ‘’Tidak hanya fisik kami perhatikan, pelayanan birokrasi juga kami permudah,’’ tuturnya.

Pendaftaran online yang di-launching bulan lalu itu dipastikan adaptif dengan pandemi. Sebab, menghindari kerumunan lantaran pengunjung tidak perlu mengambil nomor antrean di lokasi. ‘’Sudah 50 persen warga dalam kota yang memanfaatkan layanan online,’’ ujarnya. ‘’Pasien luar kota juga dapat mendaftar secara online. Bedanya hanya di layanan pengantar obat,’’ imbuhnya.

Inovasi lain untuk menghindari kerumunan di masa pandemi adalah program Pendekar Obat yang sudah berjalan sejak tahun lalu. Yakni, layanan antar obat ke rumah pasien. ‘’Jadi, selesai berobat, pasien bisa langsung pulang tanpa harus mengantre mengambil obat. Petugas akan mengantar obat itu ke rumah,’’ paparnya.

Agus berharap, dengan bertambahnya usia, pelayanan setulus hati RSUD Kota Madiun semakin matang. ‘’17 tahun itu kalau seorang gadis sudah layak dipinang karena artinya sudah dewasa,’’ pungkasnya. (kid/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button