Madiun

RSUD Dolopo Oper 70 Pasien Covid-19 ke RSL Joglo?

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Letusan kasus positif Covid-19 klaster mantenan di Desa Bantengan dan Mojopurno, Wungu, membuat Rumah Sakit Lapangan (RSL) Joglo, Dungus, ikut sibuk. Puluhan pasien akan dirawat di fasilitas kesehatan milik Pemprov Jatim itu. ‘’Sudah ada koordinasi pergeseran 70 pasien dari RSUD Dolopo ke sini,’’ kata Muhidin, koordinator umum RSL Joglo, Dungus, Jumat (18/6).

Koordinasi itu dilakukan Selasa (15/6). Yakni, sehari setelah Pemkab Madiun bersama TNI-Polri menjemput puluhan warga Desa Bantengan dan Mojopurno untuk dirujuk ke RSUD Dolopo. Total 88 warga dua desa itu positif Covid-19 hasil rapid test antigen massal usai hajatan mantenan.

Muhidin menerangkan, RSL Joglo hanya menerima pasien yang sudah dinyatakan positif hasil tes polymerase chain reaction (PCR). Sedangkan saat penjemputan yang dipimpin Bupati Madiun Ahmad Dawami Senin malam (14/6) itu, puluhan warga belum dites PCR. ‘’Kemungkinan besar yang akan digeser ke sini pasien positif yang sebelumnya sudah dirawat di RSUD Dolopo. Bukan pasien klaster mantenan itu,’’ jelasnya.

Lonjakan kasus baru Covid-19 di Kabupaten Madiun sudah mulai dirasakan RSL Joglo. Muhidin menyebut telah menerima 12 pasien rujukan dari Puskesmas Dolopo belum lama ini. Adapun okupansi RSL Joglo per kemarin tergolong masih longgar. Dari kapasitas maksimal 131 tempat tidur, baru 52 bed yang terisi. ‘’Kami siap-siap saja. Tapi, sampai saat ini belum ada kepastian, kami masih menunggu,’’ katanya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button