Madiun

Pemkab Siapkan Rp 1 M untuk Poles Wajah Bongpay

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Rencana pemkab menjadikan makam warga Tionghoa asri, terang, dan nyaman segera terealisasi. Setelah prostitusi liar di kompleks itu diberangus, sudah disiapkan plan khusus. ’’Ada aset kami seluas 1,5 hektare yang nanti bisa untuk ruang terbuka hijau,’’ kata Kabid RTH Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Madiun Tjuk Kusumo.

Disebutkan, ada anggaran Rp 1 miliar untuk mewujudkan rencana itu. Yakni, membuat bongpay yang berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, kembali seperti semula. Sebab, sudah 25 tahun kompleks itu disalahgunakan. Kesannya juga kotor di sejumlah titik. ’’Sebelum pembongkaran itu, kami sudah buat surat peringatan, tapi tidak ditanggapi,’’ ujarnya.

Tjuk menyebut bahwa kawasan itu strategis. Pun berbatasan langsung dengan Kota Madiun. Tentu ke depannya harus bersih dari praktik-praktik prostitusi liar di warung remang-remang. Konsep RTH itu sudah ada. Tapi, tetap menunggu keputusan bupati untuk dijalankan. ’’Kami masih menunggu pastinya akan dijadikan apa,’’ tuturnya.

Di sisi lain, dalam waktu dekat pemkab berkomunikasi dengan warga setempat. Akan ditampung saran dan masukan untuk pengembangan kawasan itu ke depan.’’Masyarakat nantinya ingin dibangun apa, kami akan tampung dan laporkan kepada bupati,’’ katanya.

Tjuk menerangkan, alangkah baiknya di lahan yang berada di area jalur lintas penghubung antarkabupaten itu digunakan area terbuka dan taman bermain. Sehingga masyarakat bisa mengembangkan ekonominya. ’’Tujuan pembangunan itu agar bisa dimanfaatkan masyarakat setempat,’’ pungkasnya. (mgc/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button