Pacitan

Riwayat Baliho Penceng Tamat, Diganti Tugu APPN Dalam Waktu Dekat

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Riwayat papan reklame raksasa di perempatan Penceng tamat Rabu (25/9). Setelah berdiri bertahun-tahun, baliho jumbo itu dibongkar. ‘’Tugu Anugrah Parasamya Purnakarya Nugraha (APPN) di lokasi yang sama akan dibangun dalam waktu dekat,’’ kata Kabid Pendataan dan Penetapan Bapenda Pacitan Eno Spith Fitri Yanto Mudumi.

Pembongkaran tersebut menyusul surat permohonan dari dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) setempat yang diterima Agustus lalu. Pun sudah dikoordinasikan dengan pemilik baliho. Hanya, pembongkaran menunggu diterbitkannya surat perintah kerja (SPK) proyek  pembangunan tugu APPN. ‘’Setelah ada SPK, mereka membongkarnya,’’ ujarnya.

Menurut dia, tidak ada ketentuan teknis terkait pembongkaran baliho. Pihaknya sekadar koordinasi. Pemilik baliho yang hendak membongkar mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan warga. Peralatan berat dan meterial dikhawatirkan menimpa pengendara yang melintas. Untuk itu, muncul pertimbangan pembongkaran dilakukan malam hari. ‘’Saat sepi dan lalu lintas lengang,’’ terangnya.

Eno menyebut, pembongkaran dijanjikan rampung sehari. Pihaknya tidak harus berkirim surat ke DPUPR. Usai pembongkaran, DPUPR otomatis bisa memulai pekerjaan pembangunan tugu APPN. Sedangkan permintaan pembongkaran baliho disikapi legawa oleh pemiliknya. Meski kontrak pemasangan terbayar hingga akhir tahun. Pun tidak ada potongan harga. ‘’Karena dilakukan penataan ulang kawasan, mereka bersedia membongkar,’’ tuturnya.

Dia menyebut pajak tahunan pemasangan baliho jumbo tersebut di kisaran Rp 10 juta. Pihaknya pun kehilangan pendapatan Rp 2,4 juta dari pajak pemasangan. Terlebih pemiliknya belum berencana merelokasi. ‘’Mereka memilih menunggu penataan ulang kawasan,’’ jelasnya.

Eno menambahkan, penataan ulang tidak hanya diberlakukan bagi baliho jumbo tersebut. Sejumlah reklame lain di kawasan perempatan Penceng juga bakal dibongkar. Penempatannya menunggu penataan ulang dari DPUPR. ‘’Termasuk yang di dekat pos polisi,’’ bebernya. (odi/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close