News

Ringkasan Cerita Ramayana

×

Ringkasan Cerita Ramayana

Share this article

Ringkasan Cerita Ramayana – Kisah Ramayana menceritakan hal itu di suatu tempat bernama Mantili. Hiduplah seorang putri cantik jelita bernama Devi Shinta. Dia adalah putri raja Mantili, Phrabuchanaka. Suatu hari Raja mengadakan kontes untuk memenangkan seorang pangeran untuk putri kesayangannya, Chinta, dan akhirnya Putra Mahkota Kerajaan Ayothaya. Namanya Raden dan Ramawichai adalah pemenangnya. dalam cerita ini juga ada raja Alengatiraja yaitu Prabu Rahwana yang juga mempunyai cinta. Namun bukan dengan Devi Chinta, melainkan ia ingin memperistri Devi Vidovati dari penampakan Rahwana. Chinta dianggap sebagai titisan dewi Vidovati yang selalu diimpikannya. Dalam perjalanan antara Rama dan Chinta bersama saudaranya Lesmana, saat melakukan perjalanan melalui hutan belantara yang dikenal dengan Hutan Thandaka, raksasa Prabhu Rahwana mengejar ketiganya. apalagi Shinta Rahwana ingin menculik Chinta untuk dibawa ke istananya dan dijadikan istrinya. Rahwana mengubah seorang pelayan bernama Marika menjadi seekor rusa emas dengan tipu muslihatnya. Tujuannya adalah untuk memancing Rama agar berburu rusa tiruan karena Devi Chinta mencintainya. Dan benarlah setelah melihat keindahan rusa itu Chinta meminta Rama untuk memegangnya. Karena permintaan istri tercinta maka Rama berusaha mengikuti kancil sendirian, sementara Chinta dan Lesmana menunggu. Ketika sudah lama jauh dari berburu, Chinta menjadi khawatir terhadap Rama dan meminta Lesmana untuk menemukannya. sebelum meninggalkan Shinta sendirian Lemana tidak lupa menjaga keselamatan Shinta. Ini akan menciptakan lingkaran sihir, dengan lingkaran ini Shinta tidak bisa menggerakkan bagian apapun. tubuhnya demi keselamatannya. Oleh karena itu, Shinta hanya bisa bergerak di dalam lingkaran, setelah Lesmana pergi, Rahwana bersiap untuk menculiknya. Namun usahanya gagal karena adanya lingkaran sihir. Rahwana mulai mencari strategi lain. Cara dia menyamar adalah dengan mengubah dirinya menjadi seorang brahmana tua dan bertujuan untuk memenangkan hati Chinta untuk dipersembahkan. Ternyata siasatnya berhasil membuat Shinta rebahan dan mendapat pujian. Shinta tanpa sadar telah melanggar aturan lingkaran sihir. Artinya, mereka tidak mengizinkan dia mengeluarkan satu bagian pun dari tubuhnya! Saat itu Rahwana tak mau dikalahkan.

Dikisahkan di suatu tempat bernama Mantili hiduplah seorang putri cantik jelita bernama Dewi Shinta. Ia merupakan putri dari Raja Mantili, Phra Buchanok. Suatu hari sang raja mengadakan sayembara untuk memperebutkan seorang pangeran untuk gadis terbaik. Cintanya, Chinta dan terakhir putra mahkota kerajaan Ayodhya yang bernama Raden Ramawichai menjadi pemenangnya.Namun dalam cerita ini juga ada raja Alengatiraja yaitu Prabhu.Ravana yang juga jatuh cinta Namun bukan dengan Devi Chinta melainkan ingin menikah Devi Vidovati dari penglihatan Rahwana. Chinta dianggap sebagai titisan dewi Vidovati yang selalu diimpikannya. Dalam perjalanan antara Rama dan Chinta bersama kakaknya Lesmana, saat melakukan perjalanan melalui gurun pasir yang dikenal dengan nama Hutan Thandaka, raksasa Prabhu Rahwana mengejar mereka bertiga. apalagi Shinta Rahwana ingin menculik Chinta untuk dibawa ke istananya dan dijadikan istrinya. Rahwana mengubah seorang pelayan bernama Marika menjadi seekor rusa emas dengan tipu muslihatnya. Tujuannya adalah untuk memancing Rama agar berburu rusa tiruan karena Devi Chinta mencintainya. Dan benarlah setelah melihat keindahan rusa itu Chinta meminta Rama untuk memegangnya. Karena permintaan istri tercinta maka Rama berusaha mengikuti kancil sendirian, sementara Chinta dan Lesmana menunggu.

Baca Juga  Bentuk Persen Dari 9 Per 25 Adalah

Ringkasan Cerita Ramayana

Ketika sudah lama jauh dari berburu, Chinta menjadi khawatir terhadap Rama dan meminta Lesmana untuk menemukannya. sebelum meninggalkan Shinta sendirian Lemana tidak lupa menjaga keselamatan Shinta. Ini untuk membuat lingkaran sihir, dengan lingkaran ini Shinta tidak bisa menggerakkan bagian apapun. tubuhnya demi keselamatannya. Oleh karena itu, Shinta hanya bisa bergerak di dalam lingkaran, setelah Lesmana pergi, Rahwana bersiap untuk menculiknya. Namun usahanya gagal karena adanya lingkaran sihir. Rahwana mulai mencari strategi lain. Cara dia menyamar adalah dengan mengubah dirinya menjadi seorang brahmana tua dan bertujuan untuk memenangkan hati Chinta untuk dipersembahkan. Ternyata siasatnya berhasil membuat Shinta rebahan dan mendapat pujian. Shinta tanpa sadar telah melanggar aturan lingkaran sihir. Artinya, mereka tidak mengizinkan dia mengeluarkan satu bagian pun dari tubuhnya! Saat itu juga Rahwana tak mau melewatkan kesempatan untuk meraih tangan Shinta dan menuntunnya keluar dari lingkaran, apalagi Rahwana membawa Shinta kembali ke istananya di Alenka. Saat dalam perjalanan pulang untuk melawan burung Garuda bernama Jatayu yang ingin membantu Devi Shinta, Jatayu berhasil mengenali Shinta sebagai putri dari sahabat baiknya Janaka. Namun dalam pertarungan itu, Jatayu berhasil dikalahkan oleh Rahwana.

Sinopsis Cerita Ramayana

Sementara itu, Rama mengikuti perburuan rusa emas. Dan Rama menembaknya pada akhirnya. Namun rusa itu berubah menjadi raksasa. Dalam wujud aslinya Marika memberontak melawan Rama hingga terjadi pertempuran di antara keduanya. Dan akhirnya Rama berhasil menembak raksasa tersebut. pada saat yang sama Lesmana berhasil menemukan Rama. Dan mereka berdua kembali ke tempat yang sama dimana Shinta ditinggal sendirian. Namun sesampainya di sana, ia tidak dapat menemukan Shinta. Keduanya kemudian berusaha mencari dan menemukan Jatayu yang terluka parah. Rama curiga Jatayu telah menculiknya dan ingin membunuhnya hanya karena emosi. Namun berhasil dihentikan oleh Lesmana. Kesaksian Chatuyu mengungkap kalau yang menculik Chinta adalah Rahwana! Setelah menceritakan semuanya Pada akhirnya elang itu pun mati.

Baca Juga  Keliling Prisma

Keduanya memutuskan untuk melakukan perjalanan ke istana Rahwana. Dan di tengah perjalanan mereka bertemu dengan seekor monyet putih bernama Hanuman yang sedang mencari pendekar untuk mengalahkan Subali. Subali adalah kakak dari Sugriwa, paman Hanuman. Sang kakak mencuri pacar adiknya, Dewi Tara. Singkat cerita Rama bersedia membantu mengalahkan Butangi. Dan akhirnya usahanya berhasil. dengan dewi Tara yang kembali menjadi istri Sugriwa.Pada kesempatan itu Rama juga mengatakan akan melanjutkan perjalanannya bersama Lesmana untuk mencari Devi Chinta. Wanita yang diculik Rahwana di Istana Alengka. Karena dia merasa berhutang budi pada Rama. Sugriva kemudian menawarkan bantuannya untuk menemukan Chinta. Diawali dengan dikirimnya Hanoman Persia ke Istana Alengka untuk mengetahui Rahwana menyembunyikan Chinta dan mengetahui kekuatan pasukan Rahwana.

Taman Argasoka adalah taman kerajaan Alengka tempat Shinta menghabiskan hari-harinya menunggu suaminya datang lagi. Di Argasoka, Shinta ditemani oleh Trijata, cucu Rahwana. Ia pun berusaha meyakinkan Shinta. Bersedia menjadi istri Rahwana sesuai permintaan Rahwana dan “Memaksa” Shinta berkali-kali menjadi istrinya. Namun ditolaknya hingga Rahwana kehilangan kesabaran dan ingin membunuh Chinta. Namun hal itu digagalkan oleh Trijata. Yang membuat Shinta bersedih di Taman Arkasoka Dia mendengar lagu yang dinyanyikan oleh seekor monyet putih bernama Hanoman yang mengikutinya. Setelah Shinta mengetahui keberadaannya, Hanuman bergegas dan memberitahunya tujuan berdiri sebagai utusan Rama. Setelah menyampaikan maksudnya Hanuman segera ingin mengetahui kekuatan kerajaan Alengka. Cara yang dilakukan adalah dengan menimbulkan masalah yakni merusak keindahan taman. Dan akhirnya Hanuman berhasil dikalahkan oleh Indrajit. Putra Rahwana menangkapnya. Kemudian dia membawanya ke Rahwana. Karena marah Hanuman hendak dibunuh namun dihentikan oleh Kumbakarna. adiknya Karena dianggap menentangnya, Kumbakarna dipecat dari Alengka. Namun pada akhirnya Hanuman tetap dijatuhi hukuman dibakar di tiang pancang. Namun bukannya mati, Hanoman justru membakar kerajaan Alengka dan melarikan diri. Sekembalinya dari Alengka Hanuman kemudian memberitahu Rama tentang segala kejadian dan kondisi Alengka. Setelah laporan tersebut demikianlah Rama memutuskan untuk berangkat menyerang kerajaan Lanka dan disusul oleh pasukan kera yang dipimpin oleh Hanoman.

Setibanya di istana Rahwana terjadilah Perang. Mula-mula Partai Alengkan dipimpin oleh Indrajit. Dalam pertempuran ini Indrajit berhasil dikalahkan bersama Indrajit yang tewas. Alengka mendapat tekanan dari pasukan Rama. Rahwana kemudian meminta Rahwana raksasa yang bijak untuk menjadi prajurit perang. namun untuk melindungi bangsa dan negara Alengadi Raja Dalam pertempuran ini Kumbakarna pun dikalahkan dan gugur sebagai pahlawan nasional. Ketika adiknya meninggal, Rahwana akhirnya berhadapan dengan Rama. Di akhir pertempuran ini Rahwana dikalahkan oleh seluruh pasukan yang dipimpin oleh Rama. Rahman terbunuh oleh anak panah peninggalan Rama. dan dihancurkan oleh Gunung Sumawan yang dibawa Hanoman

Baca Juga  Buatlah Rumusan Simbolik Dari Silogisme Kondisional

Merangkum Buku Dan Membuat Peta Konsep 100 Poin Tambahkan Komentar Kelas Setelah Kamu Membaca

Setelah melalui pertempuran yang dahsyat dan kekalahan Alengka. Rama kemudian bebas masuk istana dan mencari istri tercintanya. Hanuman membawanya ke taman Argasoka untuk menemui Chinta. Namun Rama menolak karena mengira Chinta najis selama Chinta berada di kerajaan Alengka. Maka Rama berusaha membuktikan dirinya tidak bersalah dengan mengorbankan dirinya demi kebenaran Chinta tidak bersalah dan bantuan dewa api. Shinta selamat dari kebakaran tersebut. Dengan cara ini terbukti bahwa Shinta masih tidak bersalah. Dan Rama akhirnya menerima Chinta dengan penuh semangat dan bahagia. Dan ketika cerita ini berakhir Mereka kembali ke istana mereka.

Sendratari Ramayana menceritakan tentang perjalanan hidup Rama. Sedangkan balet yang disajikan hanya sebagian kecil dari balet. jalan hidup Rama Cerita ini berasal dari sekte/agama Hindu yang berasal dari India. Jadi di India cerita ini sangat terkenal. Dipilihnya Candi Prambanan sebagai lokasi sendratari karena merupakan candi Hindu dan Ramayana juga merupakan cerita Hindu. Candi Prambanan memberi penghormatan kepada Dewa Siwa, Wisnu dan Deva Rahmat. Candi ini juga berfungsi untuk melestarikan budaya dan memperkenalkan sejarah kepada wisatawan.

Bahasa yang digunakan dalam sendratari Ramayana adalah bahasa Jawa. Sejauh ini belum pernah ditawarkan dalam bahasa lain. Namun dijelaskan dalam bentuk narasi. (Teks terjemahan dalam bahasa Inggris dan Indonesia) Pihak penyelenggara berusaha melestarikan sendratari tersebut dengan menciptakan sendratari Ramayana dalam bentuk cerita. serta penerbitan buku dan pembuatan wayang kulit. Ceritanya berkisar pada perjuangan Rama dan Rahwana untuk menikah dengan seorang putri cantik bernama Devi Shinta. Kisah ini menunjukkan bahwa untuk mendapatkan apa yang menjadi milik kita. Kita harus berusaha, saling percaya dan meminta bantuan.

Ringkasan cerita nabi, cerita ringkasan malin kundang, ringkasan cerita maling kundang, cerita ramayana, ringkasan kisah ramayana, ringkasan cerita wayang ramayana, ringkasan cerita siti nurbaya, ringkasan ramayana, ringkasan cerita ramayana bahasa jawa, ringkasan cerita batu menangis, ringkasan cerita ramayana dan mahabarata, ringkasan cerita sendratari ramayana