KriminalitasMadiun

Rilis Kasus Pencurian Mesin Diesel Digelar

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Empat orang asal Jawa Tengah ini harus meringkuk di balik jeruji besi Mapolres Madiun. Mereka ditangkap karena kasus pencurian dua unit mesin diesel pembajak sawah di Desa Kranggan, Geger, Kabupaten Madiun. ‘’Tiga orang berasal dari Sragen dan satunya Boyolali,’’ kata  Kapolres Madiun Ruruh Wicaksono.  

Ruruh menyebut, tiga tersangka asal Sragen sudah dua kali mencuri diesel. Yakni, Parno, 54, warga Desa Sumomoro, Plupuh; Puryanto, 50, (Desa Duyungan, Sidoharjo); dan Supardi, 45, (Desa Jirapan, Masaran). Sedangkan Esthi, 25, asal Desa Kedung Lengkung, Simo, Boyolali, mengaku baru sekali. ‘’Aksi kejahatan direncanakan matang,’’ ujarnya.

Dia menerangkan, komplotan itu datang ke Kabupaten Madiun lewat tol Solo-Kertosono. Mereka mencari target ketika siang. Eksekusi dilakukan dini hari menunggu calon korban lengah. Diesel itu dipreteli dengan sembilan kunci pas berbagai ukuran. ‘’Juga gergaji dan tang,’’ imbuhnya seraya menyebut pelaku paham seluk-beluk mesin bajak sawah itu.

Hasil pemeriksaan, komplotan itu mengaku mencuri diesel karena punya jaringan penadah di wilayah Jateng. ‘’Tersangka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman lima setengah tahun penjara,’’ ujarnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close