Madiun

Ribuan Cyclist Ramaikan Gowes Bengi Bareng Pak Wali

MADIUN – Sensasi bersepeda bersama Wali Kota Madiun Maidi bisa dirasakan 1.700 cyclist malam ini. Event Karismatik Night Ride bertajuk ’’Gowes Bengi Bareng Pak Wali’’ yang diprakarsai Pemkot Madiun bersama Jawa Pos Radar Madiun itu bakal menempuh rute sepanjang 15 kilometer. Keliling Kota Karismatik. Start dan finis berada di Balai Kota Madiun.

Sesuai jadwal semula, start dimulai pukul 20.00. Lokasi start berada di Jalan Pahlawan, atau depan Balai Kota. Selanjutnya, ribuan cyclist akan berada dalam peloton besar. Ada enam road captain (RC) yang bertugas berada di barisan depan untuk memandu peserta menyusuri rute. Start di Jalan Pahlawan, peloton kemudian menyusuri Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Trunojoyo-Jalan Soekarno-Hatta-Jalan Kapten Tendean-Jalan Raya Munggut-Jalan Tanjung Raya-Jalan Setia Budi-Jalan Slamet Riyadi-Jalan Diponegoro Timur-Jalan Basuki Rahmat-Jalan Yos Sudarso-Jalan Pahlawan, lalu finis di depan Balai Kota. ‘’Sebelum start dan ketika memasuki finis kupon akan diplong oleh petugas. Satu peserta hanya berhak untuk satu kupon,’’ ujar Project Officer Karismatik Night Ride, Ockta Prana Lagawira Selasa (28/5).

Dia menambahkan, event bersepeda Karismatik Night Ride ini hepi-hepi. Tak ada balapan. Kecepatan peserta juga diatur khusus. Yakni, di kisaran 20 km per jam. Semua peserta tidak boleh mendahului road captain dan mobil voorijder dari Satlantas Polres Madiun Kota. ’’Ada 10 marshal dari Satlantas, dan marshal tambahan dari YNCI (Yamaha NMAX Club Indonesia) Chapter Madiun Raya,’’ ujar Ockta.

Ockta menambahkan, khusus peserta yang berkupon akan mendapat kesempatan beragam hadiah dooprice. Termasuk, akan disediakan hadiah utama sepeda fullsus. ’’Untuk hadiah utama khusus peserta ber-KTP Kota Madiun, kalau hadiah lainnya bebas,’’ ujarnya.

Meskipun bukan balapan, namun panitia menyarankan agar peserta melengkapi diri dengan pengaman bersepeda. Seperti pelindung siku dan lutut. Disarankan pula mengenakan sepatu dan helm. Sepeda juga lebih baik dipasang lampu LED. ’’Soal keamanan jalan, panitia bakal dibantu oleh petugas dinas perhubungan (dishub), satpol PP, dan Polres Madiun Kota,’’ terangnya.

Wali Kota Madiun Maidi berharap ajang itu bisa meningkatkan popularitas Kota Madiun di seluruh lapisan masyarakat. Di samping sebagai sarana olahraga. ’’Tentunya bisa menjadi ajang promosi wisata daerah,’’ katanya. (her/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button