News

Retikulum Adalah

×

Retikulum Adalah

Share this article

Retikulum Adalah – Fungsi retikulum endoplasma pada organisme hidup. Hewan dan tumbuhan memiliki peran penting. Karena kedua makhluk ini memiliki bagian tubuh ini.

Karena tidak, bagian ini dapat membentuk rangkaian kista memanjang yang terdapat di dalam sitoplasma. Apa fungsi sebenarnya dari bagian tubuh hewan dan tumbuhan ini?

Retikulum Adalah

Organisme yang hidup di bumi ini memiliki tubuh yang tersusun dari sel-sel yang berbeda di setiap bagiannya. Masing-masing sel ini memiliki fungsi pentingnya sendiri.

Proses Pencernaan Pada Hewan Ruminansia Halaman All

Struktur retikulum endoplasma bersifat dinamis dan besar. Selain itu, ada banyak peran ER dalam sel.

Perlu Anda ketahui bahwa bagian sel ini terdiri dari 3 jenis. Ada retikulum endoplasma kasar, halus dan sarkoplasma.

Selain kedua jenis tersebut, ada juga fungsi retikulum endoplasma. Ini adalah jenis REH khusus.

Retikulum endoplasma terletak di otot polos. Beda RE, jenis ini hanya kandungan proteinnya saja.

Jawaban Diagram Proses Pencernaan Pada Hewan Ruminansia (sapi)

Retikulum endoplasma kasar atau REK dan ER granular banyak terdapat di sel-sel tubuh, seperti hepatosit.

Fungsi utama REK adalah sintesis protein. Setelah itu, retikulum endoplasma akan segera membawa protein tersebut ke bagian lain.

Beberapa contoh protein yang fungsinya untuk mengangkut selaput lendir adalah antibodi, insulin, protein pembekuan darah, kolagen, rempah bahkan enzim.

Kemudian protein yang disekresikan itulah yang akan ditransfer atau didistribusikan oleh retikulum endoplasma ke berbagai bagian sel. Misalnya sel goblet, sel pankreas, sel limfosit B, sel hati, hingga sel fibroblas.

Reticulum Berlabel Skema Ilustrasi Vektor Diagram Anatomi Dengan Retikulum Endoplasma Closeup Dengan Cisternae Inti Ribosomes Amplop Nuklir Dan Pori Ilustrasi Stok

Berikutnya adalah retikulum endoplasma halus REH atau SEH. Jaringan retikuler terdiri dari tabung yang terletak di dekat pinggiran sel.

Tubulus endoplasma halus bercabang dan membentuk jaringan retikuler. REH ini juga membentuk area datar berbentuk dompet.

Fungsi utama kompartemen ini adalah untuk mengangkut bahan ER kasar ke organel lain, terutama aparatus Golgi.

Retikulum endoplasma halus ini melakukan metabolisme karbohidrat untuk menyimpan dan melepaskan ion kalsium. Proses ini memainkan peran penting dalam sistem saraf atau otot.

Simak Fungsi, Ciri Ciri, Hingga Cara Kerja Ribosom Pada Sel Makhluk Hidup!

Namun, retikulum endoplasma sarkoplasma ini memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. ER sarkoplasma mengandung protein REH.

Fungsi ER sarkoplasma adalah untuk menghasilkan ion kalsium. Peran khusus lainnya adalah stimulasi kontraksi otot.

Pada saat yang sama, ER pada hewan adalah struktur sel saku untuk produksi yang akan diasosiasikan dengan selubung inti ganda.

Baca Juga  Sederhanakan Pecahan Berikut Menjadi Pecahan Paling Sederhana

Fungsi hewannya adalah untuk memproses dan mengangkut berbagai jenis senyawa kimia dan organ fungsional yang berbeda untuk membuat lipid membran, protein, dan regulasi kalsium intraseluler.

Pdf) Makalah Biologi Sel Dan Biokimia

Nah itulah perbedaan fungsi retikulum endoplasma pada tubuh hewan dan tumbuhan. Bagian sel ini memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup. (R10/HR-Online) Tubuh yang hidup terdiri dari banyak sel tubuh yang memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu bagian sel tubuh adalah retikulum endoplasma, yang bertanggung jawab untuk sintesis dan transportasi protein.

Retikulum endoplasma (RE) adalah organel sel dengan membran atau sel eukariotik. Membran endoplasma berbentuk kantung memanjang yang menonjol dari membran inti sitoplasma

Retikulum endoplasma adalah struktur dinamis besar yang memiliki banyak peran dalam sel. Berdasarkan proses penyimpanan dan sintesis kalsium serta metabolisme fosfolipid dan kolesterol.

Maka pada artikel kali ini kita akan membahas segala hal tentang membran endoplasma, mulai dari yang halus hingga yang kasar. Buat kamu yang ingin tahu apa itu retikulum endoplasma, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Pdf) Bab 6 Retikulum En Do Plasma

Retikulum endoplasma kasar dalam bahasa Inggris disebut juga Rough Endoplasmic Reticulum (RER). Dilansir dalam bab berjudul Struktur, Fungsi, dan Regulasi Sel dalam I Made Subagiartha, disebut retikulum endoplasma kasar karena permukaannya ditutupi oleh banyak ribosom.

Ribosom mulai mensintesis protein di area tertentu, seperti komponen membran atau membran, yang melekat pada membran endoplasma kasar. Protein yang dibuat akan terdorong ke dalam membran endoplasma yang disebut lumen.

Protein tersebut kemudian diangkut ke bagian lain dari sel oleh vesikel kecil yang muncul dari retikulum endoplasma dan bergabung dengan organel yang memainkan peran tambahan dalam proses modifikasi dan distribusi. Sebagian besar protein masuk ke badan Golgi, yang mengemas dan menyortirnya ke tujuan akhirnya.

Dari pembahasan di atas, fungsi utama membran membran adalah ikut serta dalam proses sintesis protein dan kemudian mengangkut protein tersebut ke bagian lain. Retikulum endoplasma kasar berfungsi untuk memproduksi, mengikat, dan mengangkut protein yang disekresikan seperti antibodi, protein pembekuan darah, insulin, enzim, musin, dan kolagen.

Urutan Sistem Pencernaan Manusia & Hewan Ruminansia, Sapi Kambing

Retikulum endoplasma dalam bahasa Inggris disebut juga dengan Soft Endoplasmic Reticulum (SER). Retikulum endoplasma halus memiliki struktur dan fungsi yang berbeda dari retikulum endoplasma kasar.

Dirangkum dalam bab berjudul Struktur, Fungsi, dan Regulasi Sel dalam I Made Subagiartha, retikulum endoplasma halus tidak memiliki ribosom di permukaannya, seperti halnya retikulum endoplasma.

Baca Juga  Perbedaan Bahasa Dapat Disatukan Dengan Adanya Bahasa Kesatuan Yaitu

Dikutip dari bab berjudul Sel Universitas Malikussaleh, retikulum endoplasma halus sebenarnya berasal dari retikulum endoplasma yang ditinggalkan oleh ribosomnya.

Dalam hal ini, bentuk dan strukturnya cenderung lunak dan halus sehingga disebut ‘retikulum endoplasma’ (SER). Retikulum endoplasma halus terdiri dari tabung di sekitar sel.

Pencernaan Makanan Pada Sapi

Tabung ini juga bercabang dan membentuk jaringan retikuler. Selaput yang disebut ‘retikulum endoplasma’ juga menciptakan area datar yang terlihat seperti kantong, yang membuat permukaan untuk meningkatkan aktivitas SER atau ER halus.

Retikulum endoplasma halus bertanggung jawab untuk sintesis komponen lipid dalam membran sel. Pada beberapa jenis sel, seperti sel hati, retikulum endoplasma halus mengandung enzim yang mengubah obat, racun, dan zat beracun menjadi metabolit seluler yang tidak beracun atau mudah dikeluarkan oleh tubuh.

Retikulum endoplasma halus juga berfungsi untuk mengangkut produk dari retikulum endoplasma ke organel lain di dalam sel, khususnya aparatus Golgi. Selain itu, fungsi retikulum endoplasma halus juga berperan penting dalam metabolisme karbohidrat untuk menyimpan dan melepaskan ion kalsium.

Menurut situs Britannica, perbedaan retikulum endoplasma halus dan kasar adalah strukturnya. RE halus memiliki tekstur yang halus, sedangkan RE kasar memiliki tekstur yang tampak kasar.

Modifikasi Protein Pada Re Sortasi Protein Sekresi Pada Aparatus Golgi

Perbedaan struktural dapat dilihat pada ribosom dari setiap jenis retikulum endoplasma. RE kasar memiliki ribosom sedangkan RE halus tidak memiliki ribosom.

Retikulum endoplasma kasar terdiri dari beberapa lapis membran ganda yang mengandung ribosom. Pada saat yang sama, retikulum endoplasma tidak memiliki ribosom, hanya dibungkus dan dihubungkan secara berbeda.

Selain itu, membran ‘retikulum endoplasma’ memiliki fungsi sebagai alat transportasi bahan seluler dan sintesis protein. Sedangkan retikulum endoplasma halus memiliki fungsi membawa sel lemak dalam sel, metabolisme karbohidrat, membantu detoksifikasi sel berbahaya, serta menyimpan ion kalsium.

Nah itulah pembahasan lengkap mengenai struktur dan fungsi retikulum endoplasma (REK) dan retikulum endoplasma halus (SER). Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa yang membedakan adalah ada tidaknya ribosom.

Bagian Bagian Dari Lambung Sapi Yang Harus Anda Ketahui

Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Jerman Jadwal Liga Spanyol Jadwal Liga Prancis Jadwal Liga Indonesia

Liga Utama Inggris Liga Utama Italia Liga Utama Jerman Liga Utama Spanyol Liga Utama Perancis Liga Utama Indonesia

Inilah mengapa retikulum endoplasma tumbuhan sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan. Anggota ini juga memiliki beberapa fungsi.

Baca Juga  Bahasa Aceh Lagi Apa

Namun tidak hanya itu, retikulum endoplasma juga terdapat fungsi pada sel tumbuhan lain, seperti menjalankan fungsi yang tidak terdapat pada hewan, seperti sel yang dapat berkomunikasi dengan sel tertentu.

Hewan, Tumbuhan, Manakah Yang Dapat Hidup Lebih Lama? Mengapa? Halaman 2

Retikulum endoplasma sering mengandung enzim dan protein struktural, sehingga organ ini akan berikatan dengan sel plasmodesmata.

Retikulum endoplasma juga merupakan bagian dari sistem endomembran. Organ ini juga membentuk labirin membran besar yang menutupi lebih dari setengah total membran sel eukariotik.

Secara umum, semua sel eukariotik memiliki organ yang disebut retikulum endoplasma. Nah, retikulum endoplasma merupakan bagian dari membran sel, sehingga di dalamnya terdapat beberapa sitoplasma yang disebut sitosol.

Pada dasarnya membran ‘retikulum endoplasma’ dapat dibagi menjadi banyak ruang kosong yang ditutupi oleh membran setebal 4 nanometer.

Kls 5b Tema 3

Fungsi retikulum endoplasma dapat dibagi menjadi beberapa kategori besar, dan bertanya-tanya apa itu? Mari kita bahas.

Berdasarkan fungsinya, retikulum endoplasma dapat dibagi menjadi tiga jenis fungsi yang berbeda. Apakah mereka? Inilah penjelasannya.

Tidak hanya itu, retikulum endoplasma halus juga berperan dalam metabolisme, seperti pembentukan lemak, metabolisme karbohidrat, dan konsentrasi kalsium melalui detoksifikasi obat.

Membran endoplasma terletak di bagian atas sel hati, sehingga daerah ini merupakan tempat produksi lipoprotein.

Soal Uraian Dan Kunci Jawaban Uas Pas Tematik Kelas 5 Sd Mi Tema 3 Makanan Sehat, Apa Itu Hewan Ruminansia

Organel ini masih mirip dengan retikulum endoplasma halus, yang masih terdapat pada otot polos dan lurik. Perbedaan keduanya terletak pada kandungan proteinnya.

Tidak hanya itu, fungsi organ ini adalah menghasilkan ion kalsium dan merangsang kontraksi otot.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang fungsi retikulum endoplasma pada tumbuhan. Semoga penjelasan ini dapat membantu pemahaman Anda.

Tag: #växtcell #endoplasmatiskt reticulum #utbildning #biologi #biologiutbildning #ipa BACA JUGA Deskripsi, sifat dan fungsi mitokondria pada sel tumbuhan dan hewan Dugaan PPDB di Jakarta Utara, usia anak tidak berdasarkan kenyataan. Anggaran 2024 Kemenag menilai perlu penambahan 23 perguruan tinggi ditutup pada 2023, Puan Maharani meminta pemerintah memastikan bantuan untuk mutasi mahasiswa. Wapres meminta orang-orang terpelajar untuk tidak menjadi makelar pembangunan

Hewan Pemamah Biak

Fungsi retikulum endoplasma pada sel hewan, fungsi dari retikulum endoplasma, gambar retikulum, makalah retikulum endoplasma, fungsi retikulum endoplasma halus, retikulum endoplasma kasar, retikulum endoplasma, pengertian retikulum endoplasma, fungsi retikulum endoplasma pada sel tumbuhan, gambar retikulum endoplasma, retikulum, pertanyaan tentang retikulum endoplasma