Advertorial

Resmi Pimpin DPRD Ngawi, Heru: Tekankan Kerja Tim

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Palu kayu beralih dari tangan Sarjono ke tangan Heru Kusnindar Senin (12/4). Simbolisasi penyerahan alat persidangan dari wakil ketua I DPRD Ngawi itu menandai Heru sebagai ketua DPRD Ngawi 2019–2024 lewat mekanisme penggantian antarwaktu (PAW).

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu mengaku siap bekerja satu tim dengan unsur pimpinan dan enam fraksi. ‘’Kerja tim itu prinsip dan mutlak karena sistem keputusan di legislatif bersifat kolektif kolegial,’’ kata Heru seusai rapat paripurna agenda acara pelantikan pengucapan sumpah dan janji ketua DPRD PAW 2019–2024.

Heru berjanji meneruskan kebijakan dan program dari pemimpin sebelumnya, Dwi Rianto Jatmiko. Kendati demikian, lembaganya juga terdampak refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. Kondisi itu berpengaruh terhadap pengurangan program kerja. Salah satunya penyusunan perda. ‘’Nantinya hanya perda skala prioritas yang disusun,’’ ujarnya.

Sarjono meyakini Heru mampu mengemban amanah sebagai ketua dewan. Modal besarnya adalah pengalaman menjadi kepala desa (Kades) dua periode, dua kali menjadi anggota dewan, dan ketua pemenangan Bupati Ony Anwar Harsono dan Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko dalam Pilkada 2020. ‘’Kepemimpinan Pak Heru tidak perlu diragukan lagi,’’ tutur politikus Partai Golkar tersebut.

Wakil Ketua II DPRD Ngawi Khoirul Anam Mukmin menambahkan, lengkapnya unsur pimpinan memaksimalkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) legislatif. Baik fungsi legislasi, controlling, maupun budgeting. ‘’Dengan terisinya posisi ketua DPRD, kami akan mampu menyusun perda yang benar-benar untuk rakyat. Lalu, empat komisi dapat mengawasi program dan kebijakan pemkab lewat kinerja organisasi perangkat daerah,’’ terangnya.

Sementara, Wakil Ketua III DPRD Ngawi Suntoro berharap Heru dapat mengakomodasi aspirasi dari fraksi-fraksi. Tujuannya tidak lain demi kemajuan pembangunan kabupaten ini. ‘’Karena sebelumnya posisi ketua DPRD kosong, tugas Pak Heru setelah resmi dilantik cukup berat. Tapi, saya yakin amanah itu dapat diemban dengan baik,’’ ucapnya. (mg3/c1/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button