Madiun

Renovasi Alun-Alun Kota Madiun Telan Rp 1,7 M

MADIUN , Jawa Pos Radar Madiun – Penataan wajah Alun-alun Kota Madiun dilakukan bertahap. Tahun ini penataan dilakukan di sejumlah tempat. Meliputi pembangunan panggung dan perluasan paseban.

Kepala Disperkim Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto mengatakan, keberadaan panggung itu nantinya bakal menggantikan lampu HPI-T yang sekarang terpasang di tengah alun-alun. Panggung tersebut selanjutnya bakal dipakai untuk kegiatan pentas seni dan budaya. Misalnya, parade senja drumben pelajar.

Penambahan panggung itu sekaligus menambah fasilitas serupa yang sudah ada sebelumnya di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun. “Untuk anggarannya Rp 1,7 miliar. Itu sudah satu paket dengan pembangunan paseban,” katanya.

Dia menyebutkan saat ini progres pengerjaannya baru berjalan 5 persen. Mencakup proses pengurukan tanah. “Ditargetkan selesai sebelum Lebaran,” ujar Soeko.

Sementara itu, Wali Kota Madiun Maidi mewacanakan juga menata para pedagang kaki lima (PKL) di alun-alun. Mereka akan direlokasi ke satu tempat di Jalan Alun-Alun Timur. Di sana bakal dijadikan sebagai sentra kuliner. Sementara, jalur pedestrian atau trotoar alun-alun nantinya bakal dibenahi oleh DPUTR. Modelnya seperti di depan balai kota sekarang. Konsep penataan itu, diakui Maidi, meniru Alun-Alun Kauman, Semarang. β€˜β€™Setiap sudut jalur pedestrian bakal terkoneksi dengan fasilitas yang ada di alun-alun,’’ tandas Maidi. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close