Pacitan

Rencana Longgarkan Karantina Satu RT

TGTP Tunggu Seluruh Hasil Tes Swab Keluar

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Sejak Kamis (27/8) Tim Gugus Tugas Penanggulangan (TGTP) Covid-19 Pacitan menggelar tracing (penelusuran) terhadap laporan dua kasus baru positif korona di lingkungan RT 01, RW 04, Dusun Barang, Desa Arjowinangun. Sedikitnya belasan warga sudah didata sebagai bagian dari contact tracing.

Salah satunya pasien ke-80. Berdasarkan pelacakan oleh TGTP, laki-laki berusia 77 tahun itu sempat dibawa ke sebuah panti jompo dan melakukan kontak dengan orang di sana sebelum dilakukan swab test. Kondisi tersebut berpotensi memunculkan penularan baru.

Sedangkan, hasil penelusuran pasien ke-81, yang bersangkutan diduga sempat masuk kerja sebelum dilakukan karantina dan tes usap. Laki-laki 27 tahun tersebut juga diketahui sempat pulang ke Ngadirojo dari tempat kosnya di Desa Arjowinangun. ‘’Semoga tidak ada klaster baru. Saat ini petugas sedang melakukan tracing kontak erat, dan rencananya dalam waktu dekat akan dites swab,’’ terang Jubir TGTP Covid-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto.

Dengan adanya tambahan dua kasus baru itu, dan belum keluarnya hasil pemeriksaan belasan spesimen warga di lingkungan tersebut, Rachmad mempertimbangkan untuk tetap menerapkan kebijakan karantina wilayah. ‘’Kami pertimbangkan kembali kebijakan karantinanya. Karena perbandingan (hasil tes swab) yang negatif dan positif cukup signifikan,’’ bebernya.

Selain itu, Rachmad melaporkan pada Rabu lalu (26/8) terdapat lima pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Tiga pasien termasuk dalam kasus transmisi lokal di Dusun Barang. Dua pasien lainnya berasal dari Ngadirojo. Mereka diperbolehkan pulang dan menjalani isolasi mandiri di rumah setelah dirawat selama hampir 14 hari di wisma atlet. ‘’Dengan demikian, saat ini masih 18 pasien yang dirawat,’’ ujar kepala diskominfo tersebut. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close