Pacitan

Remaja 16 Tahun Positif Korona, Masih Sekeluarga dengan Pasien Pertama

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kasus positif Covid-19 di Pacitan kembali bertambah. Minggu (26/4) ada tambahan satu kasus. Dengan demikian, total sudah ada dua orang yang terkonfirmasi positif virus korona. Semuanya berasal dari wilayah Kecamatan Pacitan.

Untuk tambahan pasien positif tersebut berjenis kelamin perempuan. Usia 16 tahun. Status yang bersangkutan sebelumnya orang tanpa gejala (OTG). Namun mempunyai riwayat kontak fisik erat dengan pasien pertama positif Covid-19.

Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pacitan sempat melakukan rapid test terhadap yang bersangkutan. Namun, hasilnya nonreaktif. Untuk memastikan kemudian dilakukan tes lanjutan berupa swab test. Hasilnya positif. Saat ini yang bersangkutan sedang menjalani perawatan di RSUD dr Darsono. ‘’Masih dalam satu keluarga dari pasien positif yang pertama,’’ kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan dr Hendra Purwaka.

Bupati Indartato menambahkan, pihaknya sudah mengusulkan untuk dilakukan contact tracing terhadap pasien kedua terkonfirmasi positif korona tersebut. ‘’Saat ini kami berupaya mengusulkan alat rapid test ke pemprov lewat BPBD. Sekaligus kami berupaya pesan (pengadaan) 800 alat rapid test,’’ ujarnya.

Alat tes cepat itu untuk mempermudah proses penelusuran terhadap warga yang bergejala Covid-19 dan sebelas pasien dalam pengawasan (PDP). ‘’Harapannya, supaya nanti klaster-klaster yang ada ini tidak diklaster lagi. Tetapi sesuai dengan hasil identifikasi yang telah dilakukan oleh dinkes,’’ terang bupati dua periode itu.

Dengan adanya tambahan kasus positif korona, Indartato berharap masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan. Terutama dalam mematuhi protokol kesehatan yang telah disampaikan pemerintah. ‘’Saya mengapresiasi kerja kapolres dan damdim yang telah mengecek ke perbatasan. Walaupun masih timbul satu kasus positif (Covid-19),’’ ucap bupati. (her/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close