Pacitan

Remaja 13 Tahun Asal Pacitan Positif Korona

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pasien dari klaster Temboro telah masuk Pacitan. Pada Kamis lalu (7/5) mereka mencatat temuan kasus positif Covid-19 pertama asal klaster tersebut. Usianya 13 tahun. Berasal dari Kecamatan Ngadirojo.

Sebelumnya pasien sempat menjalani karantina di wisma atlet. Karena hasil rapid test (RDT) yang bersangkutan menunjukkan reaktif. Kemudian oleh pihak dinas kesehatan (dinkes) sampel spesimennya diambil untuk dilakukan tes lanjutan berupa swab test. Hingga akhirnya sehari lalu dinyatakan positif terinfeksi korona.

Penambahan satu kasus baru itu diumumkan oleh Bupati Indartato pada Kamis malam. Dengan dimikian, total warganya yang terpapar korona ada tujuh orang. Semuanya dinyatakan belum sembuh. ‘’Mudah-mudahan tidak bertambah lagi,’’ harapnya.

Dia menjelaskan, ketujuh pasien positif Covid-19 yang sekarang masih dirawat itu berbeda klaster. Meliputi lima pasien dari klaster haji Sukolilo serta masing-masing satu pasien dari klaster Temboro dan klaster pedagang Tulakan. ‘’Kami merasa prihatin adanya tambahan klaster baru. Saya mewakili pemkab sekaligus gugus tugas mohon maaf sebesar-besarnya,’’ ucap kepala daerah dua periode tersebut.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pacitan Rahmad Dwiyanto menerangkan, pasien sudah menjalani karantina di wisma atlet hampir seminggu. Sebelumnya yang bersangkutan juga sempat mengisolasi diri beberapa hari di rumah di desa tempat tinggalnya. ‘’Saat ini dia kami pindahkan perawatannya ke RSUD dr Darsono,’’ kata Rahmad.

Pihaknya memastikan pasien ketujuh itu dalam keadaan sehat. Dia tidak mengeluhkan sesak napas dan batuk. Pendampingan bakal diberikan terhadap pasien apabila mengalami trauma. ‘’Dalam penanganan penderita Covid-19 tidak membedakan anak dan dewasa, tapi untungnya sekarang sehat,’’ ujar pria yang juga menjabat kepala diskominfo itu. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close