News

Relevansi Kesesuaian Pelaksanaan Hukuman Mati Dengan Penegakan Hak Asasi Manusia

×

Relevansi Kesesuaian Pelaksanaan Hukuman Mati Dengan Penegakan Hak Asasi Manusia

Share this article

Relevansi Kesesuaian Pelaksanaan Hukuman Mati Dengan Penegakan Hak Asasi Manusia – 1. Dampak hukuman mati terhadap bisnis narkoba. 2. Efek jera dari pemberlakuan hukuman mati ditandai dengan menurunnya jumlah pengedar dan pengguna narkoba. 3. kesesuaian (kewajaran) pelaksanaan pidana mati dengan ketentuan hak asasi manusia. 4. Alternatif hukuman bagi pecandu narkoba, kecuali hukuman mati.

Pemberlakuan hukuman mati bagi penyelundup narkoba diharapkan akan secara signifikan mengurangi tingkat perdagangan manusia di wilayah tersebut. Karena hukuman mati merupakan hukuman terberat dalam undang-undang yang pernah dilakukan oleh seseorang, dan hukuman mati bertentangan dengan hak asasi manusia karena undang-undang menghilangkan hak untuk hidup dan juga mempunyai efek jera yang paling besar. kondisi peredaran obat itu sendiri.

Relevansi Kesesuaian Pelaksanaan Hukuman Mati Dengan Penegakan Hak Asasi Manusia

2. Efek jera dari pemberlakuan hukuman mati ditandai dengan menurunnya jumlah pengedar dan pengguna narkoba.

Pdf) Implementing Chemical Castration Punishment: A Perspective On Criminal Law And Human Rights

Efek jera yang dihasilkan adalah berkurangnya peredaran narkoba di wilayah tersebut, karena hukuman mati merampas hak hidup seseorang, Tuhanlah yang maha kuasa untuk merampas hak hidup seseorang.

Padahal, pelaksanaan hukuman mati dan penegakan hak asasi manusia merupakan dua hal yang bertolak belakang karena hukuman mati merupakan perbuatan yang mengingkari hak asasi manusia seperti hak untuk hidup, karena hak untuk hidup pada dasarnya adalah Tuhan Yang Maha Kuasa yang mengakhirinya. kehidupan hidup seseorang.

Persoalan baru di PPC Dalam hal apa pelanggaran norma terhadap kemanusiaan terungkap? Sesuai sila ke-3 persatuan Indonesia, mengapa kita harus mengembangkan sikap persatuan dan kesatuan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri Bang…gsa untuk menyikapi perbedaan keberagaman masyarakat Indonesia? Ketuhanan Yang Maha Esa” dalam Pancasila? a Menyatukan semua agama di Indonesia b Mengakui keberadaan Tuhan c Mendukung beberapa agama d Menghilangkan keberadaan Tuhan Siapa presiden Thailand 1. Bagaimana para pendiri bangsa merumuskan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia? 2. Berikan contoh hubungan antara peraturan perundang-undangan dan…di tingkat nasional atau antara tingkat nasional dan daerah! Di satu sisi, hukuman mati dipandang sebagai bentuk penegakan hukum dan efek jera bagi mereka yang melakukan kejahatan berat, misalnya. terorisme, pembunuhan atau narkoba.

Di sisi lain, hukuman mati juga dianggap sebagai pelanggaran terhadap hak asasi manusia (HAM) yang paling penting, yaitu hak untuk hidup dan meningkatkan penghidupan.

Tugas Mandiri 2.2 Pkn

Lalu apa hubungannya penerapan hukuman mati dengan perlindungan hak asasi manusia? Bisakah hukuman mati dibenarkan dari segi hukum dan hak asasi manusia?

Dalam kerangka hukum nasional, pidana mati diatur dalam beberapa undang-undang, seperti UU Nomor 100, UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP. 15 Undang-Undang “Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme” Tahun 2003. 35 Tahun 2009 tentang Narkoba, dll.

Baca Juga  Tuliskan Perbandingan Ciri-ciri Masa Anak-anak Dan Remaja Dalam Bentuk Tabel

Pengadilan dapat menjatuhkan hukuman mati kepada terdakwa yang dinyatakan bersalah melakukan kejahatan yang diancam dengan hukuman mati.

Namun dalam praktiknya, penerapan hukuman mati di Indonesia masih menghadapi berbagai hambatan dan tantangan, seperti peradilan yang tidak adil, identifikasi tersangka yang tidak tepat, penolakan permohonan grasi atau amnesti, kondisi penjara yang tidak manusiawi, serta kurangnya transparansi dan akuntabilitas. melaksanakan hukuman mati.

Analisis Kasus Narkoba

Dalam hukum internasional, hukuman mati juga diatur dalam beberapa instrumen hak asasi manusia, seperti Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR) tahun 1948, Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik (ICCPR) tahun 1966, dan Konvensi tentang Hak Sipil dan Politik tahun 1966. Hak. hak Pada tahun 1989, Hak Anak (KPD), dll.

Secara umum, dokumen-dokumen tersebut mengakui hak untuk hidup sebagai hak asasi manusia yang tidak dapat dicabut atau dilanggar oleh negara mana pun.

Menurut Amnesty International, pada tahun 2020, 54 negara masih mempertahankan hukuman mati dalam undang-undang mereka, dan 18 negara mengeksekusi 483 orang.

Topik hukuman mati menjadi bahan diskusi jangka panjang di kalangan pengacara, ilmuwan, masyarakat, dan pembela hak asasi manusia. Ada beberapa argumentasi yang sering dilontarkan oleh pihak yang mendukung dan menentang hukuman mati.

Relevansi Kesesuaian Pelaksanaan Hukuman Mati Dengan Penegakan Hak Asasi Manusia

Hukuman mati merupakan bentuk keadilan bagi korban dan keluarganya yang menderita akibat tindak pidana yang dilakukan pelaku kejahatan.

Hukuman mati merupakan salah satu bentuk pencegahan terhadap pelaku kejahatan dan calon pelaku kejahatan untuk melakukan kejahatan yang sama atau lebih serius.

Hukuman mati merupakan bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai agama dan moral yang menentang tindak pidana yang sangat berat dan sulit.

Hukuman mati merupakan pelanggaran hak asasi manusia yang tidak dapat dicabut atau dilanggar oleh negara manapun, termasuk hak untuk hidup dan meningkatkan taraf hidup seseorang.

Politik Hukum Ekonomi Syariah Di Indonesia

Hukuman mati merupakan salah satu jenis balas dendam yang tidak memenuhi tujuan pemidanaan, yaitu untuk membuat orang jera melakukan kejahatan, bukan untuk membalas kejahatan yang dilakukan.

Hukuman mati merupakan bentuk hukuman yang tidak efektif dan tidak menghalangi kejahatan karena tidak ada bukti ilmiah atau statistik bahwa hukuman mati dapat mengurangi tingkat kejahatan atau mengubah perilaku pelaku kejahatan.

Pidana mati merupakan salah satu jenis pidana yang tidak adil dan rawan kesalahan karena dapat dijatuhkan kepada orang yang tidak bersalah atau tidak menaruh curiga karena kesalahan dalam penggeledahan, penyidikan, penuntutan, atau peradilan.

Mengingat masih adanya pro dan kontra terhadap hukuman mati, maka perlu dicari alternatif bentuk hukuman yang dapat menggantikan hukuman mati sebagai hukuman maksimal. Kalimat alternatif tersebut harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu:

Berikut Ini Contoh Contoh Perilaku Yang Menunjukkan Ketidakpatuhan Terhadap Hukum Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat

Perampasan kebebasan tanpa pembebasan bersyarat atau pembebasan bersyarat. Hukuman ini dapat dijatuhkan kepada mereka yang telah melakukan kejahatan yang sangat serius dan tidak pantas mendapatkan keringanan hukuman menurut hukum. Hukuman ini dapat memberikan efek jera bagi pelaku dan calon pelaku kejahatan, serta memungkinkan pelaku untuk memperbaiki diri di penjara.

Baca Juga  Gambar Peta Asia Tenggara

Perampasan kebebasan dengan masa percobaan atau pembebasan bersyarat. Hukuman seperti itu dapat dijatuhkan kepada orang yang telah melakukan kejahatan berat, namun telah bertobat dan mempunyai kesempatan untuk berubah. Kejahatan ini dapat memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan dan calon pelakunya, serta memungkinkan keluarnya pelaku kejahatan dari penjara setelah menjalani masa percobaan tertentu dengan syarat tertentu. Jika pelaku melanggar ketentuan tersebut, maka hukuman penjara akan diperpanjang.

Denda atau kompensasi. Hukuman tersebut dapat dijatuhkan kepada orang yang melakukan tindak pidana dengan tingkat keparahan ringan atau sedang, yang tidak menimbulkan ancaman terhadap nyawa orang lain. Kejahatan ini dapat memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan dan calon pelaku kejahatan serta memberikan ganti rugi kepada korban dan keluarganya serta masyarakat luas.

Hukuman mati adalah bentuk hukuman paling berat dan kontroversial di dunia. Di Indonesia, hukuman mati masih diatur oleh beberapa undang-undang dan dapat dijatuhkan oleh pengadilan untuk kejahatan yang sangat berat.

Pt Perkebunan Nusantara Xi

Namun, hukuman mati mempunyai kelebihan dan kekurangan baik secara hukum, agama, dan moral di masyarakat.

Pro dan kontra hukuman mati berkaitan dengan bagaimana penerapan hukuman mati dipandang tepat untuk melindungi hak asasi manusia. Para pendukung hukuman mati percaya bahwa hukuman mati adalah bentuk keadilan, pencegahan, perlindungan dan penghormatan.

Penentang hukuman mati menilai hukuman mati merupakan pelanggaran hak asasi manusia, bentuk balas dendam, tidak adil dan tidak efektif.

Hukuman alternatif harus sesuai dengan prinsip legalitas dan hak asasi manusia, memberikan efek jera, memberikan kesempatan perbaikan diri dan menjamin keadilan.

Miqot Vol. Xxxiii No. 1 Januari Juni 2009 By Miqot: Jurnal Ilmu Ilmu Keislaman

Beberapa contoh hukuman alternatif selain hukuman mati adalah penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat atau pembebasan bersyarat, masa percobaan atau pembebasan bersyarat, denda atau restitusi.

#telinga kiri panas dalam islam #gambar dua ekor kera naik motor #online #dogsagainstman #birthday #javanesecalendar #howto #Pankasila #Anggota Den Harin menceritakan cara mengetahui hari ulang tahun berdasarkan bulan dan tahun

Apa hubungan pelaksanaan hukuman mati dengan perlindungan hak asasi manusia? Apakah hukuman mati bisa dibenarkan dalam konteks hukum dan hak asasi manusia?Seperti yang Anda ketahui, Indonesia adalah negara hukum, yaitu negara yang berdasarkan norma hukum yang menjamin keadilan bagi seluruh warga negaranya.

Selain itu, hukuman mati atau hukuman mati merupakan salah satu jenis hukuman utama dalam Pasal 10 KUHP (KUHP).

Baca Juga  Wawangunanana Umumna Mangrupa Suhunan

Aspek Hak Asasi Manusia Terhadap Pelaksanaan Hukuman Mati Di Indonesia

Hukuman mati kini menjadi kejahatan yang paling banyak diperdebatkan, dan terdapat pro dan kontra dalam penerapan hukuman mati.

Meskipun hukuman mati masih dilaksanakan di Indonesia, namun di banyak negara hukuman mati sudah tidak dilaksanakan lagi dan hanya menjadi praktik budaya dan sejarah.

(2017), alasan yang dikemukakan oleh mereka yang mendukung hukuman mati adalah meningkatnya kualitas dan kuantitas kejahatan dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, para pelaku kejahatan, khususnya beberapa pelaku kejahatan yang tidak dapat diharapkan untuk berubah, sebaiknya diberikan terapi kejut berupa hukuman mati.

Soal & Kunci Jawaban Pkn Kelas 12 Halaman 41 Kurikulum Merdeka: Dampak Eksekusi Mati Bandar Narkoba

Penentang hukuman mati berpendapat bahwa hukuman mati tidak manusiawi dan bertentangan dengan prinsip keadilan dan moralitas beradab yang tertuang dalam Pancasila.

Lebih lanjut, Perubahan Kedua Pasal 28A dan 28I UUD 1945 menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk hidup dan berhak atas perlindungan hidup dan penghidupannya.

Hak tersebut merupakan hak asasi manusia yang tidak dapat dibatasi dalam keadaan apapun dan oleh siapapun, termasuk negara.

Oleh karena itu, sejak hukuman mati masih berlaku, para pembangkang tersebut menilai negara telah merampas hak hidup orang yang bersangkutan.

Soal & Kunci Jawaban Pkn Kelas 12 Halaman 41 Kurikulum Merdeka, Tugas 2.2: Analisis Hukuman Mati

Selain itu, masyarakat yang menentang hukuman mati berpendapat bahwa hukuman ini tidak mempunyai tujuan pemidanaan, yaitu untuk membuat orang jera melakukan kejahatan, bukan untuk membalas dendam.

Di Indonesia, pidana mati pada mulanya dilaksanakan berdasarkan ketentuan KUHP atau Pasal 11 KUHP yang menyatakan:

“Algojo melakukan eksekusi dengan cara mengikat leher terpidana ke tiang gantungan dan menggantungkan papan di bawah kakinya.”

Namun pasal ini kemudian diubah dan diperjelas dalam Undang-undang atau Undang-undang Nomor 2/PNPS/1964 tentang tata cara pelaksanaan pidana mati oleh pengadilan umum dan pengadilan militer.

Media Indonesia 2 Agustus 2023

Pasal 1 undang-undang tersebut menyatakan bahwa pidana mati yang dijatuhkan oleh Pengadilan Umum atau Pengadilan Militer dilaksanakan oleh regu tembak.

Selain itu, ketentuan Undang-Undang Nomor 02/Pnps/1964 diperjelas dengan Keputusan Nomor 12 Tahun 2010 tentang Tata Cara Pelaksanaan Jabatan Kapolri.

Ada orang yang dijatuhi hukuman mati di Indonesia

Hukum hak asasi manusia, upaya penegakan hak asasi manusia, pengertian hak asasi manusia, dasar hukum penegakan hak asasi manusia, ebook hak asasi manusia, penegakan hak asasi manusia di indonesia, upaya penegakan hak asasi manusia di indonesia, penjelasan konsep penegakan hak asasi manusia, pengertian penegakan hak asasi manusia, pelaksanaan hak asasi manusia di indonesia, sebutkan hak asasi manusia, hak asasi manusia