Pacitan

Relaksasi Pariwisata Pacitan Kembali Tertunda

Belum Dapat Rekomendasi tapi Sudah Uji Coba

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pandemi Covid-19 masih jauh dari kata usai. Penularan belum menunjukkan tren penurunan. Dua hari terakhir bahkan ada tambahan tiga kasus positif virus korona di Pacitan.

Berkaca dari kurva yang menanjak tersebut, pihak disparpora kembali berencana menunda relaksasi pariwisata pada 30 Juni mendatang sampai batas waktu yang belum ditentukan. ‘’Memang sedari awal pembukaan pariwisata itu tidak ditentukan hanya oleh disparpora. Tapi, banyak persyaratan lainnya,’’ kata Kepala Disparpora Pacitan T. Andi Faliandra Selasa (23/6).

Sesuai rencana, relaksasi pariwisata bakal diawali dengan proses simulasi pekan depan (30/6). Saat itu sejumlah objek wisata dibuka tapi terbatas dengan protokol kesehatan ketat. Jika tahapan tersebut mulus dilalui, destinasi wisata lainnya dioperasikan secara bertahap. ‘’Kalau masih ada penambahan (kasus Covid-19 baru) tidak bisa, harus ada rekomendasi dulu,’’ jelas mantan staf ahli bupati bidang sosial, kemasyarakatan, dan SDM itu.

Meski demikian, konsep new normal di sektor pariwisata sudah pihaknya persiapkan. Bahkan, kemarin konsep tersebut telah diujicobakan di Sentono Gentong, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. ‘’Ada rekomendasi kesehatan, keamanan, dan satgas, itu tidak bisa kami desak,’’ terang Andi.

Dengan kondisi seperti sekarang, pihaknya coba memberikan pemahaman kepada para pelaku jasa pariwisata. Andi meminta mereka untuk bersabar. ‘’Kami semangati mereka bahwa badai ini pasti berlalu dan pariwisata Pacitan dapat berjaya kembali,’’ ujarnya. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close