Madiun

Rekayasa Jalan di Kota Madiun Dimulai Awal Pekan

MENYONGSONG Natal dan tahun baru (Nataru), rekayasa lalu lintas mulai diterapkan di sejumlah jalan protokol. Mengurai lima titik rawan kemacetan. Yakni, Jalan Pahlawan, Jalan Gajah Mada, Jalan S. Parman, perlintasan kereta api Jalan Basuki Rahmat, serta Jalan dr Sutomo. ‘’Kami pasangi barrier di beberapa titik,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun Ansar Rasidi.

Jumat (20/12) ruas Jalan Pahlawan telah dibelah tali memanjang hingga beberapa meter. Guna mengurai kepadatan dan crossing antar pengendara di ruas jalan satu arah, persis di depan Plaza Madiun. ‘’Terutama pengendara yang melaju dari arah Jalan Perintis,’’ ujar Ansar.

Water barrier juga dipasang tentatif di Jalan Gajah Mada jika mengalami kepadatan. Untuk penutupan jalan bakal diberlakukan di Jalan Kolonel Marhadi, simpang Tugu Pecel, simpang tiga Jalan Pahlawan, Jalan Perintis menuju Jalan Pahlawan, Jalan Kalimantan menuju Jalan Pahlawan, Jalan Sulawesi menuju Jalan Pahlawan, Jalan Ahmad Yani, dan simpang Kolonel Marhadi. ‘’Jalan depan Taman Bantaran juga kami tutup untuk parkir,’’ lanjutnya.

Untuk perubahan arus akan diberlakukan di dua titik. Yakni, Jalan dr Sutomo menuju Jalan Seram. Selain warga setempat, aksesnya dialihkan melalui Jalan Timor. Titik perubahan arus lainnya diterapkan di Jalan Prambanan yang bakal diberlakukan one way. ‘’Rekayasa lalu lintas mulai kami terapkan 23 Desember,’’ ungkapnya.

Perayaan malam pergantian tahun disebar di alun-alun Kota Madiun, Jalan Pahlawan, dan Taman Lalu Lintas Bantaran. Perayaan sengaja tidak dipusatkan di satu titik agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

Kasatlantas Polres Kota Madiun AKP Budi Cahyono menegaskan, pengamanan Nataru dimulai Senin mendatang (23/12). Kepolisian telah menyiapkan satu pos pengamanan (pospam) dan empat pos pelayanan (posyan). Rencananya, pospam ditempatkan di Jalan Pahlawan (depan gedung Telkomsel). Sementara empat posyan ditempatkan di alun-alun Kota Madiun, Sun City, stasiun, dan terminal. ‘’Semoga pelaksanaan Nataru berjalan lancar. Tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan,’’ harapnya. (mg3/kid/c1/fin)   

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close